Fungsi Pons Otak – Apa itu pons otak? Apa fungsi pons otak? Bagaimana strukturnya?

Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas mengenai pengertian pons otak secara lengkap, fungsi, struktur dan bagian-bagian pons otak.


Baca Juga: Fungsi Otak Manusia

Isi

bersembunyi

1
Memahami Pons Otak

2
Fungsi Pons Otak

3
Struktur dan Bagian Pons Otak

3.1
Basilar Pons

3.2
Tegmentum Pontus

Memahami Pons Otak

Pons otak merupakan struktur batang otak dan letak pons berada di bagian atas medula oblongata dan di bawah otak tengah. Panjang pukulannya sekitar 2,5 cm.

Pons dikatakan sebagai batang yang berisi serabut saraf yang berfungsi menghubungkan otak besar dengan sumsum tulang belakang dan juga menghubungkan otak kecil bagian kanan dan kiri. Meski ukurannya cukup kecil, pons memegang peranan yang sangat penting.


Fungsi Pons Otak

Fungsi utama pons otak adalah sebagai jalur transfer sinyal antara otak besar dengan sumsum tulang belakang dan otak kecil.

Selain itu, di pons otak terdapat saraf kranial yang menunjang fungsi otak lainnya, antara lain:


  • Saraf trigeminal. Di pons terdapat inti sensorik dan motorik saraf trigeminal. Fungsi saraf trigeminal adalah mengatur ekspresi dan gerakan wajah, serta berperan dalam mengunyah dan menelan.
  • Saraf abducens, yaitu saraf yang berfungsi mengatur pergerakan mata.
  • Saraf wajah, yaitu saraf kranial yang berfungsi mengontrol otot-otot wajah, agar Anda dapat tersenyum, mengangkat alis, dan menunjukkan berbagai ekspresi wajah.
  • Serabut vestibulocochlear, yaitu saraf kranial yang berfungsi mengatur transmisi suara dari telinga ke otak serta membantu menjaga keseimbangan dan koordinasi tubuh.

Selain itu, pons juga berperan dalam mengatur fungsi involunter seperti pernapasan. Pada pons terdapat yang disebut dengan sistem reticular yang berfungsi mengatur siklus tidur manusia.

Struktur dan Bagian Pons Otak

Struktur dan bagian-bagian pons otak, antara lain:

Secara umum pons dapat dibedakan menjadi 2 (dua) bagian utama yaitu pons basilar dan pontine tegmentum.

Basilar Pons

Ini adalah bagian yang terletak di bagian ventral. Fungsi pons basilar berhubungan dengan aktivitas motorik tubuh.


Baca Juga: Fungsi Batang Otak

Tegmentum Pontus

Ini adalah bagian yang terletak di punggung, fungsi pontine tegmentum berhubungan dengan sistem homeostasis dan jalur refleks.

Selain itu, terdapat sejumlah inti saraf pada pons yang berperan penting dalam tubuh, antara lain:

  • Inti Sensorik dan Motorik dari saraf trigeminal.
  • Inti saraf Abducens.
  • Inti saraf wajah.
  • Inti saraf vestibulocochlear.

Selain inti saraf, pons juga merupakan bukaan sejumlah saraf kranial. Berikut ini adalah beberapa saraf pons kranial otak diantaranya :

  • Saraf trigeminal (trigeminal) merupakan saraf kranial terbesar yang mengatur gerakan mengunyah dan sensasi pada wajah.
  • Saraf abducens, yaitu saraf kranial yang berfungsi mengatur penculikan mata.
  • Saraf wajah, yaitu saraf kranial yang berfungsi mengatur gerakan dan ekspresi wajah.
  • Saraf vestibulocochlear merupakan saraf kranial yang berfungsi mengatur pendengaran dan keseimbangan. Selain itu, fungsi batang otak bagian ini juga membantu merasakan sensasi sentuhan dan menelan.

Pons juga berperan dalam pernapasan dengan membantu sumsum tulang belakang mengontrol laju pernapasan. Selain itu, ia juga terlibat dalam mengendalikan siklus tidur dan mengatur tidur nyenyak; Pons mengaktifkan pusat penghambatan di sumsum tulang lanjut yang menghambat pergerakan saat tidur.

Baca juga: Pengertian Otak Besar

Demikianlah artikel yang membahas tentang pengertian pons otak secara lengkap, fungsi, struktur dan bagian-bagian pons otak. semoga bermanfaat


Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *