Fungsi tulang ayakan – Apa itu tulang saringan? Apa fungsi tulang ayakan? Berapa banyak tulang saringan? Di manakah letak tulang ayakan? Bagaimana bentuk tulang ayakan?

Baca Juga: Fungsi Tulang Baji

Agar lebih memahaminya kali ini kita akan membahas tentang pengertian tulang ayakan secara lengkap, ciri-cirinya, letaknya, bentuk, jumlah dan fungsinya tulang ayakan pada manusia.


Isi

bersembunyi

1
Pengertian Tapis Tulang

2
Ciri Ciri Tulang Tapis

2.1
Letaknya di antara kedua mata

2.2
Totalnya ada dua

2.3
Memiliki ukuran yang tidak lebar

2.4
Memiliki bentuk datar

3
Fungsi tulang ayakan

3.1
Untuk membentuk lengkungan melengkung pada dinding belakang mata

3.2
Melindungi Struktur Mata

3.3
Menjaga Kesehatan Rongga Hidung

3.4
Sebagai tempat pembentukan sel darah

Pengertian Tapis Tulang

Tengkorak atau rangka kepala merupakan tulang yang berperan penting pada kepala, memberikan perlindungan pada organ otak yang mengatur berbagai sistem saraf dan sistem lain pada tubuh manusia. Jika seseorang mengalami cedera di kepala, ada risiko terjadinya sejumlah gangguan.

Tulang saringan merupakan bagian dari tengkorak atau kerangka kepala. Tulang saringan atau disebut juga tulang ethmoid (Os ethmoidale) merupakan salah satu jenis tulang penyusun kerangka kepala yang letaknya di depan tulang baji dan di antara tulang mata. Ukuran tulang penyaringnya kecil, bentuk tulang penyaringnya pipih, dan jumlah tulang penyaringnya ada 2. Fungsi tulang penyaring adalah membentuk dinding belakang rongga mata dan berperan dalam proses tersebut. penglihatan manusia serta menjaga kesehatan rongga hidung.


Selain itu, tulang ayakan membentuk conchae yang mampu melebarkan permukaan bagian dalam hidung yang berperan dalam meningkatkan sirkulasi udara di hidung serta menghangatkan, membersihkan dan melembabkan udara sebelum masuk ke pulmo (paru-paru).

Ciri Ciri Tulang Tapis

Berikut ciri-ciri tulang saringan yang membedakannya dengan tulang penyusun tengkorak lainnya, antara lain:


Letaknya di antara kedua mata

Letak tulang ayakan berada di antara kedua mata. Oleh karena itu, keberadaan dan fungsi tulang ayakan sangat erat kaitannya dengan kesehatan dan perlindungan mata.

Totalnya ada dua

Tulang saringan pada manusia terdapat dua, yaitu pada mata kanan dan mata kiri. Kedua tulang penyaring ini akan menghubungkan mata dan melindungi mata dari berbagai ancaman kerusakan.

Memiliki ukuran yang tidak lebar

Walaupun pada umumnya tulang pipih berukuran lebar, namun tidak demikian halnya dengan tulang ayakan. Tulang ayakan tidak lebar sama sekali karena posisinya terjepit di antara kedua mata.

Baca Juga : Fungsi Tulang Candi

Memiliki bentuk datar

Bentuk tulang ayakan ada yang pipih atau pipih. Seringkali tulang ayakan mirip dengan piring kecil jika dilihat. Sebagai tulang pipih, tulang ayakan tersusun atas dua lapisan tulang kompak.


Fungsi tulang ayakan

Fungsi tulang ayakan antara lain :

Untuk membentuk lengkungan melengkung pada dinding belakang mata

Pada struktur mata terdapat bagian berbentuk rongga yang memberikan perlindungan agar tetap tersimpan dan terletak. Dinding belakang mata terbentuk dari berbagai lapisan tulang pipih. Oleh karena itu, jika terjadi cedera pada dinding belakang mata, kemungkinan tulang saringan akan mengirimkan sinyal ke kepala yang kemudian akan direspon dengan sakit kepala di sekitar mata.

Melindungi Struktur Mata

Mata merupakan panca indera yang berfungsi sebagai organ penglihatan yang terletak di kepala. Jika mata tidak terjaga dapat menyebabkan gangguan kesehatan seperti sakit kepala. Ada kaitannya antara sakit kepala dan mata, tulang saringan berfungsi melindungi mata dari gangguan penyebab sakit kepala.

Menjaga Kesehatan Rongga Hidung

Rongga hidung merupakan struktur rongga pada hidung yang sering menyebabkan sinusitis. Tulang penyaring juga melindungi rongga hidung sehingga penyakit seperti sinusitis pada rongga hidung dan vertigo yang menyertainya dapat dicegah.

Sebagai tempat pembentukan sel darah

Bentuk tulang penyaring yang pipih memudahkan pembuluh darah disekitarnya untuk membentuk sel darah, oleh karena itu jagalah kesehatan tulang penyaring sehingga membantu meningkatkan pembentukan sel darah.

Baca juga: Fungsi Tulang Belikat

Demikianlah artikel lengkap membahas tentang Pengertian Tulang Saringan, Ciri-cirinya, Letaknya, Bentuknya, Jumlahnya dan Fungsi Tulang Saringan pada Manusia. semoga bermanfaat


Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *