asuransi perjalanan asuransi mobil terbaik asuransi mobil asuransi bni pendidikan asuransi kesehatan keluarga asuransi kesehatan kumpulan asuransi kesehatan nasional asuransi kesehatan pemerintah asuransi kesehatan untuk keluarga asuransi online asuransi pendidikan anak terbaik asuransi pendidikan bringin life investasi asuransi terbaik lembaga pendidikan asuransi indonesia makalah asuransi pendidikan

Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan USBN 2018

Posted on

infogtk.id – Sahabat Info GTK Kemendikbud dalam mengakomodir kegiatan USBN diperlukan sebuah rancangan Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan USBN 2018 yang selebihnya diartikan sebagai POS USBN 2018. Prosedur Operasional Standar merupakan acuan untuk mengatur penyelenggaraan dan teknis pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) pada jenjang Pendidikan Dasar Dan Menengah.

Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan USBN 2018 ini dikeluarkan dari Peraturan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 8/D/HK/2017 tentang Prosedur Operasional Standar Ujian Sekolah Berstandar Nasional Pada Pendidikan Dasar dan Menengah Tahun Pelajaran 2016/2017.

File POS USBN tahun 2018 ini dapat Anda unduh pada halaman paling bawah di artikel ini. Namun sebelumnya ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui dari POS USBN tahun 2018 ini. POS USBN Tahun 2018 ini berisi tentang ketentuan umum pelaksanaan USBN tahun 2018, Persyaratan Peserta yang boleh mengikuti USBN di tahun 2018, Penyelenggaraan USBN, Bahan, Peleksanaan, Hingga Biaya pelaksanaan USBN.

Apabila Anda penasaran tentang isi dari POS USBN tahun 2018 ini, berikut ini ada sedikit cuplikan dari isi POS USBN tahun 2018 mengenai pokok-pokok penting di dalamnya:

Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Ujian Sekolah Berstandar Nasional Tahun Pelajaran 2017/2018

Peraturan Badan Standar Nasional Pendidikan

Tentang Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Ujian Sekolah Berstandar Nasional Tahun Pelajaran 2017/2018.

Pasal 1

  • Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Ujian Sekolah Berstandar Nasional, yang selanjutnya disebut POS USBN, mengatur penyelenggaraan dan teknis pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional Tahun Pelajaran 2017/2018.
  • POS USBN sebagaimana dimaksud pada ayat (1) tercantum dalam Lampiran yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Peraturan Badan Standar Nasional Pendidikan ini.

Pasal 2

  • Hal-hal lain yang belum diatur dan bersifat teknis dalam POS USBN ini akan ditetapkan oleh BSNP atau Direktorat Jenderal terkait, sesuai dengan kewenangan dan disosialisasikan melalui surat edaran.
  • Perubahan terhadap POS USBN ini akan ditetapkan oleh BSNP dan disosialisasikan melalui surat edaran.

Pengertian

Dalam Prosedur Operasional Standar ini yang dimaksud dengan:

  1. Kementerian adalah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan Kementerian Agama Republik Indonesia.
  2. Badan Standar Nasional Pendidikan yang selanjutnya disebut BSNP adalah badan mandiri dan profesional yang bertugas menyelenggarakan USBN.
  3. Sekolah adalah satuan pendidikan dasar dan menengah yang meliputi Sekolah Dasar (SD), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Sekolah Dasar Teologi Kristen (SDTK), Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Madrasah Tsanawiyah (MTs), Sekolah Menengah Pertama Teologi Kristen (SMPTK), Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa (SMPLB), Sekolah Menengah Atas (SMA), Madrasah Aliyah (MA),
  4. Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan yang selanjutnya disebut LPMP adalah unit pelaksana teknis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
  5. Ujian Sekolah Berstandar Nasional yang selanjutnya disebut USBN adalah kegiatan pengukuran capaian kompetensi peserta didik yang dilakukan Satuan Pendidikan dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan untuk memperoleh pengakuan atas prestasi belajar.

Untuk secara lengkapnya silahkan download DISINI

Demikianlah tadi beberapa cuplikan isi dari Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan USBN 2018 yang telah diambil langsung dari website Ujian Nasional Kemendikbud RI. Info GTK juga telah menginformasikan mengenai Peserta dan Satuan Pendidikan Pelaksanaa, semoga file POS USBN 2018 ini dapat membantu para instiusi yang bergerak di bidang pendidikan khusunya guru dan sekolah-sekolah yang membutuhkan.

Comments

comments

Gravatar Image
Pembina Pramuka - Guru PJOK - Operator Dapodik Sekolah di SD Negeri Periuk 3 Kota Tangerang - Belajar Berbagi Informasi Guna Mencerdaskan Kehidupan Berbangsa dan Bernegara.

Leave a Reply