Fungsi Otak Kanan – Apa fungsi otak kanan? Apa yang dominan otak kanan? Apa perbedaan antara otak kiri dan otak kanan? Bagaimana cara kerja otak kanan dan otak kiri? Apa fungsi otak kiri dan kanan? Apa perbedaan kecerdasan otak kiri dan kanan? Bagaimana cara melatih otak kanan? Bagaimana cara menyeimbangkan otak kiri dan otak kanan?

Agar lebih memahaminya kali ini kita akan membahas materi otak kanan mulai dari pengertian otak kanan, fungsi, struktur, cara kerja, cara melatih dan perbedaan lengkap kecerdasan otak kiri dan kanan.


Baca Juga: Fungsi Otak Manusia

Isi

bersembunyi

1
Memahami Otak Kanan

2
Fungsi Otak Kanan

3
Struktur Otak Kanan

4
Cara Kerja Otak Kanan

5
Perbedaan Otak Kanan dan Otak Kiri

6
Cara Melatih Otak Kanan

Memahami Otak Kanan

Secara garis besar otak manusia terbagi menjadi otak besar (otak besar) dan otak kecil (otak kecil). Otak besar terbagi menjadi dua bagian utama, yaitu otak kanan dan otak kiri.

Dalam dunia kedokteran, otak kanan disebut helisfer kanan. Secara anatomi letak otak kanan berada pada belahan otak kanan. Fungsi otak kanan adalah mengatur dan bertanggung jawab atas berbagai aktivitas dan kesehatan tubuh bagian kanan. Selain itu, otak kanan juga berfungsi mengatur segala aktivitas dan ekspresi yang berkaitan dengan emosi.


Fungsi Otak Kanan

Fungsi otak kanan antara lain:

  • Berperan dalam pengembangan kecerdasan emosional atau EQ (emotional quotient) seperti pengendalian emosi dan sosialisasi.
  • Kemampuan berinteraksi dengan manusia lain, kemampuan merasakan dan memadukan serta intuitif.
  • Mengontrol ekspresi tubuh seperti melukis, menari dan menyanyi.
  • Mengerjakan tugas matematika mengenai estimasi dan perbandingan.
  • Membantu mendeskripsikan visual secara lengkap dan mengungkapkan apa yang dilihat.
  • Mengontrol otot-otot sisi kiri tubuh.
  • Berperan dalam kemampuan berbahasa karena mempunyai kemampuan memori jangka panjang.
  • Terkait dengan berbagai hal yang memerlukan kreativitas.
  • Bertanggung jawab atas kemampuan spasial seperti pengenalan wajah dan pemrosesan musik.
  • Melakukan sejumlah fungsi matematika, tetapi hanya perkiraan kasar dan perbandingan.

Struktur Otak Kanan

Otak kanan tersusun atas jutaan jaringan dan jutaan saraf yang membentuk setengah lingkaran agak datar dan mempunyai dua jenis sel yaitu neuron dan glia.


Fungsi glia adalah untuk menunjang dan melindungi neuron, sedangkan fungsi neuron adalah membawa informasi. Glia dan neurin saling berkomunikasi dan mengirimkan berbagai bahan kimia ke seluruh bagian tubuh yang disebut neurotransmiter. Di dalam struktur tersebut terdapat bagian berwarna putih yang disebut inti basal yang fungsinya untuk perencanaan dan pembelajaran yang bertugas memberi perintah kepada sel-sel tubuh lainnya.

Baca juga: Pengertian Otak Besar

Cara Kerja Otak Kanan

Di otak kanan terdapat ribuan sel yang terbentuk saat manusia berada di dalam kandungan. Sel-sel di otak kanan lebih cenderung menggunakan kreativitas untuk memecahkan masalah. Dimana sel-sel tersebut dapat berpikir dengan sangat cepat, jika otak kanan berhenti bekerja 1 detik saja maka seluruh bagian tubuh akan mengalami kerusakan.

Cara kerja otak kanan menggunakan kemampuan memori jangka panjang sehingga ketika melihat suatu gambar atau hal lain maka akan terekam dan tersimpan lama di memori. Misalnya ketika melihat sebuah lukisan, kita tidak akan langsung melupakan lukisan itu, melainkan dapat dibayangkan tekstur, bentuk, warna, terang dan gelapnya serta ukuran dan maknanya. Hal ini terjadi karena sistem kerja otak kanan mampu mengelola memori dalam jangka panjang.

Dengan otak kanan, seseorang mampu bekerja dengan mengandalkan daya ingat dan kreatifitasnya yang bertanggung jawab dan mengarah pada berbagai fungsi otak kanan yang sangat mempengaruhi kecerdasan emosional seseorang.


Perbedaan Otak Kanan dan Otak Kiri

Perbedaan kedua otak ini antara lain:

Seringkali, otak kanan lebih diidentikkan dengan kreativitas. Sedangkan otak kiri diidentifikasi mempunyai kemampuan yang lebih dominan dalam bidang matematika atau perhitungan atau matematika, sedangkan

Cara Melatih Otak Kanan

Cara mengasah kemampuan otak kanan antara lain:

  • Pertajam pengamatan Anda dengan cermat. Luangkan waktu untuk mengamati sejumlah peristiwa menarik atau unik secara detail atau cermat.
  • Menumbuhkan kreativitas.
  • Asahlah seni anda, seperti menggambar, melukis, menyanyi dan lain sebagainya
  • Latih seni melipat origami.

Orang dengan otak kanan dominan cenderung tidak menyukai mata pelajaran yang membuat otak berpikir keras, seperti sains, kimia, fisika, dan matematika. Mereka yang dominan otak kanannya lebih menyukai pelajaran yang tidak membuat otak berpikir keras, seperti menyanyi, puisi, bahasa, seni dan lain sebagainya. Orang yang dominan otak kanan lebih menyukai pekerjaan di bidang hubungan masyarakat, seni, kreativitas, dan urusan sosial.

Baca Juga : Pengertian Otak Kecil

Demikianlah artikel yang membahas tentang Pengertian Otak Kanan, Fungsinya, Strukturnya, Cara Melatihnya serta Perbedaan Kecerdasan Otak Kiri dan Kanan Secara Lengkap. semoga bermanfaat


Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *