Fungsi Tulang Kering – Apa itu tulang kering? Apa itu tulang kering? Apa fungsi tulang kering? Mengapa disebut tulang kering? Oh, hanya cedera tulang kering?

Baca Juga : Sistem Pergerakan Manusia

Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas pengertian tulang kering, fungsi dan cedera tulang kering lebih detail.


Isi

bersembunyi

1
Memahami Tulang Shin

2
Fungsi Tulang Kering

2.1
Menghubungkan Lutut dan Pergelangan Kaki

2.2
Dukungan Otot Kaki

2.3
Dukungan Berat

2.4
Menjaga Keseimbangan Tubuh

2.5
Sebagai Penggerak Pergelangan Kaki

3
Kelainan dan Kelainan pada Tulang Tulang Kering

3.1
Cedera Tulang Kering

3.2
Fraktur Tulang Kering

3.3
Osteoporosis

3.4
Kanker tulang

3.5
Osteomielitis

3.6
Osteomalasia

Memahami Tulang Shin

Tulang kering atau tibia (tulang kering, tulang betis) adalah salah satu dari dua tulang yang lebih besar dan kuat yang terletak di bagian bawah lutut. Fungsi tulang kering adalah menghubungkan lutut dengan tulang pergelangan kaki dan disebut-sebut sebagai tulang terkuat dalam menopang berat badan. Selain itu, fungsi tulang kering lainnya adalah sebagai penghubung lengan.

Letak tulangnya berada di sebelah tulang betis (fibula). Pada tubuh manusia, tulang kering merupakan tulang terbesar kedua setelah tulang paha (femur).


Sama seperti fibula, tibia membentuk struktur kaki. Tugas kedua tulang ini adalah menopang otot-otot di sekitar kaki.

Fungsi Tulang Kering

Letak tulang kering pada manusia terletak pada bagian kaki yaitu pada tulang lutut, tulang tengkorak dan sebagian mata kaki, lebih tepatnya pada bagian depan tulang tersebut. Tulang kering ini rentan mengalami cedera.


Fungsi tulang kering pada manusia antara lain:

Menghubungkan Lutut dan Pergelangan Kaki

Fungsi utama tulang kering adalah menghubungkan lutut dan pergelangan kaki sehingga tercipta pergerakan kaki yang baik.

Dukungan Otot Kaki

Selain itu, tulang kering juga berperan dalam menopang seluruh otot pada kaki bagian bawah. Fungsi otot pada tungkai bawah adalah untuk menguatkan tubuh saat berdiri. Jika otot-otot tersebut tidak ada, maka kaki akan sulit berdiri tegak dan bergerak maksimal.

Dukungan Berat

Tulang kering juga berfungsi untuk menopang berat badan manusia, dengan tulang kering yang kuat mampu menopang berat badan dengan baik pada saat bergerak dan berdiri.


Menjaga Keseimbangan Tubuh

Tulang kering menjaga keseimbangan tubuh saat melakukan aktivitas seperti berolahraga, berjalan, berlari, melompat dan lain-lain.

Baca Juga: Fungsi Tulang

Sebagai Penggerak Pergelangan Kaki

Tulang kering juga berperan dalam menggerakkan pergerakan pergelangan kaki agar dapat bergerak leluasa.

Kelainan dan Kelainan pada Tulang Tulang Kering

Berikut penyakit yang menyebabkan tulang kering terasa sakit dan tidak bekerja maksimal, antara lain:

Cedera Tulang Kering

Shin splints adalah suatu kondisi yang terjadi akibat aktivitas fisik berlebihan yang menyebabkan tulang kering serta sendi dan otot di sekitarnya harus bekerja ekstra keras. Cedera ini ditandai dengan nyeri hebat pada tulang kering dan umumnya dialami oleh personel militer dan atlet.

Fraktur Tulang Kering

Ada beberapa faktor penyebab patah tulang kering, antara lain dampak akibat kecelakaan, jatuh dari ketinggian, dan cedera setelah melakukan aktivitas fisik seperti olahraga.

Osteoporosis

Osteoporosis adalah suatu kondisi dimana tulang menjadi terkalsifikasi dan rapuh akibat kekurangan kalsium. Tulang kering juga bisa mengalami pengapuran sehingga mudah patah.

Kanker tulang

Kanker tulang seperti kanker osteosarcoma, yaitu salah satu jenis kanker yang umumnya menyerang anak-anak pada tulang besar seperti tulang kering, menyebabkan kinerja tulang kering menjadi terganggu atau bahkan tidak berfungsi sama sekali.

Baca Juga: Fungsi Tulang Keras (Osteon)

Osteomielitis

Osteomielitis adalah infeksi tulang yang disebabkan oleh bakteri Staphylococcus aureus.

Osteomalasia

Osteomalacia merupakan kelainan tulang akibat proses pengerasan yang tidak optimal.

Obat sakit tulang kering adalah dengan rutin berolahraga 2-3 kali seminggu. Selain itu, perbanyak konsumsi kalsium dan vitamin D serta lakukan perawatan lainnya.

Demikianlah artikel yang membahas tentang pengertian tulang kering, fungsi dan cedera tulang kering lebih detail. semoga bermanfaat


Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *