asuransi perjalanan asuransi mobil terbaik asuransi mobil asuransi bni pendidikan asuransi kesehatan keluarga asuransi kesehatan kumpulan asuransi kesehatan nasional asuransi kesehatan pemerintah asuransi kesehatan untuk keluarga asuransi online asuransi pendidikan anak terbaik asuransi pendidikan bringin life investasi asuransi terbaik lembaga pendidikan asuransi indonesia makalah asuransi pendidikan

Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) 2018 Hanya 3 Mata Pelajaran

Posted on

infogtk.id – Update info mulai tahun 2018 pemerintah yaitu kementrian Pendidikan dan kebudayaan (Kemendikbud) telah menetapkan sebuah kebijakan terbaru 2018 tentang UASBN untuk jenjang  Sekolah dasar (SD).

Yaitu sebuah kebijakan bahwa ditahun 2018 pemerintah yakni Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan menerapkan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) 2018 Hanya 3 Mata Pelajaran, yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, dan ilmu Pengethuan Alam (IPA).

Totok Supriyatno selaku Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemendikbud mengatakan dimana Sebelumnya ditahun 2017 terdiri dengan dua macam ujian ditingkat Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) Yaitu UN/UM dan Ujian Seklah.

Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) 2018 Hanya 3 Mata Pelajaran

Dan kemudian di tahun ini akan berubah menjadi USBN dan Ujian Sekolah, dimana mata pelajaran tahun lalu yang diujikan terdiri dari 5 Mapel dalam ujian Sekolah Yaitu Pendidikan Agama, Pendidikan Pancasila (PKN) dan Seni Budaya dan ketrampilan, dan Ilmu pengetahuan sosial (IPS) dan Penjasorkes.

Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) 2018 Hanya 3 Mata Pelajaran

Perubahan USBN Jenjang SD Tahun 2018 akan menjadi USBN, dengan berubahnya format ujian maka pola pembuatan teks naskah ujian soal ujian di tahun sebelumnya. pada US/M terdiri dari soal sebanyak 25 persen disiapkan oleh pusat sebagai jangkar atau anchor, dan soal sebanyak 75 persen disiapkan oleh guru dan dikoordinasikan oleh dinas Pendidikan Provinsi dan Kantor wilayah Kemeneg.

Kini pada program USBN ditahun 2018 sebanyak 25% soal disiapkan oleh Pusat sebagai soal Jangkar dan sebanyak 75% hingga 80% disiapkan oleh guru yang tergabung dalam kelompok kerja guru yang disbeut (KKG).

Sedangkan Soal Ujian Sekolah atau US, Sebanyak 100% soal harus disiapkan sekolah dengan berdasarkan kisi-kisi nasional yang nanti disiapkan oleh pemerintah pusat yaitu kemendikbud,  dalam sebuah diskusi dikantor Kemendikbud Jakarta, Rabu 10/01/2018 dimana totok supriyatno mengatakan, untuk soal USBN SD yang nantinya akan menyertakan esai sebanyak 10 persen dari semua total soal yang ada

Tentunya hal ini akan berbeda dengan US/UM yang dilakukan pada tahun yang lalu, dimana soal ditahu yang lalu hanya memilik format soal yang berbentuk pilihan ganda (PG).

Soal-soal yang nantinya untuk lima mata pelajaran pada ujian sekolah, dimana soal-soal ini akan dibuat oleh masing-maisng sekolah, pada pembuatn soal kombinasi nantinya akan dibuat oleh para guru. Dan Kmendikbud akan memberikan suport untuk guru-guru dalam pembuatan soal ujian Sekolah dengan format baru yatu pilhan ganda dan esai.  Totok mengatakan Esai pada US sangat berguna untuk sebuah komptensi di abad generasi 21.

Comments

comments

Gravatar Image
Pembina Pramuka - Guru PJOK - Operator Dapodik Sekolah di SD Negeri Periuk 3 Kota Tangerang - Belajar Berbagi Informasi Guna Mencerdaskan Kehidupan Berbangsa dan Bernegara.

Leave a Reply