asuransi perjalanan asuransi mobil terbaik asuransi mobil asuransi bni pendidikan asuransi kesehatan keluarga asuransi kesehatan kumpulan asuransi kesehatan nasional asuransi kesehatan pemerintah asuransi kesehatan untuk keluarga asuransi online asuransi pendidikan anak terbaik asuransi pendidikan bringin life investasi asuransi terbaik lembaga pendidikan asuransi indonesia makalah asuransi pendidikan

Peserta dan Satuan Pendidikan Pelaksanaan USBN 2018

Posted on

infogtk.id – Sahabat Info GTK proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) Tahun Pelajaran 2017/2018 telah memasuki awal semester genap. Proses kegiatan KBM terus berlangsung pada tingkat satuan pendidikan. Begitu pula dengan agenda Peserta dan Satuan pendidikan Pelaksana USBN 2018. Hal ini terus dilakukan guna mencetak generasi bangsa yang unggul dan berakhlak mulia.

Persiapan September tahun 2017 lalu satuan pendidikan telah melaksanakan proses kegiatan verifikasi dan valiasi nominasi data calon peserta Ujian Nasional (UN) yang akan dilaksanakan pada bulan April dan Mei 2018 tahun pelajaran 2017/2018.

Berikut beberapa uraian mengenai Peserta dan Satuan pendidikan Pelaksanaan USBN 2018 yang dapat dirangkum oleh Info GTK.

A. Persyaratan Peserta USBN

1. SD/MI/SDTK/SPK, SDLB/MILB, dan yang sederajata. 

  1. Telah atau pernah berada pada tahun terakhir pada SD/MI/SDTK/SPK, SDLB/MILB, atau Program Paket A/Ula;
  2. Memiliki laporan lengkap penilaian hasil belajar mulai kelas IV semester 1 (satu) sampai dengan kelas VI semester 1 (satu) untuk peserta didik pada SD/MI/SDTK/SPK dan SDLB/MILB; dan
  3. Memiliki laporan lengkap penilaian hasil belajar setingkat SD/MI/SDTK/SPK dan SDLB/MILB, mulai kelas IV semester 1 (satu) sampai dengan kelas VI semester 1 (satu) untuk peserta didik pada Program Paket A/Ula.

 2. SMP/MTs, SMPLB/MTsLB, SMA/MA, SMK/MAK, SMALB/MALB dan yang sederajat

  1. Terdaftar pada tahun terakhir jenjang pendidikan di satuan pendidikan tertentu;
  2. Memiliki laporan lengkap penilaian hasil belajar pada satuan pendidikan tertentu mulai semester 1 (satu) tahun pertama sampai dengan semester 1 (satu) tahun terakhir;
  3. Bagi siswa SMK Program 4 (empat) tahun yang telah menyelesaikan proses pembelajaran selama 3 (tiga) tahun dapat mengikuti USBN;
  4. Siswa yang memiliki ijazah atau surat keterangan lain yang setara, atau berpenghargaan sama dengan ijazah dari sekolah yang setingkat lebih rendah. Penerbitan ijazah yang dimaksud sekurang-kurangnya 3 (tiga) tahun sebelum mengikuti ujian sekolah, atau sekurang-kurangnya 2 (dua) tahun untuk peserta program SKS; dan

B. Hak dan Kewajiban Peserta USBN

  • Hak Peserta USBN
  1. Setiap peserta didik yang telah memenuhi persyaratan berhak mengikuti USBN.
  2. Peserta USBN yang karena alasan tertentu dan disertai bukti yang sah tidak dapat mengikuti USBN utama dapat mengikuti USBN susulan
  • Kewajiban Peserta USBN
  1. Peserta USBN wajib mengikuti semua mata pelajaran yang diujikan.
  2. Peserta USBN wajib mematuhi tata tertib peserta USBN.

C. Pendaftaran Peserta USBN

  1. Satuan pendidikan pelaksana USBN melaksanakan pendataan calon peserta berdasarkan data Dapodik, Dapodikmas, atau EMIS.
  2. Panitia USBN melakukan verifikasi data calon peserta USBN.
  3. Kepala sekolah menetapkan daftar peserta USBN.
  4. Panitia USBN menerbitkan kartu peserta USBN.

D. Persyaratan Satuan Pendidikan Pelaksana USBN

  1. Persyaratan satuan pendidikan yang dapat melaksanakan USBN adalah satuan pendidikan terakreditasi berdasarkan keputusan dari Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M) untuk satuan pendidikan formal dan Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Nonformal (BAN PAUD-PNF) untuk satuan pendidikan kesetaraan.
  2. Dalam hal akreditasi satuan pendidikan telah habis masa berlakunya dan masih dalam proses pengajuan kembali (reakreditasi) maka status akreditasi yang lama masih berlaku sesuai dengan ketentuan BAN-S/M atau BAN PAUD-PNF tentang reakreditasi.
  3. USBN untuk satuan pendidikan yang belum terakreditasi diselenggarakan oleh satuan pendidikan terakreditasi pada jenjang pendidikan yang sama. Penyelenggaraan USBN bagi satuan pendidikan yang belum terakreditasi dapat berlangsung di satuan pendidikan masing-masing, dengan penyelenggara USBN dari satuan pendidikan yang terakreditasi.
  4. Mekanisme penyelenggaraan dan penggunaan soal USBN oleh satuan pendidikan yang belum terakreditasi dilakukan melalui kerja sama dengan satuan pendidikan terakreditasi dan dikoordinasikan oleh dinas pendidikan atau Kantor Kementerian Agama sesuai dengan kewenangannya.

Informasi sebelunya Satuan pendidikan Pelaksana USBN 2018 juga teah mengeluarkan bebijakan mengenai Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) 2018 Hanya 3 Mata Pelajaran. Demikian informasi mengenai Peserta dan Satuan Pendidikan Pelaksanaan USBN 2018 yang dapat Info GTK rangkum. Kami berharap segala bentuk informasi ini bisa menjadi gambaran guna mempersiapkan segala kebutuhan di satuan pendidikan yang berkaitan dengan rangkaian USBN 2018.

Comments

comments

Gravatar Image
Pembina Pramuka - Guru PJOK - Operator Dapodik Sekolah di SD Negeri Periuk 3 Kota Tangerang - Belajar Berbagi Informasi Guna Mencerdaskan Kehidupan Berbangsa dan Bernegara.

Leave a Reply