Fungsi Pupil Mata – Apa yang dimaksud dengan murid? Apa yang dimaksud dengan pupil melebar? Apa fungsi pupil mata? Apa perbedaan iris dan pupil mata? Apa fungsi pupil mata? Apa fungsi iris dan pupil? Bisakah pupilnya membesar?

Baca Juga: Fungsi Mata

Agar lebih memahaminya kali ini kita akan membahas materi pupil mata mulai dari pengertian pupil secara lengkap, fungsi dan kelainan pada pupil.


Isi

bersembunyi

1
Memahami Pupil Mata

2
Fungsi Pupil Mata

3
Kelainan pada Pupil Mata

3.1
Murid Tidak Bereaksi Terhadap Cahaya

3.2
Mata tidak bulat

3.3
Anisokori

3.4
Hifema

3.5
Lamur

Memahami Pupil Mata

Pupil adalah bukaan di tengah mata. Pupil mata disebut juga anak mata. Cahaya yang masuk melalui pupil mata akan diteruskan oleh lensa mata yang memfokuskan bayangan ke retina. Letak pupil berada di belakang kornea di tengah mata.

Pupil adalah area tengah berwarna hitam transparan. Pupil pada bola mata manusia, dimana pupil merupakan tempat masuknya cahaya ke dalam mata.


Ukuran pupil dikendalikan oleh otot. Jika membutuhkan cahaya yang banyak atau dalam kondisi gelap maka ukuran pupil akan membesar dan jika cahaya semakin terang maka ukuran pupil akan mengecil. Perubahan ukuran pupil terjadi secara refleks. Pupil mirip dengan pengatur cahaya pada kamera. Pupil dapat dilihat lebih jelas menggunakan mikroskop.

Tak hanya menentukan intensitas cahaya yang masuk ke mata, ukuran pupil juga memfokuskan gambar langsung ke retina sehingga gambar lebih jernih dan tidak buram.


Fungsi Pupil Mata

Fungsi pupil adalah mengatur banyaknya cahaya yang masuk ke mata. Saat mendapat banyak cahaya, otomatis pupil akan mengecil sehingga tidak banyak cahaya yang masuk ke mata. Sebaliknya, saat Anda mendapat sedikit cahaya, otomatis pupil Anda akan membesar sehingga cahaya yang masuk ke mata Anda cukup banyak.

Fungsi pupil hampir sama dengan diafragma kamera atau alat fotografi. Bentuk pupilnya seperti celah bulat di tengah iris. Pupil membesar jika berada di ruangan gelap atau cahaya berkurang sehingga lebih banyak cahaya yang masuk ke mata.

Di sekitar pupil terdapat iris, yaitu bagian mata yang berwarna. Pada iris terdapat otot dilator dan sfingter untuk mengontrol lebar pupil. Kedua jenis otot tersebut akan mengembang dan berkontraksi untuk melebarkan atau mengontraksikan lebar pupil. Cahaya memasuki pupil melalui lensa dan terfokus pada bagian belakang mata. Pupil meliputi kornea, lapisan luar mata bening yang berfungsi sebagai pelindung pupil.

Baca Juga: Fungsi Kornea Mata

Setelah cahaya mencapai lensa, gambar akan terfokus dan retina akan mengubah cahaya tersebut menjadi sinyal listrik yang kemudian akan diinterpretasikan oleh saraf optik di otak.


Dalam beberapa kondisi, hal ini sangat mempengaruhi jumlah cahaya yang dikumpulkan oleh pupil. Lecet atau goresan pada kornea bagian depan mata dapat menyebabkan sensitivitas cahaya.

Kelainan pada Pupil Mata

Berikut sejumlah kelainan atau penyakit pada pupil mata, antara lain:

Murid Tidak Bereaksi Terhadap Cahaya

Pada dasarnya pupil mata bereaksi terhadap cahaya dengan cara mengubah ukurannya, yaitu memperbesar ukuran pupil saat berada di tempat gelap dan mengecil saat berada di tempat terang. Namun pada kondisi kelainan, pupil tidak bereaksi terhadap cahaya. Penyebab salah satu pupil tidak bereaksi terhadap cahaya biasanya karena benturan langsung pada wajah, cedera otak, dan lain sebagainya. Sedangkan penyebab kedua pupil tidak merespon cahaya biasanya karena trauma dan pendarahan otak.

Mata tidak bulat

Umumnya bentuk pupil mata bulat, namun ada pula pupil yang berbentuk persegi panjang, horizontal, vertikal, bahkan bulan sabit. Penyebab bentuk pupil mata tidak normal antara lain cacat bawaan, sindroma, horner, trauma pada iris yaitu peradangan pada uvea mata atau mengalami nyeri hebat; orang yang pernah menjalani operasi katarak dan pupilnya tidak berfungsi normal.

Anisokori

Pengertian anisocoria adalah kelainan pada pupil dimana ukuran pupil mata kanan dan kiri berbeda. Kelainan ini bisa disebabkan karena faktor keturunan yang bisa terjadi sejak lahir atau ada anggota keluarga yang mengalaminya jadi ini bukan penyakit yang serius namun jika tiba-tiba pupil mata tidak sama dan tidak bisa kembali ke ukuran semula maka bisa saja hal ini terjadi. menjadi indikasi penyakit mata, saraf atau pembuluh darah. darah.

Hifema

Pengertian hifema adalah suatu kondisi yang ditandai dengan adanya pendarahan antara pupil dan kornea. Untuk mengobati hyphema memerlukan perawatan medis darurat dan pembedahan.

Lamur

Pengertian miopia atau rabun jauh adalah suatu kondisi dimana pupil menghalangi cahaya untuk terfokus dengan baik di bagian belakang mata.

Baca Juga: Fungsi Hidung

Demikianlah artikel yang membahas tentang pengertian pupil, fungsi dan kelainan pada pupil secara lengkap. semoga bermanfaat


Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *