Anda mungkin sudah tidak menganggap Facebook sebagai sesuatu yang baru dan menarik lagi, namun popularitas fasilitas sosial ini tidak perlu diragukan lagi.

Sebab, terdapat lebih dari 2 miliar pengguna bulanan, 1,37 miliar di antaranya aktif menggunakan jejaring sosial ini setiap hari.

Maka tak heran jika banyak orang dan pebisnis yang mencoba menghasilkan uang dari Facebook.

Dengan potensi penonton yang begitu besar, hal ini sangat masuk akal.

Namun, menghasilkan uang dari Facebook bisa menjadi tantangan. Karena ukuran Facebook yang sangat besar, sulit untuk menonjol dari yang lain.

Hal ini terutama terjadi karena Facebook hanya menampilkan pilihan postingan terbatas di feed seseorang.

Faktanya, mungkin saja status yang Anda susun dan unggah ke halaman bisnis Anda tidak akan menjangkau lebih dari 2 persen pengikut Anda.

5 Tips Menghasilkan Uang Dari Facebook

Cara mendapatkan uang dari Facebook sebenarnya mudah dan sulit. Melihat jumlah pengguna aktif Facebook yang mencapai lebih dari dua miliar per bulan, hal ini justru bisa menjadikan mereka calon pelanggan yang menarik.

Menghasilkan uang di internet sebenarnya sedang menjadi tren saat ini.

Media sosial yang dulunya hanya digunakan untuk bertukar pesan, kini juga bisa digunakan untuk mendapatkan uang. Facebook tidak terkecuali.

Mungkin Anda sudah familiar dengan cara menjual barang baru/bekas di grup Facebook.

Namun ternyata, langkah menghasilkan uang di Facebook tidak sebatas berjualan saja. Berikut ini kami akan membahas beberapa caranya dibawah ini.

1. Jualan di Grup Facebook

Cara ini bisa jadi merupakan langkah termudah dan paling terkenal. Apakah Anda memiliki barang yang ingin Anda jual dengan cepat?

Gabung saja di grup Facebook. Ada dua jenis grup Facebook yang biasa digunakan untuk berjualan, yaitu grup grup dengan topik khusus dan forum jual beli.

Misalnya saja kamu ingin berjualan hp bekas, gabung saja di grup yang memang aktif mengulas segala hal tentang hp.

Atau jika Anda ingin berjualan sneakers, maka gabung saja di grup komunitas sneakers.

2. Manfaatkan Fanpage Facebook untuk berjualan

Selain berjualan secara grup, membuat fanpage toko online di Facebook juga menjadi salah satu langkah yang sering dilakukan orang-orang saat berbisnis online di Facebook.

Membuat fanpage khusus toko online membuat Anda terlihat lebih profesional dan dapat dipercaya.

Selain itu, Anda juga bisa memasang iklan Facebook Ads di fanpage Anda (yang bisa kita bahas pada poin nomor empat di bawah).

Di fanpage toko online Facebook ini, Anda bisa menjual barang-barang buatan sendiri, melakukan dropshipping, atau bahkan menjadi reseller.

Dropship singkatnya adalah Anda menjual produk pihak lain, namun menggunakan nama Anda sendiri. Anda tidak perlu stok barang ke dropship.

Sebab, jika sudah tersedia pesanan, Anda bisa langsung meneruskan pesanan tersebut ke pihak yang bekerja sama dengan Anda.

Pihak-pihak disini dapat berupa produsen, distributor atau pemasok. Kemudian, pihak tersebut bisa langsung mengirimkan barangnya ke alamat konsumen, namun menggunakan nama Anda sebagai pengirimnya.

Sedangkan untuk reseller, Anda membeli produknya terlebih dahulu pada orang lain, lalu menjualnya kembali.

Jadi, reseller harus mempunyai stok barang yang ingin dijualnya. Karena reseller harus segera mengirimkan sendiri jika ada pesanan dari konsumen.

3. Memanfaatkan Fanpage Facebook untuk Menarik Traffic ke Website

Selain untuk menjual, Facebook Fanpage juga punya banyak kegunaan lain lho. Salah satunya dapat digunakan untuk menarik traffic ke situs Anda.

Setelah Anda memiliki halaman penggemar, Anda harus mempromosikannya. Anda dapat menjalin pertemanan di Facebook yang menurut Anda mungkin tertarik.

Kemudian, mintalah mereka membantu menyarankan teman yang tertarik dengan topik fanpage Anda.

Nah, jika fanpage tersebut sudah memiliki beberapa pengikut dari langkah promosi di atas.

Anda dapat secara rutin membagikan konten berkualitas dan bermanfaat dari situs Anda.

Pastikan, Anda juga harus aktif di fanpage tersebut dengan menjawab setiap pertanyaan dan membalas berbagai komentar yang masuk.

Contoh langkah ini dapat Anda temukan di fanpage Facebook Niagahoster.

Kami selalu rutin membagikan konten-konten bermanfaat dari blog Niagahoster untuk menarik trafik dari Facebook.

Semakin banyak lalu lintas, semakin banyak orang akan memahami apa yang ditawarkan di situs Anda.

Sehingga Anda dapat meningkatkan brand awareness dan tentunya juga meningkatkan peluang Anda untuk meningkatkan uang dari website Anda.

4. Buat Grup Facebook

Anda bisa membuat grup Facebook yang membahas topik produk yang Anda jual.

Sehingga kelompok ini dapat berperan sebagai forum/komunitas online untuk berkumpul dan berdiskusi.

Pastikan Anda sebagai pemilik grup selalu berinteraksi dengan anggotanya agar grup tetap aktif.

Mulai dari bertanya, menjawab atau membagikan konten terkait. Selain membuat mereka betah berada di grup, hal ini juga dapat membuat grup Anda menjadi grup yang terpercaya terkait topik tersebut.

Namun Anda sebagai pemilik grup harus memfilter pertanyaan dan jawaban yang ada.

Jangan sampai topik pembahasan melenceng atau menimbulkan perdebatan yang tidak berguna.

Nah, sesekali Anda bisa menjawab pertanyaan bersama-sama dengan merekomendasikan produk Anda sebagai solusi permasalahan mereka.

Tapi, jangan terlalu sering dilakukan, karena promosi yang berlebihan justru tidak disukai calon konsumen.

Ambil contoh, grup Facebook bernama Not Fat Anymore. Grup tersebut dibentuk oleh dua orang personal trainer bernama Dien dan Mey.

Keduanya tak hanya saling mendukung anggota dengan berbagi tips hidup sehat, tapi juga menawarkan jasa personal trainer yang notabene merupakan profesi mereka.

5. Buat Iklan Facebook

Berbeda dengan ketiga langkah di atas, Facebook Ads membutuhkan modal. Sebab, Facebook Ads merupakan iklan yang ditujukan untuk pengguna Facebook.

Tapi modalnya tidak banyak kok. Mulai dari Rp 10.000,- Anda sudah bisa memasang iklan.

Jadi, dengan membuat Facebook Ads, Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan.

Mulai dari pemilihan target iklan tertentu, pemasaran ulang, hingga pengumpulan lead.

Salah satu contoh orang yang berhasil memanfaatkan Facebook Ads secara maksimal adalah Pak Yoyok.

Beliau adalah seorang pengusaha wajan dan perkakas dapur internasional asal Yogyakarta.

Pak Yoyok menghabiskan Rp 1 miliar/hari di Facebook Ads dan berhasil memenangkan hingga Rp 2,5 miliar/hari. Luar biasa, bukan?

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *