Fungsi Otak Tengah – Apakah otak tengah itu ada? Otak tengah berhubungan dengan kecerdasan apa? Apa itu otak depan? Otak manusia terbagi menjadi berapa bagian? Apa fungsi otak tengah?

Agar lebih memahaminya kali ini kita akan membahas materi tentang otak tengah mulai dari pengertian otak tengah secara lengkap, fungsi, struktur dan bagian-bagiannya, aktivasi dan kelainan pada otak tengah.


Baca Juga: Fungsi Otak Manusia

Isi

bersembunyi

1
Memahami Otak Tengah

2
Fungsi Otak Tengah

3
Struktur dan Bagian Otak Tengah

3.1
Tegmentum

3.1.1
Inti Merah (Inti Merah)

3.1.2
Substantia Nigra

3.2
tektum

3.3
Pendulum otak

4
Cara Mengaktifkan Otak Tengah

5
Gangguan dan Kelainan Otak Tengah

Memahami Otak Tengah

Otak tengah adalah bagian terkecil dari otak manusia. Dalam bahasa Inggris, otak tengah disebut dengan Mesencephalon. Letak otak tengah berada di bagian tengah otak, tepatnya di batang otak, yaitu antara otak depan dan otak belakang. Fungsi utama otak tengah adalah sebagai stasiun pemancar informasi pendengaran (audio) dan penglihatan (visual).

Fungsi Otak Tengah

Fungsi otak tengah (mesencephalon) antara lain:


  • Sebagai stasiun pemancar informasi visual (visual) dan pendengaran (audio).
  • Sebagai pengatur respon terhadap rangsangan yang berkaitan dengan informasi sensorik. Misalnya saja ketika tangan memegang sesuatu yang panas, otak tengah akan mengarahkan tangan untuk menjauh dari pusat panas.
  • Berperan dalam pergerakan otot.
  • Meningkatkan daya ingat dapat membuat individu dapat belajar dalam waktu yang lebih singkat.
  • Berperan dalam mengembangkan kreativitas dan inovasi.
  • Meningkatkan intuisi dan kekuatan menggenggam.
  • Sebagai pengontrol motorik terutama gerakan mulut dan mata.
  • Berkaitan dengan gairah dan kewaspadaan.
  • Sebagai pengatur suhu.

Struktur dan Bagian Otak Tengah

Struktur anatomi otak tengah (mesencephalon) terbagi menjadi dua bagian, yaitu:

Tegmentum

Tegmentum merupakan jaringan multisinaptik yang berperan dalam sistem homeostatis atau keseimbangan serta jalur refleks tubuh. Fungsi utama tegmentum adalah mengatur kesadaran. Ada beberapa struktur pada tegmentum, antara lain:


Inti Merah (Inti Merah)

Inti merah merupakan bagian tegmentum yang berperan penting dalam mengatur koordinasi gerak tubuh.

Substantia Nigra

Substantia nigra merupakan tempat terbentangnya tegmentum, dimana pada tegmentum tersebut terdapat inti berwarna merah yang mengatur fungsi motorik. Substantia nigra adalah struktur gelap yang mengandung banyak neuron yang memproduksi dopamin. Umumnya, penurunan neuron di substansia nigra menyebabkan penyakit Parkinson. Bagian ini juga berperan dalam mengendalikan pergerakan tubuh.

tektum

Tektum terdiri dari dua pasang colliculi yang disebut Corpora Quadrigemina.

  • Colliculi superior, yaitu jenis colliculi yang berperan dalam proses awal penglihatan (penglihatan) dan mengontrol pergerakan mata.
  • Colliculi Inferior, yaitu jenis colliculi yang terlibat dalam proses pendengaran.

Pendulum otak

Peduncle serebral atau disebut juga crus cerebri merupakan kumpulan saraf yang terdiri dari saraf sensorik dan saraf motorik yang membawa informasi antara otak besar dan pons.


Baca juga: Pengertian Otak Besar

Cara Mengaktifkan Otak Tengah

Berikut tahapan aktivasi otak tengah yang dapat dilakukan, antara lain:

Pada masa awal, otak tengah anak akan aktif setelah ia mengikuti pelajaran kurang lebih satu setengah hari dan untuk membuatnya stabil perlu dilakukan latihan setiap hari. Yang dimaksud dengan kestabilan adalah anak sewaktu-waktu dapat mengenali benda, huruf, warna, membaca dan aktivitas lainnya dengan menutup mata dengan kain.

Setelah melewati masa awal, kebanyakan orang tua berhenti pada tahap tersebut tanpa melanjutkan ke tahap berikutnya yaitu masa pendalaman. Anak yang menggunakan otak tengahnya dengan baik mempunyai karakter yang seimbang, berhubungan baik dengan individu lain, mudah bergaul, suka menolong dan sebagainya.

Gangguan dan Kelainan Otak Tengah

Salah satu penyakit yang dapat menyerang otak tengah adalah penyakit Parkinson. Penyakit Parkinson atau Parkinson merupakan suatu kelainan sistem saraf pusat yang mempengaruhi pergerakan tubuh mulai dari menulis, berjalan, berbicara dan lain-lain.

Lebih tepatnya, penyakit Parkinson berkaitan dengan mati atau rusaknya sel saraf di substansia nigra yang menyebabkan produksi dopamin menurun dan mengakibatkan pergerakan tubuh melambat.

Penyakit Parkinson adalah penyakit saraf yang secara bertahap dapat memburuk ketika mencapai stadium 5.

Gejala penyakit Parkinson antara lain gemetar, kehilangan keseimbangan tubuh, kaku, dan gerakan lambat.

Baca Juga : Pengertian Otak Kecil

Demikianlah artikel yang membahas tentang pengertian otak tengah secara lengkap, fungsi, struktur dan bagian-bagiannya, aktivasi dan kelainan otak tengah. semoga bermanfaat


Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *