Table of contents: [Hide] [Show]

Tahukah anda tentang atom dan strukturnya? Dari namanya saja, strukturnya tentu tidak terdiri dari satu komponen saja. Atom adalah partikel terkecil di dunia. Untuk penjelasan mengenai struktur atom, atom merupakan bahan dasar yang terdiri dari beberapa komponen yaitu inti atom dan elektron-elektron yang mengelilinginya. Inti atom umumnya terdiri dari dua muatan, yaitu proton yang bermuatan positif dan juga neutron yang bermuatan netral.

Namun tidak semuanya memiliki struktur seperti ini karena pada hidrogren-1 Tidak ada neutron sehingga hanya terdiri dari proton. Muatan disekitarnya atau muatan elektron negatif terikat menggunakan gaya elektronmagnetik. Dari kumpulan atom akan terbentuk suatu molekul. Kelompok molekul ini dinilai apakah bermuatan negatif, positif, atau netral. Cara mengetahuinya berasal dari atom-atom penyusunnya. Jika suatu molekul terdiri dari atom-atom yang mempunyai jumlah proton lebih banyak daripada elektron, maka muatannya positif. Jika muatan elektronnya lebih besar, maka muatannya negatif. Namun jika jumlah proton dan elektronnya seimbang, maka atom tersebut termasuk atom netral. Bilangan seperti ini sangat berguna dan fungsinya untuk menentukan unsur kimia.

Ringkasan Struktur Atom

Pada awalnya atom hanya dikenal sebagai partikel yang tidak dapat lagi dibagi atau dipecah. Konsep atom ini muncul pada abad ke-17 dan ke-18. Konsep dan pemahaman tentang atom ini terus dikembangkan dan diuji. Pada akhirnya, ilmuwan modern pada abad ke-19 dan ke-20 mampu membuktikan dan mengkonfirmasi atom. Tidak hanya sekedar memastikan bahwa atom tidak dapat lagi terbagi, tetapi juga ditemukan tentang struktur atom. Namun, untuk lebih jelas dan memahami atom beserta strukturnya, ketahuilah sejarah perkembangan jenis-jenis model atom berikut ini:

Memahami Struktur Atom

Pada tahun 1808, Dalton mulai merenungkan atom. Namun saat ini belum dijelaskan secara spesifik mengenai muatan atom.

Dengan menggunakan tabung sinar katoda, Thompson menyempurnakan pemikiran Dalton. Dalam penemuannya terbukti adanya muatan negatif.

Pada era Rutherford, mulai dijelaskan bahwa terdapat muatan positif pada inti atom dan muatan negatif pada elektron yang mengelilinginya. Fisikawan ini juga telah menjelaskan bahwa sebagian besar atom merupakan permukaan kosong. Bahkan, dalam penemuannya juga ditemukan bahwa elektron-elektron yang mengelilingi inti atom bergerak dengan kecepatan tinggi.

Pada tahun 1913, fisikawan ini berhasil menyempurnakan penemuan sebelumnya tentang atom dan juga berhasil menjelaskan lebih jelas tentang struktur atom. Dari penemuannya terlihat jelas tentang struktur atom dan diketahui juga adanya lintasan elektron atau kulit sebagai tempat pergerakannya. Dalam penemuan Bohr, kulit elektron dan kuantitasnya dijelaskan. Jika elektron bergerak keluar dari jalurnya maka elektron akan menyerap energi dan sebaliknya. Namun, pada orbital tertentu, energi elektron adalah konstan.

Itulah tadi rangkuman singkat tentang Struktur Atom. Dari penjelasan singkat tersebut diketahui pula bahwa pembahasan tentang atom sudah sangat panjang dan terus diteliti oleh para ahli fisika di masa lalu. Sampai saat ini tentunya teori dasar atom dan strukturnya masih digunakan. Dalam perkembangannya juga dijelaskan unsur-unsur kimia yang awalnya didasarkan pada teori atom. Bagi siswa, sebenarnya memahami atom beserta struktur dan unsur kimianya tidaklah sulit asalkan mau memahaminya secara perlahan.

Baca juga:

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *