Fungsi Laring (Kotak Suara) – Apa yang dimaksud dengan laring? Bagaimana fungsi laring? Apa fungsi laring dan faring? Apa itu faring laring dan trakea?

Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas tentang pengertian laring, fungsi, struktur, kelainan dan penyakit pada laring (kotak suara) secara lengkap.


Baca juga: Mekanisme Pernapasan pada Manusia

Isi

bersembunyi

1
Definisi Laring

2
Fungsi Laring

2.1
Menghasilkan Nada Suara

2.2
Mengarahkan Makanan ke Kerongkongan

2.3
Melindungi Saluran Pernapasan dari Makanan

3
Struktur dan Bagian Laring

3.1
Jaringan epitel

3.2
Jaringan ikat

3.3
Tulang Rawan (Tulang Rawan)

3.4
Jaringan otot

3.5
jakun

3.6
Katup nafas

4
Gangguan dan Penyakit Laring

4.1
Radang tenggorokan

4.2
Kanker Laring

Definisi Laring

Laring merupakan organ di leher yang melindungi trakea dan organ yang terlibat dalam proses produksi suara. Laring juga disebut kotak suara. Letak laring berada sebelum esofagus (trakea).

Laring merupakan organ yang berperan dalam sistem pernapasan manusia. Fungsi laring pada sistem pernapasan adalah melindungi organ-organ setelahnya dan mengatur masuknya udara ke dalam trakea. Trakea menempel pada kerongkongan sehingga laring juga berperan dalam menjaga sistem pencernaan.


Fungsi Laring

Fungsi laring atau kotak suara antara lain:

Menghasilkan Nada Suara

Tulang laring yang melebar akan membentuk pita suara yang terdiri dari ligamen atau otot rangka. Bunyi yang keluar bergantung pada pembukaan laring. Getaran otot dan ligamen terbentuk akibat gesekan dengan udara. Oleh karena itu, fungsi laring adalah mengatur nada suara.


Mengarahkan Makanan ke Kerongkongan

Saat makan, epiglotis membuka kerongkongan yang mengarahkan makanan dan air ke saluran pencernaan. Saat Anda makan sambil berbicara, makanan atau air akan masuk ke saluran pernafasan dan hal ini akan menyebabkan batuk atau bersin.

Melindungi Saluran Pernapasan dari Makanan

Laring terletak sebelum trakea. Fungsi epiglotis yang terletak di dasar laring adalah untuk melindungi makanan dan air agar tidak masuk ke saluran pernapasan. Secara otomatis, epiglotis akan menutup trakea sehingga saluran pernafasan tetap aman saat makan.

Struktur dan Bagian Laring

Struktur dan bagian-bagian laring atau kotak suara antara lain:

Jaringan epitel

Ada sejumlah jaringan epitel yang membentuk laring, namun sebagian besar terdiri dari epitel silindris dan bersilia. Sedangkan epiglotis tersusun atas epitel datar.


Baca Juga: Sistem Pernafasan Manusia

Jaringan ikat

Jenis jaringan ikat berikut yang menyusun laring, antara lain:

Lamina Propria

Lamina proparia merupakan bagian membran basal pada lapisan epitel yang berfungsi sebagai penghubung antara lapisan epidermis dengan jaringan lain. Di dalam lamina propria terdapat tulang rawan laring yang akan mengalami kalsifikasi seiring bertambahnya usia.

Ligamen

Ligamen adalah kelompok jaringan ikat padat yang menghubungkan otot ke tulang. Ligamen membentuk pita suara yang menghasilkan nada suara.

Tulang Rawan (Tulang Rawan)

Jenis tulang rawan yang umumnya menyusun laring adalah tulang rawan hialin. Fungsi tulang rawan adalah memberikan dukungan struktural dan fungsional pada laring. Tulang rawan yang menyusun laring meliputi:

  • Tulang rawan besar yang tidak berpasangan, termasuk krikoid; tiroid; katup nafas
  • Tulang rawan kecil berpasangan, termasuk arytenoid; kornikulat; runcing.

Jaringan otot

Bersama dengan ligamen, otot membentuk pita suara. Jenis otot penyusun laring adalah otot rangka atau otot lurik. Gesekan antara pita suara dengan otot dan ligamen dengan udara yang masuk menghasilkan getaran hingga menghasilkan suara.

jakun

Jakun adalah kelenjar tiroid yang tampak menonjol di leher pria. Sebenarnya perempuan juga ada yang punya jakin, namun tidak sebanyak laki-laki. Letak jakun berada pada tulang rawan tiroid yang merupakan tempat bertemunya dua tulang rawan hialin.

Katup nafas

Epiglotis adalah lapisan tulang rawan yang terletak di bagian belakang lidah dan di depan laring. Biasanya epiglotis mempunyai konformasi menghadap ke atas sehingga udara dapat masuk ke saluran pernafasan selanjutnya. Saat terjadi menelan makanan, epiglotis akan menghadap ke bawah untuk menutup saluran pernapasan dan membawa makanan ke kerongkongan.

Gangguan dan Penyakit Laring

Berikut beberapa kelainan dan penyakit yang dapat terjadi pada laring atau kotak suara, antara lain:

Radang tenggorokan

Laringitis merupakan penyakit yang terjadi akibat adanya peradangan pada laring (kotak suara). Penyebab radang tenggorokan antara lain penggunaan laring yang berlebihan, infeksi atau iritasi.

Kanker Laring

Kanker laring merupakan suatu kondisi munculnya tumor ganas pada saluran pernafasan yaitu tempat letak pita suara yang terletak setelah tenggorokan dan sebelum trakea.

Baca Juga: Fungsi Bronkiolus

Demikian artikel lengkap membahas tentang pengertian laring, fungsi, struktur, kelainan dan penyakit pada laring (kotak suara). semoga bermanfaat


Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *