Fungsi Diafragma – Apa yang dimaksud dengan diafragma? Bagaimana pernapasan diafragma dilakukan? Apa fungsi diafragma bagi tubuh kita? Apa itu pernapasan perut? Apa fungsi rongga dada? Apa fungsi paru kiri? Apa yang dimaksud dengan pernapasan dada, perut, dan diafragma? Apa yang dimaksud dengan teknik pernapasan diafragma?

Baca juga: Mekanisme Pernapasan pada Manusia

Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas pengertian diafragma secara lengkap, fungsinya, strukturnya dan cara kerja diafragma pada pernapasan manusia.


Isi

bersembunyi

1
Definisi Diafragma

2
Fungsi Diafragma

3
Struktur Diafragma

4
Cara Kerja Diafragma

5
Cara Melatih Pernapasan Diafragma

Definisi Diafragma

Pengertian Diafragma atau Diafragma Toraks adalah suatu otot yang terletak pada dasar kerangka bagian dalam antara rongga dada dan rongga perut. Diafragma berperan dalam proses pernapasan manusia, ketika diafragma berkontraksi maka volume rongga dada bertambah dan udara masuk ke paru-paru. Sedangkan saat diafragma berelaksasi, volume paru mengecil dan udara keluar dari paru.

Diafragma merupakan organ yang letaknya diantara rongga dada dan rongga perut dan fungsi diafragma adalah membantu sistem pernafasan manusia.


Diafragma merupakan otot penting yang memisahkan rongga dada yang berisi organ-organ penting dan rongga perut. Umumnya banyak orang yang hanya mengenal diafragma toraks (diafragma dada) namun di dalam tubuh sebenarnya terdapat jenis diafragma lain seperti diafragma urogenital, diafragma panggul, dan diafragma mata.

Fungsi Diafragma

Fungsi diafragma yang paling penting adalah sebagai bagian dari proses pernapasan. Diafragma mengatur udara yang masuk dan keluar tubuh melalui kontraksi dan relaksasi. Selain itu, fungsi diafragma lainnya adalah:


  • Fungsi non pernafasan, seperti membantu mengeluarkan muntahan, feses, urin dan aktivitas lain yang memerlukan peningkatan tekanan di rongga perut.
  • Diafragma dapat mencegah cairan asam dari lambung mengalir ke kerongkongan dan tenggorokan.
  • Kontraksi diafragma yang tiba-tiba dapat menyebabkan apa yang sering disebut dengan cegukan. Cegukan merupakan akibat tertutupnya pita suara akibat banyaknya udara yang masuk ke paru-paru. Cegukan tidak berbahaya bagi tubuh dan hanya bersifat sementara.

Baca Juga: Sistem Pernafasan Manusia

Struktur Diafragma

Diafragma merupakan penghalang otot berserat yang berbentuk seperti kubah. Permukaan atas diafragma berbentuk cembung di rongga dada dan berbentuk cekung di permukaan bawah rongga perut. Karena terdiri dari jaringan otot, diafragma dapat berkontraksi dan berelaksasi. Diafragma tersusun atas otot lurik atau otot rangka sehingga pergerakannya dapat dilakukan secara sadar (volunter). Saraf yang mengatur pergerakan diafragma adalah saraf frenikus.

Diafragma memiliki beberapa lubang yang berfungsi sebagai tempat lewatnya organ-organ penting dari dada hingga perut. Tiga lubang utama pada diafragma antara lain:

  • Lubang Aorta, yaitu lubang pada diafragma yang dilalui Aorta.
  • Lubang Esofagus, yaitu lubang pada diafragma yang dilalui esofagus.
  • Lubang caval, yaitu lubang pada diafragma yang dilalui oleh vena cava inferior.

Cara Kerja Diafragma

Selama proses menghirup atau menghirup, diafragma akan berkontraksi dan bergerak ke bawah. Setelah itu paru-paru akan mengembang sesuai volume udara yang masuk. Kontraksi diafragma membuat rongga dada menjadi lebih lebar sehingga proses inhalasi dapat berjalan lancar. Perluasan rongga dada menimbulkan tekanan negatif yang akan memperkuat daya isap udara ke paru-paru.

Setelah proses pertukaran oksigen dengan karbon dioksida (CO2) oleh sistem peredaran darah tubuh selesai, maka diafragma akan berelaksasi sehingga rongga dada akan menyempit, dengan elastisitasnya paru-paru akan mengempis dan udara akan dikeluarkan dari dalam tubuh. Pengusiran udara dibantu oleh otot-otot di sekitar rongga dada.


Cara Melatih Pernapasan Diafragma

Berikut cara melatih pernapasan diafragma:

  • Pertama, duduk santai sambil bersandar.
  • Lalu, letakkan satu tangan di perut dan tangan lainnya di dada.
  • Selanjutnya, tarik napas melalui hidung selama dua detik, rasakan udara bergerak mengisi perut.
  • Setelah itu, hembuskan napas selama dua detik melalui bibir yang sedikit terbuka sambil merasakan perut berkontraksi.

Baca Juga : Fungsi Alveolus

Demikianlah artikel yang membahas tentang pengertian diafragma secara lengkap, fungsi, struktur dan cara kerja diafragma pada pernafasan manusia. semoga bermanfaat


Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *