Memahami Lingkungan Sosial – Apa yang dimaksud dengan lingkungan sosial? Apa tujuan dari lingkungan sosial? Sebutkan faktor lingkungan sosial! Menjelaskan pengertian lingkungan sosial primer dan lingkungan sosial sekunder

Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas tentang pengertian lingkungan sosial menurut para ahli, faktor, jenis dan contoh lingkungan sosial secara lengkap.


Baca Juga: Pengertian Kecerdasan Sosial

Isi

bersembunyi

1
Memahami Lingkungan Sosial

2
Pengertian Lingkungan Sosial Menurut Para Ahli

2.1
Barnett dan Casper (2001:91)

2.2
Purba (2002: 13-14)

2.3
Purwanto

2.4
Amsyari

2.5
Stroz

3
Ciri-ciri Lingkungan Sosial

4
Tingkatan atau Fase Lingkungan Sosial

5
Faktor Lingkungan Sosial

5.1
Pengelompokan sosial

5.2
Penataan Sosial

5.3
Institusi sosial

5.4
Kebutuhan Sosial

6
Jenis Lingkungan Sosial

6.1
Lingkungan Sosial Primer

6.2
Lingkungan Sosial Sekunder

7
Contoh Lingkungan Sosial

7.1
Lingkungan keluarga

7.2
Lingkungan sekolah

7.3
Lingkungan kerja

7.4
Lingkungan Komunitas

Memahami Lingkungan Sosial

Pengertian lingkungan sosial adalah tempat dimana orang-orang saling berinteraksi dan melakukan sesuatu secara bersama-sama, baik antar individu maupun lingkungannya.

Pengertian lingkungan sosial adalah interaksi yang terjadi antara masyarakat dengan lingkungan atau lingkungan yang terdiri dari makhluk-makhluk sosial.


Dalam lingkungan sosial akan terbentuk suatu sistem sosial yang berperan besar dalam membentuk kepribadian seseorang, kemudian akan terjadi interaksi antara individu dengan lingkungannya.

Pengertian Lingkungan Sosial Menurut Para Ahli

Barnett dan Casper (2001:91)

Pengertian lingkungan sosial, konteks sosial, konteks sosiokultural, atau milieu adalah suasana fisik atau suasana sosial di mana manusia hidup, atau tempat sesuatu terjadi dan berkembang. Lingkungan sosial dapat berupa budaya atau budaya yang diajarkan atau dialami oleh seseorang atau individu atau lembaga lain yang berinteraksi dengan individu tersebut.


Purba (2002: 13-14)

Pengertian lingkungan sosial adalah suatu kawasan tempat berlangsungnya berbagai interaksi sosial antara berbagai kelompok dan lembaga dengan simbol dan nilai serta norma-norma yang telah ditetapkan yang juga berkaitan dengan lingkungan alam dan lingkungan binaan atau lingkungan buatan (penataan ruang). .

Baca Juga: Pengertian Kemalasan Sosial

Purwanto

Lingkungan sosial adalah setiap individu dan orang lain yang saling mempengaruhi dalam kehidupan sehari-hari. Dalam lingkungan ini, manusia membentuk kelompok sosial sebagai upaya untuk bertahan hidup dan mengembangkan kehidupan.

Amsyari

Yang dimaksud dengan lingkungan sosial adalah individu atau kelompok dalam masyarakat, seperti tetangga, sahabat, serta orang lain yang belum dikenal di lingkungannya atau masyarakat umum di luar lingkungannya.

Stroz

Lingkungan sosial juga diartikan sebagai segala keadaan lingkungan dalam kehidupan yang didalamnya terdapat cara-cara tertentu yang dapat mempengaruhi tingkah laku individu, termasuk pertumbuhan dan perkembangan proses kehidupan, dan dapat diartikan sebagai persiapan lingkungan hidup bagi generasi penerus.


Ciri-ciri Lingkungan Sosial

Berikut ciri-ciri atau ciri-ciri lingkungan sosial, antara lain:

  • Melibatkan berbagai pihak dengan peran dan tanggung jawabnya masing-masing.
  • Masyarakat bisa menikmati hasilnya sehingga kesejahteraannya bisa meningkat.
  • Masyarakat mengembangkan hak dan modal sosial dalam memanfaatkan sumber daya dan mengelolanya.

Tingkatan atau Fase Lingkungan Sosial

Pembentukan lingkungan sosial individu pertama kali dilakukan dalam lingkungan keluarga. Dalam lingkungan keluarga, individu diajarkan cara, sikap dan sifat berinteraksi dengan orang lain baik di dalam maupun di luar keluarga.

Baca Juga: Pengertian Kemalasan Sosial

Selanjutnya lingkungan sosial individu akan berlanjut ke lingkungan sekolah. Sosialisasi pembelajaran dari keluarga akan diperluas ke lingkungan sekolah. Lingkungan sosial sekolah tertinggi ada di perkuliahan.

Setelah lingkungan sosial sekolah, seseorang akan memasuki lingkungan kerja. Dalam lingkungan pekerjaan sosial, individu mulai mandiri dan memberikan apresiasi serta pengetahuan di bidang sesuai kemampuannya.

Jika seseorang sudah siap dan cukup dewasa maka ia akan bertemu dengan lingkungan masyarakat. Di lingkungan masyarakat, individu akan lebih memahami sikap, ciri-ciri dan konflik-konflik dalam masyarakat yang ditemuinya ketika berada di lingkungan keluarga dan sekolah.

Faktor Lingkungan Sosial

Berikut beberapa faktor atau komponen lingkungan sosial, antara lain:

Pengelompokan sosial

Pengertian pengelompokan sosial adalah bersatunya berbagai individu dalam suatu aliansi sosial berdasarkan hubungan kekerabatan seperti keluarga marga dan sebagainya.

Penataan Sosial

Penataan sosial penting dilakukan untuk mengatur masyarakat agar hidup tertib. Penataan sosial tersebut dapat berupa aturan-aturan yang dijadikan pedoman dalam menjalin kerjasama dan interaksi setiap anggota masyarakat, dimana setiap orang harus mempunyai kedudukan yang jelas agar lebih jelas memahami kepentingan masing-masing.

Institusi sosial

Tidak sedikit lembaga-lembaga sosial yang dikembangkan berdasarkan kepentingan penguasaan lingkungan perumahan yang sangat penting bagi kehidupan masyarakat terkait. Banyak peraturan yang diterapkan untuk mengecualikan orang yang bukan anggota kesatuan sosial.

Kebutuhan Sosial

Lingkungan sosial dapat terbentuk akibat adanya keinginan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Meskipun diketahui tidak semua kebutuhan individu dapat terpenuhi, termasuk kebutuhan sosial.

Baca Juga: Memahami Realitas Sosial

Jenis Lingkungan Sosial

Berdasarkan pendapat Ahmadi (2003:201), terdapat 2 macam lingkungan sosial, antara lain:

Lingkungan Sosial Primer

Pengertian lingkungan sosial primer adalah suatu jenis lingkungan sosial yang di dalamnya terdapat hubungan erat antar anggotanya dimana para anggotanya saling mengenal dengan baik.

Lingkungan Sosial Sekunder

Yang dimaksud dengan lingkungan sosial sekunder adalah suatu jenis lingkungan sosial yang hubungan antar anggotanya agak longgar dan hanya berorientasi pada kepentingan formal dan kegiatan/kegiatan khusus.

Contoh Lingkungan Sosial

Contoh lingkungan sosial antara lain:

Lingkungan keluarga

Lingkungan sosial pertama seorang individu terbentuk dalam lingkungan keluarga. Dalam lingkungan ini individu diajarkan tentang cara, sikap dan sifat dalam berinteraksi dengan orang lain.

Lingkungan sekolah

Selanjutnya lingkungan sosial seseorang akan berlanjut ke lingkungan sekolah, kemudian ia dapat mengembangkan cara-cara bersosialisasi yang telah diajarkan di lingkungan keluarga. Lingkungan sosial sekolah ini mencapai tingkat sekolah tertinggi yaitu perkuliahan.

Lingkungan kerja

Setelah itu seseorang akan memasuki lingkungan kerja, disini ia mulai belajar mandiri dan mengapresiasi ilmunya pada bidang yang sesuai dengan keahliannya. Lingkungan kerja merupakan lingkungan sosial yang akan mendekatkan individu dengan lingkungan sosial yang jangkauannya seluas-luasnya.

Lingkungan Komunitas

Mulai dari lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan juga lingkungan kerja, maka individu yang cukup siap dan matang akan bertemu dengan lingkungan masyarakat. Dimana dalam lingkungan sosial masyarakat, seorang individu akan memahami konflik; sifat dan sikap dalam masyarakat yang tidak terdapat pada lingkungan sosial lainnya.

Baca Juga: Pengertian Modal Sosial

Demikianlah artikel yang membahas tentang pengertian lingkungan sosial menurut para ahli, faktor, jenis dan contoh lingkungan sosial secara lengkap. semoga bermanfaat


Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *