Memahami Simbiosis – Apa yang dimaksud dengan simbiosis? Sebutkan macam-macam simbiosis! Berikan contoh simbiosis!

Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas materi simbiosis mulai dari pengertian simbiosis, macam-macam dan contoh simbiosis secara lengkap.


Baca Juga : Pengertian Biologi

Isi

bersembunyi

1
Memahami Simbiosis

2
Jenis-jenis Simbiosis

2.1
Simbiosis Mutualisme

2.1.1
Pengertian Simbiosis Mutualistik

2.1.2
Contoh Simbiosis Mutualisme

2.2
Simbiosis Parasitisme

2.2.1
Memahami Simbiosis Parasitisme

2.2.2
Contoh Simbiosis Parasitisme

2.3
Simbiosis Komensalisme

2.3.1
Memahami Simbiosis Komensalisme

2.3.2
Contoh Simbiosis Komensalisme

2.4
Simbiosis Amensalisme

2.4.1
Memahami Simbiosis Amensalisme

2.4.2
Contoh Simbiosis Amensalisme

Memahami Simbiosis

Istilah simbiosis berasal dari bahasa Yunani “sym” yang berarti dengan dan biosis yang berarti kehidupan. Singkatnya, arti simbiosis adalah hidup bersama.

Simbiosis juga diartikan sebagai segala bentuk interaksi biologis jangka pendek atau panjang antara dua organisme biologis yang berbeda, baik mutualisme, komensalisme, atau parasitisme.


Organisme yang melakukan simbiosis disebut simbion, simbiosis ini dapat terjadi antara spesies yang sama maupun spesies yang berbeda.

Menurut Heinrich Anton de Bary (1879), seorang ahli mikologi Jerman, mendefinisikan simbiosis sebagai organisme berbeda yang hidup bersama.


Simbiosis bisa bersifat obligat, artinya salah satu atau kedua simbion bergantung satu sama lain sepenuhnya untuk bertahan hidup, atau opsional ketika mereka bisa hidup sendiri.

Berdasarkan keterikatan fisiknya, klasifikasi simbiosis dibedakan menjadi:

  • Simbiosis konjungtifyaitu suatu jenis simbiosis dimana makhluk hidup yang terlibat mempunyai satu kesatuan tubuh.
  • Simbiosis disjungtifyaitu sejenis simbiosis dimana makhluk hidup yang terlibat tidak bersatu.

Ada 2 (dua) kategori bentuk simbiosis, antara lain:

  • Ektosimbiosisyaitu suatu bentuk hubungan antara dua makhluk hidup yang berbeda jenis dimana makhluk hidup yang satu hidup di luar organisme yang lain.
  • Endosimbiosisyaitu suatu bentuk hubungan antara dua jenis makhluk hidup yang berbeda dimana makhluk hidup yang satu hidup di dalam organisme lain.

Fungsi simbiosis adalah untuk bertahan hidup dengan mengandalkan atau berinteraksi dengan makhluk hidup lain yang tidak sejenis.


Jenis-jenis Simbiosis

Berikut beberapa jenis simbiosis, antara lain:

Simbiosis Mutualisme

Pengertian Simbiosis Mutualistik

Pengertian simbiosis mutualistik adalah suatu jenis simbiosis yang saling menguntungkan kedua atau lebih makhluk yang terlibat. Singkatnya, dalam simbiosis ini kedua simbion mendapatkan keuntungan yang sama.

Baca juga: Pengertian Ovipar

Contoh Simbiosis Mutualisme

Berikut beberapa contoh simbiosis mutualistik yang terjadi antar makhluk hidup, antara lain:

  • Jalak Kerbau, dimana jalak mendapat makanan dari memakan kutu kerbau dan kutu pada kerbau berkurang.
  • Ikan badut dengan anemon laut, dimana ikan badut mendapat perlindungan dari anemon laut dan anemon laut mendapat sisa makanan dari ikan badut.
  • Hiu dengan Ikan Remora, dimana hiu tersebut dalam keadaan bersih dan remora akan mendapatkan sisa makanan hiu dan aman dari ancaman ikan predator.
  • Protozoa Mixotricha paradoxa yang berflagel dengan rayap Mastotermes darwiniensis, dimana protozoa Mixotricha paradoxa yang berflagel mendapatkan sari makanan dan perlindungan serta pencernaan rayap Mastotermes darwiniensis terbantu.
  • Rafflesia dan Lalat, dimana proses penyerbukan bunga Rafflesia dibantu oleh lalat dan lalat mendapatkan sari bunga Rafflesia.
  • Bakteri Rhizobium sp dan tanaman polong-polongan, Bakteri Rhizobium pada akar tanaman polong-polongan akan mendapat makanan sedangkan tanaman polong-polongan mendapat nitrogen dari Rhizobium sp.
  • Bunga Sepatu dengan Lebah, dimana lebah akan membantu penyerbukan bunga kembang sepatu dan lebah akan mendapatkan nektar bunga.
  • Bunganya sama dengan kupu-kupu, dimana penyerbukan bunga akan terbantu dan kupu-kupu memperoleh nektar bunga.
  • Manusia dan bakteri E.coli di usus besar, dimana pertumbuhan bakteri jahat di dalam tubuh berkurang dan proses pembusukan di usus besar menjadi lebih cepat, sedangkan E.coli akan mendapatkan makanan dari sisa makanan yang ada di usus besar.

Simbiosis Parasitisme

Memahami Simbiosis Parasitisme

Pengertian simbiosis parasit adalah suatu jenis simbiosis antar makhluk hidup dimana ada pihak yang diuntungkan dan ada pihak yang dirugikan. Singkatnya, simbiosis jenis parasitisme adalah jenis interaksi sumber daya dan konsumen.

Contoh Simbiosis Parasitisme

Berikut beberapa contoh simbiosis parasit yang terjadi pada makhluk hidup, antara lain:

  • Tumbuhan benalu dan inangnya, dimana tanaman benalu mendapat keuntungan dengan mendapatkan sari makanannya dan inangnya dirugikan karena sari makanannya diambil.
  • Tali anak dengan inangnya, dimana tali anak mendapat keuntungan dengan menyerap sari makanan berupa zat organik dari tanaman inangnya, sedangkan inangnya dirugikan karena sari makanannya terambil.

Baca juga: Pengertian Vivipar

  • Cacing perut dan cacing tambang sama dengan manusia, dimana cacing yang hidup di usus manusia mengambil sari makanan dari usus manusia.
  • Bunga Rafflesia dan inangnya, dimana bunga Rafflesia diuntungkan dengan menyerap sari makanan dari inangnya, sedangkan inangnya rugi karena sari makanannya diambil oleh bunga Rafflesia.
  • Nyamuk dan manusia, dimana nyamuk diuntungkan karena mendapat darah, sedangkan manusia dirugikan karena bisa tertular penyakit berbahaya.
  • Cacing hati pada sapi, dimana cacing jantung yang hidup pada hati sapi mendapatkan keuntungan dengan mendapatkan makanan dari sapi, sedangkan sapi merugi karena terserang penyakit dan terganggu kesehatannya.
  • Kutu dengan manusia dan hewan, dimana kutu mendapatkan keuntungan dengan mendapatkan makanan dan tempat berlindung, sedangkan manusia dan hewan dirugikan karena adanya kutu yang dapat menimbulkan rasa gatal.
  • Cacing pita dan manusia, dimana cacing pita diuntungkan dengan menyerap sari makanan dari manusia, sedangkan manusia dirugikan karena sari makanan untuk metabolisme tubuh diambil.
  • Teritip dan Paus, dimana teritip diuntungkan karena mencari tempat tinggal di tubuh paus, sedangkan paus dirugikan karena merasa gatal dan tidak nyaman.

Simbiosis Komensalisme

Memahami Simbiosis Komensalisme

Pengertian simbiosis komensalisme adalah suatu jenis simbiosis antar makhluk hidup dimana salah satu pihak diuntungkan namun pihak lain tidak diuntungkan atau dirugikan.

Contoh Simbiosis Komensalisme

Berikut beberapa contoh simbiosis komensalisme pada makhluk hidup, antara lain:

  • Jamur tumbuh pada akar yang membusuk.
  • Sirih pada tanaman inangnya.
  • Pakis tanduk rusa dengan tanaman inangnya.
  • Bunga anggrek dengan pohon mangga, dimana anggrek memperoleh manfaat dengan memperoleh zat anorganik dari kulit batang mangga, memperoleh air dan sinar matahari; sedangkan pohon mangga tidak dirugikan dan tidak diuntungkan.
  • Ikan ramora dan ikan paus, dimana ikan remora mendapatkan sisa makanan, sedangkan ikan paus tidak merasa dirugikan maupun diuntungkan.
  • Penyu dan ikan ramora, dimana ikan remora mendapat sisa makanan, sedangkan penyu tidak dirugikan dan diuntungkan.
  • Udang dengan teripang, dimana udang mendapat sisa makanan sedangkan teripang tidak dirugikan maupun diuntungkan.
  • Ikan badut dengan anemon laut, dimana ikan badut dapat bersembunyi dari predator, dan anemon laut tidak diuntungkan dan tidak dirugikan.

Baca juga: Pengertian Vivipar

Simbiosis Amensalisme

Memahami Simbiosis Amensalisme

Pengertian simbiosis smensalisme adalah suatu jenis simbiosis yang terjadi antar makhluk hidup, dimana salah satu pihak dirugikan dan pihak lainnya tidak dirugikan maupun diuntungkan.

Contoh Simbiosis Amensalisme

Berikut beberapa contoh simbiosis amensalisme, antara lain:

  • Pohon kenari dengan tanaman lainnya, dimana pohon kenari menghasilkan senyawa alelopati yang menyebabkan tanaman lain tidak dapat bertahan hidup.
  • Jamur Penicillium dengan bakteri, dimana jamur penicillium mengeluarkan penisilin yang dapat membunuh bakteri tetapi tidak memperoleh kerugian atau manfaat apapun.

Demikianlah artikel yang membahas tentang pengertian simbiosis, macam-macam dan contoh simbiosis secara lengkap. semoga bermanfaat


Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *