Fungsi Sumsum Tulang Belakang – Apa fungsi sumsum tulang belakang? Apa yang terjadi jika sumsum tulang belakang rusak? Apa penyebab penyakit sumsum tulang belakang? Di manakah letak sumsum tulang belakang? Apa fungsi tulang belakang pada tubuh? Ada berapa sumsum tulang belakang?

Baca Juga: Fungsi Batang Otak

Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas pengertian sumsum tulang belakang, fungsi, struktur bagian-bagian dan penyakit sumsum tulang belakang (spinal cord) secara lengkap.


Isi

bersembunyi

1
Memahami Sumsum Tulang Belakang

2
Fungsi Sumsum Tulang Belakang

3
Struktur Bagian Sumsum Tulang Belakang

4
Fungsi Bagian Putih dan Abu-abu dari Sumsum Tulang Belakang

5
Gangguan dan Penyakit Tulang Belakang

Memahami Sumsum Tulang Belakang

Sumsum tulang belakang atau sumsum tulang belakang merupakan saraf tipis yang merupakan kelanjutan dari sistem saraf pusat otak yang melengkung dan dilindungi oleh tulang belakang. Letak sumsum tulang belakang memanjang pada rongga tulang belakang mulai dari vertebra serviks hingga vertebra kedua.

Sumsum tulang belakang terbungkus dalam selaput meninges, jika diamati secara melintang bagian luar sumsum tulang belakang tampak berwarna putih (zat alba) dan bentuk bagian dalamnya menyerupai kupu-kupu dengan warna abu-abu (zat grissea).


Bagian putih atau white matter sumsum tulang belakang mengandung banyak neurit (akson) yang ditutupi oleh membran mielin. Fungsi bagian putih (zat alba) adalah menghantarkan impuls ke otak dan dari otak ke efektor. Sedangkan bagian abu-abu (substansi grissea) banyak mengandung serabut saraf yang tidak ditutupi oleh selubung mielin, sedangkan materi abu-abu terbagi menjadi dua bagian, yaitu akar dorsal (akar posterior) yang berisi neuron sensorik dan akar ventral (akar anterior). yang berisi neuron motorik.

Fungsi sumsum tulang belakang adalah untuk mengirimkan rangsangan antara perifer dan otak. Selain itu sumsum tulang belakang juga berfungsi untuk mengontrol gerakan refleks, termasuk gerakan refleks mata dan lain-lain.


Fungsi Sumsum Tulang Belakang

Fungsi sumsum tulang belakang (spinal cord), antara lain:

  • Mengirimkan impuls dari reseptor (indera) ke otak.
  • Mengirimkan impuls dari otak ke reseptor (indera).
  • Menghubungkan otak dengan seluruh bagian tubuh.
  • Sebagai pusat gerak refleks dan menyediakan jalur terpendek bagi gerak refleks.

Baca Juga: Fungsi Otak

Struktur Bagian Sumsum Tulang Belakang

Struktur anatomi sumsum tulang belakang berupa kumpulan saraf berbentuk silinder yang dimulai dari otak bagian bawah kemudian meluas melalui saluran tulang belakang. Sumsum tulang belakang terbagi menjadi beberapa segmen, setiap segmen mempunyai sepasang akar saraf di kanan dan kiri. Akar saraf depan (ventral) atau saraf eferen berfungsi sebagai motorik, sedangkan akar saraf belakang (dorsal) atau saraf aferen berfungsi sebagai sensorik.

Berikut urutan ruas-ruas pada sumsum tulang belakang dari atas ke bawah:

  • Serviks (leher), tersusun atas 8 akar saraf.
  • Dada (dada) terdiri dari 12 akar saraf.
  • Lumbar (perut), tersusun atas 5 akar saraf.
  • Sakrum (panggul), terdiri dari 5 akar saraf.
  • Tulang ekor (tulang ekor), tersusun atas 1 akar saraf.

Sehingga terlihat serabut saraf akan menyebar ke bagian tubuh dan organ tertentu sesuai dengan tingkatannya. Misalnya saraf toraks mempersarafi kulit, dada, otot pernafasan dan organ-organ lain didalamnya dan seterusnya sampai mempersarafi kaki.


Fungsi Bagian Putih dan Abu-abu dari Sumsum Tulang Belakang

Jika dibuat potongan melintang maka akan terlihat struktur sumsum tulang belakang terbagi menjadi dua bagian, yaitu bagian putih dan bagian abu-abu serta bagian putih.

Materi putih (white matter) tersusun atas serabut saraf (akson) yang memanjang ke atas dan ke bawah di sepanjang sumsum tulang belakang. Setiap kelompok akson membawa informasi tertentu yang harus dikomunikasikan. Saluran akson asendens akan berkomunikasi dengan otak, sedangkan akson desendens akan menyalurkan sinyal dari otak ke seluruh bagian otot dan kelenjar tubuh.

Sedangkan bagian abu-abu (grey matter) pada sumsum tulang belakang yang berbentuk kupu-kupu terbagi menjadi beberapa fungsi khusus. Jika materi abu-abu terbagi menjadi dua bagian, masing-masing bagian mempunyai bagian yang disebut tanduk punggung, tanduk ventral, dan tanduk lateral. Tanduk punggung dan ventral berhubungan dengan otot rangka, sedangkan tanduk lateral berhubungan dengan otot polos dan otot jantung.

Gangguan dan Penyakit Tulang Belakang

Berikut kelainan yang terjadi pada sumsum tulang belakang, antara lain:

Cedera saraf tulang belakang

Cedera sumsum tulang belakang (spinal cord injury) adalah kerusakan yang terjadi pada sumsum tulang belakang (spinal cord) atau saraf di ujung saluran tulang belakang.

Baca Juga: Fungsi Otak Besar (Serebrum)

Demikianlah artikel yang membahas tentang pengertian sumsum tulang belakang, fungsi, struktur bagian-bagian dan penyakit sumsum tulang belakang (spinal cord) secara lengkap. semoga bermanfaat


Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *