Struktur Anatomi Kloroplas – Apa itu kloroplas? Apa ciri-ciri kloroplas? Apa fungsi kloroplas? Di manakah letak kloroplas? Bagaimana struktur anatomi kloroplas?

Agar lebih memahaminya kali ini kita akan membahas materi kloroplas mulai dari pengertian kloroplas, ciri-ciri, letak, fungsi, struktur anatomi dan gambaran lengkap tentang kloroplas.


Baca Juga: Struktur Organ pada Tumbuhan

Isi

bersembunyi

1
Memahami Kloroplas

2
Karakteristik Kloroplas

3
Fungsi Kloroplas

4
Struktur Bagian Kloroplas

4.1
Membran luar

4.2
Ruang antar-membran

4.3
Membran Dalam

4.3.1
Stroma

4.3.2
Tilakoid

4.3.3
Granum

4.3.4
DNA plastida

4.3.5
Ribosom

4.3.6
Plastoglobula

4.3.7
Pati

5
Bagaimana Kloroplas Bekerja

Memahami Kloroplas

Kloroplas merupakan bagian dari plastida (organel sel yang hanya terdapat pada tumbuhan dan alga) yang mengandung zat hijau daun atau klorofil.

Di dalam kloroplas terjadi reaksi gelap dan reaksi terang fotosintesis tumbuhan. Dengan kata lain, kloroplas berfungsi sebagai tempat fotosintesis tumbuhan untuk menghasilkan makanan dan energi.


Bentuk kloroplas seperti lensa atau butiran dan berbentuk pipih serta dapat dilihat melalui mikroskop dengan perbesaran paling kuat. Secara umum kloroplas berbentuk cakram dengan diameter 2 mm x 5 mm dan tersusun dalam satu lapisan dan sitoplasma.

Kloroplas terdapat hampir di seluruh bagian tumbuhan, namun tidak umum ditemukan di semua sel. Jika ada, maka setiap sel bisa memiliki satu atau bahkan banyak plastida. Perhatikan gambar kloroplas berikut:


Karakteristik Kloroplas

Berikut ciri-ciri kloroplas, antara lain:

  • Diameternya sekitar 5-10mm
  • Bentuk kloroplas bulat atau lonjong berukuran sekitar 4µm-6µm.
  • Setiap kloroplas mengandung 20-40 kloroplas per ml2. Jika jumlah kloroplas tidak mencukupi maka kloroplas dapat membelah dan jika jumlahnya berlebihan maka sebagian kloroplas akan rusak.
  • Didistribusikan dalam cairan sitoplasma
  • Ia mempunyai membran ganda yaitu membran luar dan membran dalam.

Fungsi Kloroplas

Fungsi kloroplas pada tumbuhan antara lain:

Sebagai Tempat Fotosintesis

Fungsi utama kloroplas adalah sebagai tempat fotosintesis. Tujuan tumbuhan melakukan fotosintesis adalah membuat makanannya sendiri. Reaksi fotosintesis terjadi pada membran internal organel. Reaksi kimia fotosintesis adalah:


Baca Juga : Pengertian Daun

12H2O + 6CO2 + sinar matahari —-> C6H12O6 (glukosa) + 6O2 + 6H2O

Sebagai Organel Penghasil Energi

Selain itu, kloroplas juga berfungsi menghasilkan energi bagi tumbuhan. Kloroplas mengubah sinar matahari, H2O dan CO2 menjadi makanan dan energi.

Struktur Bagian Kloroplas

Berikut struktur anatomi kloroplas, antara lain:

Membran luar

Membran luar kloroplas merupakan membran yang sangat permeabel, artinya dapat melewati semua zat baik cair maupun padat. Fungsi membran luar adalah mengatur keluar masuknya suatu zat baik cair maupun padat.

Ruang antar-membran

Ruang antar membran merupakan batas atau pemisah antara membran dalam dan membran luar kloroplas. Fungsi ruang antar membran adalah untuk memisahkan membran luar dan membran dalam. Ketebalan ruang antar membran sekitar 10 cm.

Membran Dalam

Fungsi membran pada kloroplas adalah sebagai pembatas atau pemisah antara stroma dan sitosol.

Stroma

Stroma adalah bagian membran dalam yang membungkus cairan kloroplas. Fungsi stroma adalah sebagai tempat terjadinya reaksi gelap fotosintesis berupa pati.

Tilakoid

Tilakoid merupakan bagian membran pada kloroplas yang berfungsi sebagai tempat terjadinya reaksi terang dan berperan dalam menangkap sinar matahari untuk proses fotosintesis.

Granum

Granum adalah kumpulan tilakoid bertumpuk mirip koin. Fungsi granum adalah sebagai tempat berlangsungnya reaksi terang fotosintesis.

DNA plastida

DNA plastida adalah gen yang membawa sifat-sifat pada plastida tumbuhan. Fungsi DNA plastida adalah untuk replikasi kloroplas dan pembelahan sel kloroplas.

Ribosom

Ribosom merupakan bagian membran dalam yang berfungsi sebagai tempat sintesis protein.

Baca Juga : Pengertian Stomata

Plastoglobula

Plastoglobula adalah senyawa kimia yang ditemukan dalam kloroplas tumbuhan. Senyawa plastoglobule terdiri dari lipid yang berbentuk globula.

Pati

Pati atau pati merupakan hasil fotosintesis tumbuhan. Tumbuhan melakukan fotosintesis dan kemudian hasil fotosintesisnya disimpan dalam bentuk pati atau pati.

Bagaimana Kloroplas Bekerja

Kloroplas merupakan tempat fotosintesis atau tempat berlangsungnya proses fotosintesis. Pada kloroplas terdapat banyak membran bagian dalam yang bertumpuk sehingga membuat proses fotosintesis menjadi lebih efisien. Fotosintesis bertujuan untuk menghasilkan nutrisi melalui penggunaan energi cahaya. Asimilasi karbon dapat terjadi karena dalam fotosintesis karbon bebas dari ikatan dengan CO2 menjadi gula untuk molekul penyimpan energi.

Demikianlah artikel yang membahas tentang Pengertian Kloroplas, Ciri-cirinya, Letaknya, Fungsinya, Struktur Anatominya dan Gambaran Lengkap Tentang Kloroplas. semoga bermanfaat


Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *