Memahami Otak Kiri – Apa itu Otak Kiri? Apa fungsi otak kiri? Apa perbedaan fungsi otak kanan dan kiri? Bagaimana cara mengaktifkan otak kiri? Apa kelebihan otak kiri? Apa yang dimaksud dengan Otak Kiri? Bagaimana Cara Kerja Otak Kiri? Apa itu otak kiri dan kanan?

Baca Juga : Pengertian Otak Kanan

Agar lebih memahaminya kali ini kita akan membahas materi otak kiri mulai dari pengertian otak kiri, fungsi, struktur, cara kerja, kelebihan dan perbedaan otak kiri dan otak kanan secara lengkap.


Isi

bersembunyi

1
Memahami Otak Kiri

2
Fungsi Otak Kiri

3
Struktur Otak Kiri

4
Cara Kerja Otak Kiri

5
Perbedaan Otak Kiri dan Otak Kanan

6
Cara Melatih Otak Kiri

Memahami Otak Kiri

Otak kiri merupakan salah satu bagian otak besar (otak besar) yang terletak di sebelah kiri. Otak kiri berperan penting dalam mengatur seluruh sistem saraf pusat dan struktur sel saraf.

Fungsi otak kiri adalah mengatur beberapa aktivitas yang dilakukan tubuh dan mengatur fungsi berbagai organ tubuh.


Fungsi Otak Kiri

Berikut beberapa fungsi otak kiri, antara lain:

Sebagai Pusat Intelligence Quotient (IQ)

Otak kiri merupakan pusat kecerdasan yang meliputi hakikat pikiran yang berkaitan dengan kemampuan menalar, merencanakan, memecahkan masalah, berpikir abstrak dan memahami bahasa atau Intelligence Quotient (IQ). Hal ini berkaitan dengan kemampuan kognitif masing-masing individu.


Sebagai Kontrol

Otak kiri berperan dalam mengendalikan bagian kiri tubuh, termasuk berbagai organ. Jika otak kiri mengalami kerusakan maka akan menimbulkan gangguan kesehatan seperti kematian saraf atau kelumpuhan pada tubuh bagian kiri.

Keterampilan Angka

Otak kiri berfungsi dalam berbagai materi pembelajaran mengenai perhitungan seperti IPA, kimia, fisika dan matematika. Otak kiri dapat menganalisis atau menghitung materi perhitungan dengan sangat matang. Orang yang menguasai perhitungan dominan otak kiri.

Sebagai Pengambil Tindakan Dengan Logika dan Rasio

Otak kiri berperan dalam mempertimbangkan sesuatu, memberikan tekad dan kekuatan dalam disiplin serta berpikir teknis dan penuh aturan. Otak kiri mempengaruhi pikiran bawah sadar manusia untuk bertindak dan melakukan sesuatu secara sistematis dengan mengandalkan logika dan nalar.

Objektivitas

Orang dengan kemampuan otak kiri yang lebih dominan biasanya memilih alasan terhadap berbagai hal dengan menggunakan logika rasional untuk mengidentifikasi penyebab masalahnya dan kemudian memikirkan cara penyelesaiannya. Jadi, orang dengan dominasi otak kiri adalah orang yang berorientasi pada detail.


Baca Juga: Fungsi Otak Manusia

Mempengaruhi Kemampuan Menulis dan Membaca

Otak kiri mengontrol kemampuan menulis dan membaca, dimana kegiatan tersebut memerlukan berpikir dan konsentrasi yaitu memahami dan menyusun kata-kata yang nantinya akan terekam dalam memori dan menjadi bahan berpikir logis sesuai dengan pengetahuan atau pandangan yang diperoleh sebelumnya.

Struktur Otak Kiri

Otak kiri memiliki struktur yang sangat kompleks. Di otak kiri terdapat jutaan sel sistem saraf dan neuron yang bekerja sama. Bentuk otak kiri merupakan separuh dari otak besar yang saling berhubungan dengan saraf dan jaringan otak kanan. Jika otak kiri sehat maka tubuh akan sehat dan fungsi berpikir menjadi maksimal.

Neuron yang satu dan neuron yang lain saling terhubung satu sama lain, sehingga tampak seperti rantai yang tidak terputus. Setiap neuron membawa informasi dan membawa bahan kimia yang disebut neurotransmiter. Jutaan neuron pada struktur otak kiri berperan dalam mentransmisikan berbagai bentuk informasi ke otak.

Cara Kerja Otak Kiri

Cara kerja otak kiri menggunakan memori jangka pendek sehingga mempengaruhi fungsi bicara, bahasa, dan matematika.

Jutaan sel di otak kiri mampu memproses informasi logis, linier, dan rasional. Otak kiri akan bekerja dengan mengolah dunia berdasarkan realitas yang menghasilkan interpretasi abstrak dan simbolik sehingga mengacu pada kemampuan menjalankan tugas secara teratur dengan detail dan fakta.

Perbedaan Otak Kiri dan Otak Kanan

Perbedaan kedua otak ini antara lain:

Seringkali otak kiri diidentikkan dengan kemampuan yang lebih dominan dalam bidang matematika atau perhitungan atau matematika. Sedangkan otak kanan lebih diidentikkan dengan kreativitas.

Cara Melatih Otak Kiri

Berikut latihan yang dapat dilakukan untuk mengasah kemampuan otak kiri, antara lain:

  • Bacakan cerita anak yang berkualitas dengan bahasa dan kosa kata yang baik dan benar serta latih anak menggunakan struktur yang benar juga.
  • Melatih daya ingat dan berpikir logis. Caranya adalah dengan meminta anak membaca berulang-ulang kemudian memberikan sesi tanya jawab.
  • Mainkan permainan tebak-tebakan bentuk dan warna sambil menonton TV atau makan agar belajar menjadi menyenangkan.
  • Mengajak anak bermain, belajar (mengamati) dan berbagi hal-hal sederhana hingga yang rumit.
  • Biasakan anak untuk selalu rapi dan disiplin dalam berbagai hal.

Baca juga: Pengertian Otak Besar

Demikianlah artikel pembahasan lengkap mengenai Pengertian Otak Kiri, Fungsinya, Strukturnya, Cara Kerjanya, Kelebihan dan Perbedaan Otak Kiri dan Otak Kanan. semoga bermanfaat


Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *