asuransi perjalanan asuransi mobil terbaik asuransi mobil asuransi bni pendidikan asuransi kesehatan keluarga asuransi kesehatan kumpulan asuransi kesehatan nasional asuransi kesehatan pemerintah asuransi kesehatan untuk keluarga asuransi online asuransi pendidikan anak terbaik asuransi pendidikan bringin life investasi asuransi terbaik lembaga pendidikan asuransi indonesia makalah asuransi pendidikan

Verifikasi Dan Validasi Data Siswa Penerima PIP

Posted on

infogtk.id – Salah satu bentuk program pemerintah dalam rangka mencerdaskan anak bangsa adalah Program Indonesia Pintar (PIP) telah memasuki tahap Verifikasi Dan Validasi. Seperti yang Info GTK kutip dalam surat edaran resmi Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar yang bernomor 272.1/D2/TU/2017 perihal verifikasi dan validasi data siswa Program Indonesia Pintar.

Program Indonesia Pintar yang umumnya disebut PIP tahun 2017 menyatakan bahwa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menyalurkan sebanyak 10.362.746 siswa penerima PIP yang tersebar di 514 Kabupaten/Kota diseluruh pelosok Indonesia.

Guna melancarkan program tersebut Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar mengintruksikan kepada seluruh Operator Sekolah (OPS) agar memverifikasi dan memvalidasi siswa penerima PIP tahun 2017 yang telah di SK kan.

Sebagai langkah validasi dan verfikasi telah disiapkan laman resmi pada manajemen pipsd, Operator Sekolah (OPS) sekolah diintruksikan untuk memvalidasi data siswa penerima melalui laman tersebut diatas dengan menggunakan akun dapodik sebagai login, sehingga operator sekolah dapat mengakses menu validasi yang tersedia dan mulai memvalidasi siswa yang masih layak / tidak layak di SK kan di tahun anggaran 2018.

Verifikasi Dan Validasi Data Siswa Penerima PIP Sebagai Data Usulan Penerima PIP SD Tahun 2018

Pada Aplikasi Manajemen PIP terdapat beberapa menu-menu/fitur yang memiliki fungsi masing-masing. Berikut langkah-langkah yang bisa anda lakukan untuk masuk ke Aplikasi Manajemen PIP beserta penjelasan secara detail pada masing-masing menu/fitur yang tersedia di Aplikasi Manajemen PIP.

Untuk dapat melihat atau cek Verifikasi Dan Validasi Data Siswa Penerima PIP ini? Silahkan ikuti langkah sederhana ini:

  • Langkah yang pertama adalah menyiapkan user dapodik. User ini diperlukan sebagai prasyarat untuk login di aplikasi
  • Langkah yang kedua adalah kunjungi laman Manajemen PIP SD sehingga nantinya anda akan melihat tampilan laman seperti gambar berikut ini:

  • Langkah berikutnya adalah silahkan inputkan userid dapodik sekolah anda. Username berupa user dapodik dan password berupa pasword dapodik

  • Langkah berikutnya setelah anda berhasil login adalah silahkan klik menu validasi data, kemudian perhatikan data siswa yang menerima PIP tahun 2017 , Apabila terdapat siswa yang tidak layak untuk mendapat program PIP tahun 2018 harap segera Update menjadi tidak layak agar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tidak meng SK kan kembali siswa tersebut.

  • Langkah terakhir, jika terdapat kesalahan didalam mengubah status siswa yang sebenarnya layak menjadi tidak layak atau sebaliknya, caranya cukup mudah, silahkan klik kembali menu validasi, lalu rubah setatusnya.

Demikianlah sahabat Info GTK tutorial sederhana untuk Verifikasi Dan Validasi Data Siswa Penerima PIP untuk penrima PIP tahun anggaran 2018. Semoga bermanfaat buat anda semua.

Comments

comments

Gravatar Image
Internet Marketer - Praktisi Toko Online - Operator Dapodik Sekolah di SD Negeri Periuk 5 Kota Tangerang - Berbagi Informasi Melalui Wadah infogtk.id

Leave a Reply