Rumusrumus.com – Halo pengguna setia website ini, pada kesempatan kali ini kami akan membahas pertanyaan seputar Perjanjian Berisi Penyerahan Hindia Belanda ke Jepang. Nah, agar Anda mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut, simak penjelasannya di bawah ini.

Perjanjian yang berisi penyerahan Hindia Belanda kepada Jepang adalah

Perjanjian Berisi Penyerahan Wilayah Hindia Belanda kepada Jepang adalah

Menjawab :

Perjanjian yang memuat penyerahan wilayah Hindia Belanda kepada Jepang dikenal dengan Perjanjian Kalijati yang ditandatangani pada tanggal 8 Maret 1942 di Kalijati, Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Diskusi

A. Latar Belakang Munculnya Perjanjian Kalijati

Berikut penjelasan singkat mengenai latar belakang lahirnya perjanjian yang dikenal dengan Perjanjian Kalijati tersebut, yaitu:

  1. Berdasarkan ambisi kekaisaran Jepang pada awal Perang Dunia II, yaitu bersikeras menguasai Asia Timur Raya.
  2. Serangan mendadak ke Pearl Harbor oleh angkatan udara Jepang pada tanggal 8 Desember 1941, di sekitar Kepulauan Hawaii, Samudera Pasifik. Hal inilah yang menjadi pemicu awal terjadinya perang Jepang melawan Amerika dan negara-negara sekutunya, termasuk Belanda yang sedang menduduki Hindia Belanda.
  3. Belanda semakin terpojok di berbagai wilayah akibat serangan yang dilancarkan oleh pasukan Jepang yang telah lama mengetahui wilayah pendudukan Hindia Belanda, yang pada akhirnya memaksa Belanda untuk menyerahkan kekuasaannya atas Indonesia (Hindia Belanda) kepada Jepang.
B. Tempat Proses Perjanjian Kalijati
  1. Perjanjian Kalijati ditandatangani kedua belah pihak pada tanggal 8 Maret 1942 di Kalijati, Kabupaten Subang, Jawa Barat.
  2. Penandatanganan ini dilakukan antara dua kubu yakni Jepang dan Belanda di sebuah rumah di Pangkalan Udara Garuda Complex E25 Suryadarma. Saat itu rumah tersebut dikenal dengan nama Rumah Bersejarah Kalijati.
C. Pimpinan Pihak yang Hadir pada Perjanjian Kalijati
  1. Mereka yang datang dari Belanda adalah Gubernur Jenderal Tjarda van Starkenborgh Starchouwer bersama Panglima Angkatan Darat Belanda Letjen Heindrik Ter Poorten.
  2. Pihak yang berasal dari Jepang adalah Komandan Gurita Barat Jenderal Hitoshi Imamura.
D.Isi Perjanjian Kalijati
  1. Negara Belanda menyerahkan wilayah jajahannya di Indonesia kepada Jepang tanpa syarat apapun.
  2. Pembentukan pemerintahan militer Jepang yang dipimpin oleh Kepala Staf bergelar Gunseikan terdiri atas tiga wilayah, yaitu sebagai berikut:
    A. Pemerintahan Angkatan Darat (Angkatan Darat) Keenambelas yang meliputi Jawa dan Madura sebagian besar berkedudukan di kota Jakarta.
    B. Pemerintahan Angkatan Darat (Angkatan Darat) Kedua Puluh Lima yang berada di wilayah Sumatera berpusat di kota Bukittinggi.
    C. Pemerintahan Angkatan Laut (Angkatan Laut) yang meliputi Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, Papua, dan Maluku berkedudukan di kota Makassar.

Nah, apabila para pelajar anda khususnya yang masih berada pada jenjang pendidikan masih bingung dengan pertanyaan-pertanyaan pada artikel ini dan lainnya, maka makalah pembahasan kali ini cukup mewakili jawabannya bagi anda semua.

Demikianlah pembahasan artikel mengenai suatu pertanyaan, semoga bermanfaat dan menjadi pengetahuan baru bagi pembaca.

Baca juga:

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *