Memahami Status Sosial Ekonomi – Apa yang dimaksud dengan status sosial ekonomi? Faktor apa saja yang mempengaruhi status sosial ekonomi? Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas tentang pengertian status sosial ekonomi menurut para ahli, tingkatan, tolak ukur dan faktor-faktor yang mempengaruhi status sosial ekonomi seseorang secara lengkap.

Baca juga : Memahami Status Sosial

Isi

bersembunyi

1
Memahami Status Sosial Ekonomi

2
Pengertian Sosial Ekonomi Menurut Para Ahli

2.1
Nasution dan Nur (1986)

2.2
FS Chapin

2.3
Abdulsyani (1994)

2.4
Soekanto (2001)

2.5
Santrock (2007:282)

2.6
Melly G Tan

2.7
Baswori dan Juariyah (2010)

3
Tingkat Status Sosial Ekonomi

3.1
Kelas tinggi

3.2
Kelas menengah

3.3
Kelas bawah

4
Tolok Ukur Status Sosial Ekonomi

5
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Status Sosial Ekonomi

5.1
Pendidikan

5.2
Profesi

5.3
Penghasilan

5.4
Posisi sosial

Memahami Status Sosial Ekonomi

Pengertian status sosial ekonomi adalah ukuran kewibawaan seseorang dalam masyarakat berdasarkan jabatan yang didudukinya; profesi yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari; kondisi yang mencerminkan kedudukan suatu keluarga dalam masyarakat berdasarkan materi/harta yang dimilikinya.


Tolok ukur status sosial ekonomi seseorang dapat didasarkan pada beberapa unsur kepentingan dalam kehidupan manusia dan juga statusnya dalam masyarakat, antara lain profesi, sistem kekerabatan, kedudukan dan agama yang dianutnya.

Pengertian sosial ekonomi adalah kedudukan seseorang dalam suatu kelompok masyarakat berdasarkan jenis kegiatan ekonomi, pendapatan dan pendidikannya.


Status sosial ekonomi menunjukkan adanya ketimpangan tertentu dalam masyarakat akibat pekerjaan yang dilakukan setiap individu dengan prestasi yang berbeda-beda, serta kemampuan individu untuk mencapai kedudukan yang lebih tinggi dibandingkan orang lain; perbedaan tingkat pendidikan, besarnya kesempatan memperoleh pendidikan yang jauh lebih baik dibandingkan orang lain; perbedaan sumber daya ekonomi dan kewenangan mempengaruhi kelompok masyarakat, kemampuan mempengaruhi sumber daya dan perbedaan partisipasi dalam masyarakat menyebabkan ketimpangan kesempatan.

Secara lengkap, status sosial ekonomi menggambarkan keadaan seseorang atau sekelompok orang dilihat dari sudut pandang ekonomi yang dimilikinya, mulai dari tingkat pendidikan, jabatan, dan pendapatan/gaji.


Setiap orang pasti ingin memiliki status sosial ekonomi yang lebih baik dari sebelumnya, namun nyatanya masih banyak masyarakat yang berstatus sosial ekonomi rendah.

Pengertian Sosial Ekonomi Menurut Para Ahli

Nasution dan Nur (1986)

Pengertian status sosial ekonomi adalah taraf hidup yang dimiliki seseorang yang didasarkan pada kemampuan memenuhi kebutuhan sehari-hari dari memperoleh penghasilan sehingga berperan dalam status sosial seseorang dalam masyarakat.

FS Chapin

Pengertian status sosial ekonomi adalah kedudukan yang diduduki oleh seseorang atau keluarga sehubungan dengan standar yang berlaku umum mengenai budaya, pendapatan, kepemilikan barang dan partisipasi dalam kelompok masyarakat.

Baca juga : Memahami Kelompok Sosial

Abdulsyani (1994)

Pengertian sosial ekonomi adalah kedudukan individu dalam masyarakat berdasarkan kedudukan, jenis tempat tinggal, kegiatan ekonomi, pendapatan dan tingkat pendidikan.


Soekanto (2001)

Sosial ekonomi adalah kedudukan seseorang dalam masyarakat dalam hubungannya dengan individu lain ditinjau dari lingkungan sosial, prestasi, hak dan kewajiban yang berkaitan dengan sumber daya.

Santrock (2007:282)

Sosial ekonomi adalah pengklasifikasian individu berdasarkan kesesuaian karakteristik profesional, pendidikan ekonomi.

Melly G Tan

Sosial ekonomi juga dapat diartikan sebagai status sosial ekonomi yang mempunyai 3 faktor yaitu profesi, pendidikan dan pendapatan.

Baswori dan Juariyah (2010)

Status sosial ekonomi diartikan sebagai suatu kondisi yang menyatakan kemampuan keuangan keluarga dan instrumen materi yang dimilikinya.

Tingkat Status Sosial Ekonomi

Dalam masyarakat terdapat 3 tingkatan status sosial ekonomi, antara lain:

Kelas tinggi

Kelas atas merupakan kelompok atau kelas sosial yang berisikan orang-orang dan keluarga-keluarga dengan status sosial atau kekayaan yang tinggi, mulai dari konglomerat, orang-orang yang memiliki kekuatan politik besar, kelompok eksekutif dan lain-lain.

Masyarakat kelas atas dapat dengan mudah memenuhi kebutuhan sehari-hari bahkan melampauinya, mulai dari kebutuhan primer (sandang, pangan, papan), kebutuhan sekunder, dan kebutuhan tersier.

Kelas menengah

Kelas menengah adalah kelompok atau status sosial dalam masyarakat yang mempunyai kemampuan berada di bawah kelas atas dan di atas kelas bawah alias mempunyai status sosial ekonomi menengah.

Masyarakat kelas menengah ini umumnya terdiri dari para profesional atau pengusaha kecil yang hidup tidak berlebihan dan tidak lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Kelas bawah

Kelas bawah adalah kelompok masyarakat yang gaji/pendapatannya lebih rendah dari kebutuhan primernya. Orang-orang dalam kelompok ini disebut orang miskin dan biasanya mereka bekerja sebagai asisten rumah tangga dan sebagainya.

Baca juga : Memahami Ketimpangan Sosial

Tolok Ukur Status Sosial Ekonomi

Ada beberapa tolok ukur yang digunakan untuk mengetahui status sosial ekonomi individu atau keluarga dalam masyarakat, antara lain:

Kekayaan. Seseorang yang mempunyai kekayaan berlimpah akan masuk ke dalam golongan atas dan seseorang yang mempunyai kekayaan minim akan masuk ke dalam golongan bawah. Ukuran kekayaan atau harta benda yang banyak digunakan untuk menentukan kelas atau status sosial ekonomi seseorang antara lain adalah kondisi rumah, kendaraan, pakaian dan juga kebiasaan berbelanja.

Kekuatan. Individu yang mempunyai wewenang besar termasuk dalam masyarakat kelas atas dan individu yang tidak mempunyai wewenang termasuk dalam masyarakat kelas bawah.

Menghormati. Individu yang disegani atau disegani dalam masyarakat berada pada masyarakat kelas atas dan hal ini biasanya terjadi pada masyarakat tradisional.

Sains. Meski terkadang disalahartikan oleh orang-orang yang biasanya hanya melihat seseorang berdasarkan gelarnya, namun hal ini dapat menimbulkan manipulasi dimana individu yang ingin masuk ke kalangan atas menggunakan berbagai cara untuk mendapatkan gelar yang diinginkan.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Status Sosial Ekonomi

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi status sosial ekonomi seseorang dalam kehidupan di masyarakat, antara lain:

Pendidikan

Tingkat pendidikan yang ditempuh memegang peranan penting dalam pembentukan karakter dan perilaku individu. Individu yang mengenyam pendidikan tinggi umumnya memiliki kemampuan intelektual yang lebih baik, mampu berpikir kritis yang nantinya dapat digunakan untuk membantu meningkatkan kualitas hidupnya.

Profesi

Kegiatan ekonomi yang dilakukan atau pekerjaan yang dilakukan oleh individu/kelompok diharapkan mendapat imbalan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup dan keluarganya.

Penghasilan

Pendapatan adalah segala hasil kerja yang diperoleh, baik berupa uang maupun barang. Untuk dapat menduduki setiap pekerjaan diperlukan bakat dan keterampilan yang berbeda-beda.

Posisi sosial

Kedudukan atau status sosial memegang peranan penting dalam menentukan sikap dan perilaku individu. Posisi ini dapat memberikan pengaruh terhadap persepsi individu. Makna sosial tersebut adalah kedudukan yang dimiliki oleh seorang individu dalam bekerja, dimana seorang pemimpin mempunyai wewenang yang lebih besar dibandingkan dengan pegawainya dan juga lebih dihormati.

Singkatnya, faktor-faktor yang mempengaruhi status sosial ekonomi seseorang dalam masyarakat antara lain:

Baca juga : Memahami Modal Sosial

  • Pendidikan yang dilakukan.
  • Profesi yang Anda geluti.
  • Jumlah gaji.
  • Kondisi rumah.
  • Tempat tinggal.
  • Kekayaan yang dimiliki.
  • Jabatan di perusahaan/organisasi
  • Aktivitas ekonomi

Demikianlah artikel yang membahas tentang pengertian status sosial ekonomi secara lengkap menurut para ahli, tingkatan, tolak ukur dan faktor-faktor yang mempengaruhi status sosial ekonomi seseorang. semoga bermanfaat


Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *