Masalah sosial – Apa definisi masalah sosial? Apa saja contoh masalah sosial? Apa yang menyebabkan masalah sosial? Apa saja gejala sosialnya?

Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas tentang pengertian masalah sosial menurut para ahli, ciri-cirinya, faktor penyebab, bentuk, jenis, dampak dan cara mengatasi masalah sosial secara lengkap.


Baca Juga: Pengertian Konflik Sosial

Isi

bersembunyi

1
Memahami Masalah Sosial
2
Pengertian Masalah Sosial Menurut Para Ahli
2.1
Jensen (1992)
2.2
Leslie
2.3
Soetomo
2.4
Bulmer dan Thompson
2.5
Martin S.Weinberg
2.6
Soerjono Soekanto
2.7
Richard dan Richard
2.8
Raab dan Selznick
2.9
Arnold Rose
3
Ciri atau Ciri Permasalahan Sosial
4
Kriteria Masalah Sosial
5
Faktor Penyebab Masalah Sosial
5.1
Faktor-faktor ekonomi
5.2
Faktor Budaya
5.3
Faktor Biologis
5.4
Faktor psikologi
6
Bentuk Masalah Sosial
6.1
Masalah Sosial yang Nyata
6.2
Masalah Sosial yang Laten
7
Dampak Masalah Sosial
8
Cara Mengatasi Masalah Sosial
9
Contoh Masalah Sosial

Memahami Masalah Sosial

Pengertian umum permasalahan sosial adalah kesenjangan antara kondisi yang seharusnya dengan kondisi yang ada atau kesenjangan antara harapan (hopes) dan kenyataan (reality).

Pengertian masalah sosial adalah suatu keadaan yang timbul dalam suatu masyarakat yang tidak ideal. Masalah sosial juga dapat diartikan sebagai ketidaksesuaian elemen masyarakat yang dapat membahayakan kehidupan kelompok sosial.


Permasalahan sosial merupakan suatu keadaan yang muncul karena tidak adanya atau tidak idealnya kondisi masyarakat karena adanya kebutuhan yang tidak terpenuhi.

Pengertian Masalah Sosial Menurut Para Ahli

Jensen (1992)

Pengertian permasalahan sosial adalah perbedaan antara harapan dan kenyataan atau sebagai kesenjangan antara keadaan yang ada dengan keadaan yang seharusnya.


Leslie

Masalah sosial dapat didefinisikan sebagai suatu kondisi yang mempengaruhi kehidupan sebagian besar anggota masyarakat sebagai hal yang tidak diinginkan dan oleh karena itu memerlukan tindakan untuk mengatasi atau memperbaikinya.

Soetomo

Permasalahan sosial merupakan suatu keadaan yang tidak diinginkan oleh sebagian besar masyarakat.

Bulmer dan Thompson

Masalah sosial merupakan suatu keadaan yang terjadi yang dapat mengancam nilai-nilai dalam masyarakat sehingga berdampak pada sebagian besar masyarakat.

Martin S.Weinberg

Yang dimaksud dengan masalah sosial adalah suatu keadaan yang dinyatakan sebagai suatu keadaan yang bertentangan dengan nilai-nilai yang oleh anggota masyarakat cukup penting, dimana masyarakat sepakat untuk melakukan tindakan untuk mengubah keadaan tersebut.


Soerjono Soekanto

Pengertian masalah sosial adalah ketidaksesuaian antara unsur kebudayaan atau masyarakat yang dapat membahayakan kehidupan kelompok sosial.

Richard dan Richard

Masalah sosial merupakan pola perilaku dan kondisi yang tidak diinginkan dan tidak dapat diterima oleh sebagian besar masyarakat.

Raab dan Selznick

Masalah sosial dapat diartikan sebagai permasalahan dalam hubungan sosial yang menantang masyarakat atau menimbulkan hambatan bagi kepuasan orang banyak.

Arnold Rose

Pengertian masalah sosial adalah suatu keadaan yang menimpa sebagian besar masyarakat sehingga mereka yakin bahwa keadaan tersebutlah yang menjadi penyebab kesulitan mereka. Situasi itu bisa diubah.

Ciri atau Ciri Permasalahan Sosial

Berikut ciri-ciri masalah sosial, antara lain:

  • Terjadinya permasalahan berkaitan atau menunjukkan kesadaran moral masyarakat.
  • Keresahan umum menunjukkan telah terbentuknya kesamaan persepsi terhadap ancaman masalah.
  • Timbulnya kesadaran akan permasalahan tidak dapat diatasi sendiri melainkan harus dilakukan secara bersama-sama.

Baca Juga : Pengertian Interaksi Sosial

Selain itu, ciri-ciri masalah sosial antara lain:

  • Permasalahan harus diselesaikan secara kolaboratif.
  • Menyebabkan perpecahan.
  • Dianggap tidak menyenangkan.
  • Banyak orang merasakannya.

Kriteria Masalah Sosial

Ada beberapa kriteria masalah ekonomi, antara lain:

Kriteria umum. Terdapat perbedaan nilai-nilai yang dianut oleh masyarakat sehingga satu nilai tidak bisa sama di semua masyarakat. Misalnya, mengenakan bikini di pantai merupakan hal yang lumrah di Amerika atau Eropa, namun tidak di Indonesia.

Sumber masalah sosial. Tidak hanya kondisi dan proses sosial saja, kondisi sosial juga bisa bersumber dari bencana alam. Akibat banjir tersebut, harta benda korban terbawa arus sehingga membuat korban menjadi miskin, sehingga yang jadi persoalan adalah kemiskinan, bukan banjir.

Pihak yang memutuskan permasalahan sosial. Pihak-pihak yang menentukan masalah sosial antara lain pemerintah, organisasi sosial, tokoh masyarakat.

Jenis masalah sosial. Masalah sosial ada dua jenis, termasuk masalah sosial nyata, yaitu masalah sosial yang timbul karena tindakan yang tidak sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku di masyarakat dan diyakini dapat mengatasi masalah tersebut. Sedangkan masalah sosial laten adalah jenis masalah sosial yang masyarakat sudah tidak mampu lagi mengatasi masalah tersebut, misalnya korupsi.

Perhatian publik. Hal ini penting karena tidak semua permasalahan sosial menjadi perhatian masyarakat dan tidak semua permasalahan sosial merupakan permasalahan sosial. Misalnya kecelakaan kendaraan bermotor akan menarik perhatian banyak orang namun bukan merupakan masalah sosial.

Faktor Penyebab Masalah Sosial

Apa penyebab permasalahan sosial di masyarakat? Secara garis besar ada 4 (empat) faktor yang dapat menyebabkan terjadinya permasalahan sosial di masyarakat, antara lain:

Faktor-faktor ekonomi

Contoh permasalahan sosial yang terjadi karena faktor ekonomi antara lain kemiskinan, pengangguran dan lain-lain. Biasanya pemerintahlah yang akan bertanggung jawab atas permasalahan ekonomi tersebut.

Faktor Budaya

Meningkatnya perkembangan kebudayaan di masyarakat juga akan berperan dalam timbulnya permasalahan sosial. Contoh permasalahan sosial yang diakibatkan oleh faktor budaya antara lain pernikahan dini, perceraian dan lain-lain.

Faktor Biologis

Permasalahan sosial yang disebabkan oleh faktor biologis umumnya terjadi karena kurangnya sarana dan prasarana kesehatan, perekonomian dan pendidikan masyarakat yang kurang memadai. Contoh permasalahan sosial yang diakibatkan oleh faktor biologis antara lain penyakit menular, gizi buruk dan lain-lain

Faktor psikologi

Permasalahan sosial yang terjadi di masyarakat juga bisa terjadi karena faktor psikologis masyarakat yang sangat lemah. Umumnya faktor psikologis muncul ketika beban hidup dirasa terlalu berat, banyak pekerjaan yang menyebabkan stres dan emosi meluap serta konflik antar anggota masyarakat.

Baca Juga: Memahami Gejala Sosial

Bentuk Masalah Sosial

Ada dua jenis permasalahan sosial, antara lain:

Masalah Sosial yang Nyata

Pengertian masalah sosial yang nyata (manifest social problem) adalah suatu jenis masalah sosial yang dampaknya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

Masalah Sosial yang Laten

Pengertian masalah sosial laten adalah suatu jenis masalah sosial yang dampaknya tidak dirasakan langsung oleh masyarakat. Misalnya saja korupsi.

Dampak Masalah Sosial

Berikut beberapa permasalahan sosial yang ada di masyarakat, antara lain:

  • Terjadi peningkatan tindak kriminal di masyarakat
  • Terdapat kesenjangan sosial antara masyarakat kaya dan miskin
  • Perpecahan kelompok terjadi
  • Terjadi perilaku menyimpang
  • Terjadi peningkatan angka pengangguran

Cara Mengatasi Masalah Sosial

Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan sosial di masyarakat, antara lain:

  • Meningkatkan dan pemerataan pendidikan.
  • Meningkatkan kesadaran sosial masyarakat.
  • Melaksanakan pemerataan pembangunan
  • Meningkatkan kesempatan kerja dengan menyediakan lapangan kerja.
  • Menyebarluaskan nilai dan norma sosial kepada masyarakat.
  • Memberikan sanksi sosial yang tegas terhadap pelanggar.
  • Dll.

Contoh Masalah Sosial

Berikut beberapa contoh permasalahan sosial yang terjadi di masyarakat, antara lain:

  • Kemiskinan.
  • Pengangguran.
  • Masalah sosial.
  • Perang.
  • Disorganisasi keluarga atau perpecahan keluarga.
  • Kejahatan.
  • Dan seterusnya.

Baca Juga: Memahami Realitas Sosial

Artikel ini membahas tentang pengertian masalah sosial menurut para ahli, ciri-cirinya, faktor penyebab, bentuk, jenis, dampak dan cara mengatasi masalah sosial secara lengkap. semoga bermanfaat


Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *