Fungsi Tulang Candi – Apa tulang pelipisnya? Apa fungsi tulang candi? Di manakah letak tulang candi? Berapa banyak tulang candi? Bagaimana bentuk tulang candi?

Baca juga: Fungsi Tulang Belikat

Agar lebih memahaminya kali ini kita akan membahas tentang tulang candi mulai dari pengertian tulang candi secara lengkap, letak, ciri-ciri, jumlah dan fungsi tulang candi pada manusia.


Isi

bersembunyi

1
Memahami Tulang Candi

2
Ciri Ciri Tulang Candi

3
Fungsi Tulang Candi

3.1
Melindungi Otak

3.2
Melindungi Saraf

3.3
Sebagai tempat melekatnya otot dan melindungi otot

Memahami Tulang Candi

Tulang pelipis atau tulang temporal (Os. temporale) adalah salah satu anggota tengkorak manusia yang terletak di bagian belakang kepala, tepatnya di sebelah dahi dan mata atau bagian samping dan pangkal (cranium) dan di sebelah otak (cerebral). korteks). Sederhananya, tulang pelipis berada di bagian atas tulang pipi, yaitu bagian yang membentuk lengkungan khusus yang disebut zygomatik. Tulang candi berasal dari bahasa latin “tempus” yang berarti waktu.

Secara anatomi, tulang pelipis terletak di depan telinga. Tulang candi terdapat 2 (dua) buah yang masing-masing terletak pada sisi kepala. Bentuk tulang pelipisnya pipih atau tipis


Tulang pelipis terdapat pada sisi kanan dan kiri kepala dengan bentuk dan ukuran yang sama serta mempunyai struktur yang kuat sehingga melindungi area otak serta bagian kepala di sekitar tulang pelipis.

Ciri Ciri Tulang Candi

Ciri-ciri tulang pelipis mudah diamati yaitu letaknya tepat di sisi kepala, namun tulang pelipis sering dikira tulang baji karena letaknya bersebelahan dan menempel satu sama lain. Namun kedua tulang tersebut dapat dibedakan berdasarkan ukurannya, tulang baji berbentuk pipih dan kecil sedangkan tulang pelipis besar dan lebar.


Baca Juga: Fungsi Tulang Selangka (Klavikula)

Fungsi Tulang Candi

Tulang candi mempunyai bentuk yang lebar dan pipih, namun mempunyai peranan penting dan vital. Fungsi tulang candi antara lain:

Melindungi Otak

Bentuk tulang pelipis yang lebar dan memiliki struktur yang kuat serta letaknya yang berada di sisi kanan dan kiri memungkinkannya melindungi otak secara luas dan melindungi otak dari berbagai trauma dari luar tubuh.

Melindungi Saraf

Di dalam otak terdapat saraf-saraf yang menempel dan berperan dalam mengatur segala aktivitas dalam tubuh. Selain itu, tulang pelipis juga melindungi saraf otak dari trauma, sehingga memungkinkan sistem saraf tetap dapat menghubungkan seluruh respon tubuh dengan otak secara sempurna.

Sebagai tempat melekatnya otot dan melindungi otot

Pada tulang pelipis juga terdapat otot yang berperan dalam menjaga dan menjaga kekuatan tulang tengkorak serta berdampak pada aktivitas kepala individu. Otot-otot tersebut adalah otot temporalis dan otot ekstrinsik.


Baca Juga : Fungsi Sangkar Tulang Rusuk

Selain itu, tulang pelipis juga melindungi otot sehingga dapat menciptakan respon gerakan seperti kontraksi dan relaksasi otot-otot yang menempel pada rangka, mampu menggerakkan rangka, menjaga keseimbangan postur dan posisi kepala, seperti menjaga posisi tulang. posisi kepala saat membaca buku, berjalan dengan posisi tegak dan lain sebagainya.

Demikianlah artikel yang membahas tentang pengertian tulang candi secara lengkap, letak, ciri-ciri, jumlah dan fungsi tulang candi pada manusia. semoga bermanfaat


Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *