Model Pembelajaran Kelas Terbalik – Banyak model yang diterapkan dalam pembelajaran, salah satunya adalah flippedclassroom. Apa yang dimaksud dengan model pembelajaran flipped classage? Apa ciri-ciri model pembelajaran flipped classage?

Baca juga : Pengertian Metode Pembelajaran

Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas tentang pengertian model pembelajaran flipped class, ciri-ciri, jenis-jenis, langkah-langkah, kelebihan dan kekurangan metode pembelajaran flipped classage secara lengkap.


Isi

bersembunyi

1
Pengertian Model Pembelajaran Flipped Classroom

2
Pengertian Model Pembelajaran Flipped Classroom Menurut Para Ahli

2.1
Bergmann dan Sams (2012)

2.2
Milman (2012)

2.3
Johson (2013)

2.4
Yulietri dkk (2015)

3
Ciri-ciri Model Pembelajaran Flipped Classroom

4
Jenis Model Pembelajaran Flipped Classroom

5
Langkah Kelas Terbalik

5.1
Persiapan

5.2
Kegiatan Kelas

6
Kelebihan dan Kekurangan Flipped Classroom

Pengertian Model Pembelajaran Flipped Classroom

Yang dimaksud dengan flipped classage adalah model pembelajaran yang mengurangi proses pembelajaran langsung, dimana siswa mempelajari materi pembelajaran secara mandiri di rumah terlebih dahulu. Setelah itu kegiatan belajar mengajar di kelas hanya sekedar mengerjakan tugas dan mendiskusikan materi yang tidak dapat dipahami.

Pada dasarnya konsep pembelajaran ini adalah pembelajaran formal di kelas dilaksanakan di rumah dan pekerjaan rumah dari pembelajaran formal dilakukan di kelas. Jadi model pembelajaran flipped classage disebut juga pembelajaran invertedclassroom.


Model pembelajaran ini diperkenalkan pada tahun 2000 dengan tokoh yang pertama kali memperkenalkan metode pembelajaran flipped classage adalah J. Wesley Baker.

Metode pembelajaran flipped classage juga diartikan sebagai pembelajaran yang memadukan pembelajaran di dalam dan di luar kelas guna mengoptimalkan proses belajar mengajar yang dilakukan. Kegiatan pembelajaran yang biasa dilakukan di kelas dilakukan di rumah dan sebaliknya. Pada model pembelajaran flipped learning abad 21, guru sebagai fasilitator memberikan materi yang akan dipelajari dalam bentuk video untuk dipelajari siswa di rumah sehingga pada saat di kelas siswa sudah siap dengan materi pembelajaran.


Pengertian Model Pembelajaran Flipped Classroom Menurut Para Ahli

Bergmann dan Sams (2012)

Yang dimaksud dengan flippedclassroom adalah apa yang biasanya dikerjakan di kelas kini dikerjakan di rumah, sedangkan yang biasanya dikerjakan sebagai pekerjaan rumah kini dikerjakan di kelas.

Baca juga : Pengertian Model Pembelajaran Melempar Bola Salju

Milman (2012)

Yang dimaksud dengan kelas terbalik adalah konsep pembelajaran yang berdasarkan pada pembelajaran kelas tradisional berupa pekerjaan rumah dan pekerjaan rumah yang dikerjakan di kelas.

Johson (2013)

Flipped class juga diartikan sebagai metode pembelajaran yang mengurangi pengajaran guru secara langsung namun meningkatkan pengajaran tidak langsung yaitu siswa dapat mengakses materi pembelajaran secara online.

Yulietri dkk (2015)

Yang dimaksud dengan flipped classroom adalah model belajar mengajar yang tidak seperti biasanya dimana sebelum proses pembelajaran di kelas dimulai, siswa mempelajari materi pelajaran di rumah dan kegiatan belajar mengajar di kelas berupa mengerjakan tugas, mendiskusikan materi. atau pertanyaan yang belum dipahami siswa.


Ciri-ciri Model Pembelajaran Flipped Classroom

Pemanfaatan waktu belajar di dalam dan di luar kelas lebih ditekankan pada metode pembelajaran flippedclassroom agar pembelajaran lebih berkualitas sehingga pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran meningkat.

Ciri-ciri model pembelajaran flipped classage antara lain (Abeysekera dan Dawson, 2015):

  • Terdapat perubahan penggunaan waktu di dalam kelas dan di luar kelas.
  • Kegiatan yang biasa dilakukan di rumah sebagai pekerjaan rumah dilakukan di kelas.
  • Kegiatan yang biasanya dilakukan dalam pembelajaran konvensional di dalam kelas dilakukan di luar kelas.
  • Ada penekanan pada pembelajaran aktif, pemecahan masalah dan juga pembelajaran rekan di kelas
  • Kegiatan sebelum dan sesudah kelas.
  • Pemanfaatan teknologi khususnya video untuk menyampaikan materi pembelajaran.

Sedangkan berdasarkan pendapat Muir dan Geiger (2015), ciri-ciri kelas terbalik antara lain:

  • Guru adalah pembimbing siswa.
  • Sarana untuk meningkatkan komunikasi dan hubungan pribadi antara guru dan siswa.
  • Siswa yang tidak menghadiri kelas tidak akan ketinggalan pelajaran.
    Siswa diberi ruang untuk bertanggung jawab atas pembelajarannya.
  • Kelas sebagai tempat permanen untuk mengarsipkan konten untuk dilihat dan diperbaiki.
  • Ruang kelas merupakan tempat dimana seluruh siswa terlibat dalam pembelajaran.
  • Ruang tempat siswa mendapatkan pembelajaran yang dipersonalisasi.
  • Menggabungkan instruksi langsung dan pembelajaran konstruktivis.

Baca Juga: Model Pembelajaran Problem Based Teaching (PBI).

Jenis Model Pembelajaran Flipped Classroom

Ada beberapa jenis metode pembelajaran flipped classage, antara lain:

Terbalik tradisionalyaitu metode pembelajaran flipped class yang paling sederhana dimana siswa menonton video pembelajaran di rumah, kemudian kegiatan tugas kelas diberikan secara berkelompok dan kemudian di akhir pembelajaran ada kuis individu atau kuis berpasangan.

Penguasaan Terbalikyaitu metode pembelajaran flipped class yang merupakan hasil pengembangan dari Traditional Flipped. Hampir sama dengan metode flipped tradisional, namun pada awal pembelajaran dilakukan review terhadap materi sebelumnya.

Instruksi Rekan Dibalik, yaitu metode pembelajaran dimana siswa mempelajari materi dasar dari video sebelum kelas dimulai. Selama di kelas, siswa menjawab pertanyaan konseptual secara mandiri dan siswa diberi kesempatan mengemukakan pendapat tentang pertanyaan tersebut untuk memberikan kepercayaan diri kepada siswa lain dan di akhir kegiatan belajar mengajar, secara individu siswa diberikan tes pemahaman.

Pembelajaran Berbasis Masalah Terbalik, yaitu metode pembelajaran dimana siswa diberikan video petunjuk penyelesaian masalah yang akan dibahas di kelas. Selama kelas, guru membantu siswa bereksperimen dan mengevaluasi.

Langkah Kelas Terbalik

Tahapan pelaksanaan pembelajaran flipped classage antara lain:

Persiapan

Pada tahap ini, hal-hal yang harus dilakukan antara lain:

  • Pertama, guru memberikan materi berupa video pembelajaran.
  • Kemudian menjelaskan tujuan pembelajaran dan ringkasan materi utama yang akan dipelajari.
  • Setelah menonton video yang diberikan guru, siswa diminta untuk merangkum materi.

Kegiatan Kelas

Pada tahap ini, hal-hal yang harus dilakukan antara lain:

  • Para siswa dibagi menjadi beberapa kelompok dengan jumlah siswa dalam satu kelompok berisi 4 sampai 5 orang.
  • Kemudian video pembelajaran yang diberikan guru didiskusikan dengan diskusi dan tanya jawab.
  • Dengan mengadakan sesi tanya jawab dengan siswa, guru memperkuat konsep tersebut.
  • Setelah itu guru memberikan latihan penyelesaian masalah melalui lembar kerja siswa.
  • Kemudian setiap kelompok yang telah dibentuk guru mendiskusikan soal-soal latihan tersebut.

Baca juga : Pembelajaran Dimulai Dengan Metode Pembelajaran Question (LSQ).

  • Guru berperan sebagai fasilitator agar siswa dapat menyampaikan gagasan pokok pertanyaan yang dibahas.
  • Selanjutnya kelompok yang satu mempresentasikan hasilnya, kemudian kelompok yang lain memberikan tanggapan.
  • Selanjutnya guru akan menguji pemahaman siswa dengan memberikan pertanyaan.
  • Pada sesi akhir, guru memberikan video pembahasan materi selanjutnya.

Kelebihan dan Kekurangan Flipped Classroom

Keuntungan dari kelas terbalik antara lain:

  • Siswa diminta belajar mandiri dari video pembelajaran yang disediakan guru.
  • Siswa dapat mengulangi video pembelajaran tersebut hingga memahami materi.
  • Siswa dapat mengakses video dimana saja selama mempunyai fasilitas yang memadai bahkan dapat menyalin video tersebut dengan cara mendownload atau menyalinnya ke dalam flash disk.
  • Cara ini dinilai lebih efisien karena siswa mempelajari materi pembelajaran yang akan dibahas di kelas di rumah sehingga ketika di kelas mereka akan fokus pada kesulitan yang mereka temukan pada materi tersebut.

Kerugian dari kelas terbalik meliputi:

  • Pelajar yang tidak mempunyai handphone, laptop atau komputer akan kesulitan dalam mengakses video karena untuk dapat mengaksesnya diperlukan fasilitas tersebut.
  • Anda memerlukan koneksi internet yang cukup baik untuk dapat mendownload dan memutar video pembelajaran.
  • Mungkin diperlukan banyak standar untuk memastikan siswa memahami materi yang tercakup dalam video.

Baca juga : Metode Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI).

Demikianlah artikel selengkapnya membahas tentang pengertian model pembelajaran flipped class, ciri-ciri, jenis-jenis, langkah-langkah, kelebihan dan kekurangan metode pembelajaran flipped-classroom. semoga bermanfaat


Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *