Fungsi Retina Mata – Apa yang dimaksud dengan retina pada mata? Apa yang dimaksud dengan retina? Apakah retina yang rusak bisa disembuhkan? Apa penyebab retina terlepas? Apakah retina yang terlepas bisa disembuhkan? Dimana letak retinanya? Apa fungsi retina pada mata? Apa fungsi retina dan pupil? Apa fungsi mata?

Baca Juga: Fungsi Mata

Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas tentang Pengertian Retina, Letaknya, Struktur Bagiannya, Fungsinya, Cara Kerjanya dan Penyakit Mata Retina secara lengkap.


Isi

bersembunyi

1
Memahami Retina

2
Struktur Bagian dan Lapisan Retina Manusia

3
Cara Kerja Retina Mata

4
Penyakit Retina Mata

4.1
Retinopati Diabetik

4.2
Retinitis Pigmentosa

4.3
Degenerasi Makula

4.4
Lubang Makula

4.5
Robek Retina

4.6
Ablasi retina

4.7
Retinoblastoma

4.8
Membran Epiretinal

Memahami Retina

Pengertian retina adalah bagian mata yang berupa lapisan sel tipis yang terletak di bagian belakang bola mata. Fungsi retina adalah mengubah cahaya kemudian membentuk gambar suatu benda yang kemudian dikirim dalam bentuk sinyal oleh saraf optik ke otak.

Retina mata merupakan lapisan terdalam bola mata. Retina merupakan lapisan tipis yang sangat sensitif terhadap cahaya. Retina terletak pada dinding paling dalam yang berfungsi menangkap cahaya.


Pada tahap embrionik, retina dan saraf optik berkembang sebagai bagian dari perkembangan eksternal otak. Struktur unik pembuluh darah di retina digunakan sebagai identifikasi biometrik.

Struktur Bagian dan Lapisan Retina Manusia

Struktur retina manusia 72% berbentuk hampir bulat dengan diameter sekitar 22 mm. Pada bagian tengah retina terdapat cakram optik atau biasa disebut titik buta karena pada bagian tersebut tidak terdapat fotoreseptor. Titik buta terlihat sebagai area oval berwarna putih berukuran kurang lebih 3 mm².


Retina mata tersusun atas sel batang (basil) dan sel kerucut (konus), fungsi kedua bagian tersebut adalah mengubah energi cahaya menjadi sinyal listrik yang dikirim ke otak melalui serabut saraf.

Retina manusia terdiri dari sepuluh lapisan. Berikut susunan lapisan retina mata ke arah kornea mata:

  1. Epitel pigmen retina (RPE)
  2. Lapisan fotoreseptor segmen dalam dan luar (Batang/Kerucut)
  3. Membran pembatas luar, yaitu lapisan yang membatasi bagian dalam fotoreseptor dan inti sel.
  4. Lapisan luar inti sel fotoreseptor
  5. Lapisan luar plexiform. Bagian makula ini disebut juga lapisan serat Henle.
  6. Lapisan dalam tubuh inti
  7. Lapisan plexiform yang dalam
  8. Lapisan sel ganglion, yaitu lapisan yang terdiri dari inti sel ganglion dan merupakan asal mula serabut saraf optik.
  9. Lapisan serabut saraf, yaitu lapisan yang berisi akson sel ganglion yang menuju ke saraf optik.
  10. Membran pembatas internal, tempat sel Muller berada.

Pada individu dengan mata minus atau plus, bayangan yang ditangkap oleh kornea mata tidak akan langsung mengenai retina. Sehingga bayangan objek menjadi tidak fokus atau tepatnya terlihat kabur atau bahkan tidak jelas.

Baca Juga: Fungsi Pupil Mata

Cara Kerja Retina Mata

Sel fotoreseptor di retina akan menerima cahaya, kemudian sinyal yang terbentuk akan melalui proses rumit di neuron retina lainnya, kemudian diubah menjadi potensial aksi di sel ganglion retina. Tak hanya mendeteksi cahaya, retina juga berperan penting dalam persepsi visual (menggambarkan apa yang dilihat).


Retina mempunyai dua reseptor cahaya yaitu sel batang (basil) dan sel kerucut (konus), kecuali pada bagian belakangnya sehingga ketika bayangan benda jatuh pada titik tersebut tidak dapat melihat bayangan benda tersebut dan bagian tersebut dinamakan titik buta. .

Penyakit Retina Mata

Pengertian penyakit retina adalah suatu kelainan pada retina mata yang berdampak buruk pada penglihatan seseorang. Gejala penyakit retina antara lain penglihatan kabur/redup/tidak jelas seperti ada sesuatu yang menghalangi penglihatan atau bidang penglihatan tepi terganggu.

Berikut beberapa penyakit retina, antara lain:

Retinopati Diabetik

Pengertian retinopati diabetik adalah suatu kondisi rusaknya pembuluh darah retina akibat komplikasi penyakit diabetes melitus. Hal ini menyebabkan retina membengkak atau pembuluh darah kapiler pecah sehingga penglihatan menjadi terganggu atau kabur.

Retinitis Pigmentosa

Pengertian retinitis pigmentosa adalah salah satu jenis penyakit degeneratif yang menyerang retina dimana terjadi perubahan respon retina terhadap cahaya sehingga lama kelamaan penglihatan penderitanya akan menurun namun tidak menyebabkan kebutaan total.

Degenerasi Makula

Pengertian degenerasi makula adalah kerusakan yang terjadi pada bagian tengah retina sehingga mengakibatkan berkurangnya kemampuan penglihatan dimana ada bagian yang tidak dapat dijangkau atau penglihatan menjadi kabur.

Ada dua jenis degenerasi makula, yaitu degenerasi kering dan basah. Gejala umum degenerasi makula adalah kekeringan, kemudian berkembang menjadi basah pada salah satu atau kedua mata.

Lubang Makula

Pengertian lubang makula adalah cacat kecil pada makula yang disebabkan oleh tarikan abnormal antara retina dan vitreus atau cedera pada mata.

Robek Retina

Yang dimaksud dengan robekan retina adalah salah satu jenis penyakit retina yang terjadi akibat menyusutnya lapisan vitreous, yaitu jaringan seperti gel di bagian dalam bola mata, sehingga lapisan belakang bola mata tertarik. Karena retina berada pada bagian tersebut, jika terjadi tarikan yang cukup besar dapat menyebabkan retina tertarik dan robek.

Baca Juga: Fungsi Kornea Mata

Ablasi retina

Pengertian ablasi retina adalah suatu kondisi yang terjadi akibat robekan retina dimana terjadi rembesan cairan dari celah robekan tersebut dan menyebabkan retina terangkat dari jaringan pendukungnya. Ablasi retina ini ditandai dengan adanya cairan pada bagian bawah retina.

Retinoblastoma

Pengertian retinoblastmatoma merupakan salah satu jenis kanker mata langka yang sering terdiagnosis pada masa kanak-kanak.

Membran Epiretinal

Pengertian membran epiretinal adalah jaringan parut halus yang tampak seperti selaput transparan tipis berkerut yang menempel pada bagian atas retina. Selaput ini dapat menarik retina sehingga membuat penglihatan mata kabur atau buram.

Demikianlah artikel yang membahas tentang Pengertian Retina, Letaknya, Strukturnya, Fungsinya, Cara Kerjanya dan Penyakit Mata Retina secara lengkap. semoga bermanfaat


Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *