Negara dengan mata uang terendah di dunia ini kerap menjadi topik pembicaraan yang menarik. Bagaimana tidak, nilai tukar mata uang yang rendah seperti ini pasti akan berdampak pada banyak hal, termasuk kondisi perekonomian suatu negara.

Pada dasarnya dolar AS masih menjadi acuan umum yang digunakan untuk melihat nilai tukar mata uang suatu negara. Nilai tukar ini ditentukan oleh banyak hal, termasuk besarnya permintaan dan penawaran mata uang itu sendiri.

Semakin besar permintaan terhadap suatu mata uang tertentu, maka semakin besar kemungkinan nilai mata uang tersebut akan meningkat. Namun hal sebaliknya juga terjadi ketika permintaan terhadap suatu mata uang rendah dan hanya sedikit orang yang menggunakannya.

Inilah daftar negara dengan mata uang terendah di seluruh dunia

Kami telah memberi tahu Anda bahwa setiap negara akan memiliki mata uangnya sendiri. Jadi di negara tersebut kamu akan mempunyai nilai tukar yang sebenarnya berbeda dengan negara lain lho. Nah, kalian juga akan menggunakan beberapa hal yang berbeda juga.

Tidak mungkin suatu negara mempunyai nilai tukar yang sama dengan negara lain. Pasalnya, nilai tukar yang ada kemudian menunjukkan nilai mata uang tersebut. Apakah Anda termasuk dalam kelompok nilai mata uang terendah atau tertinggi?

Di dunia biasanya kita menggunakan perbandingan dengan dolar Amerika Serikat (AS) atau dengan pound/pound sterling untuk dapat menunjukkan apakah nilai mata uang suatu negara tinggi atau rendah. Dengan cara ini nantinya Anda bisa mengetahui atau melihat mata uang mana yang mempunyai nilai tinggi dan rendah.

Jadi nilai mata uang juga dapat memberikan kode atau memberikan informasi mengenai keadaan perekonomian di negara tersebut. Sehingga nantinya bisa digunakan untuk melihat keadaan perekonomian negara tersebut.

Mungkin ada yang bertanya-tanya apa penyebab turunnya nilai tukar mata uang ini? Untuk jawabannya, memang ada beberapa faktor yang mendukung penurunan nilai tukar mata uang. Namun yang belakangan menjadi penyebab terpuruknya mata uang ini adalah pandemi Covid-19.

Memang benar pandemi Covid-19 membawa dampak yang besar dan dampaknya bertahan lama. Untuk itu sebaiknya anda memperhatikan pembahasan berikut ini. Kami akan menyebutkan beberapa negara dengan nilai tukar rendah, oke? Yuk simak pembahasan selengkapnya di bawah ini.

Baca juga: Sejarah Mata Uang Pertama di Indonesia Dari Masa ke Masa

1. Mata Uang Rial dari Iran

negara dengan mata uang terendah

Menggunakan kode mata uang IRR, Rial Iran menempati posisi pertama sebagai mata uang terendah di dunia. Nilai tukar 1 USD setara dengan 42,025 IRR (Dolar AS ke Rial Iran – Nilai tukar resmi). Konflik militer antara Iran dan AS menjadi penyebab utama jatuhnya nilai tukar IRR terhadap USD. Selain itu, ada juga pembatasan transaksi mata uang asing di dalam negeri.

Devaluasi dimulai pada tahun 1979 setelah Revolusi Islam, ketika banyak perusahaan meninggalkan negara tersebut karena ketidakamanan. Kemudian terjadilah perang Iran-Irak dan sanksi ekonomi yang keras dari beberapa negara di dunia karena kehadiran gas nuklir.

Perekonomian Iran masih berada dalam situasi yang sulit. Misalnya, Iran menghadapi inflasi yang tinggi pada tahun 2020. Mata uangnya terdevaluasi hingga 600%. Akibatnya, pemerintah Iran memutuskan untuk mengubah rial menjadi toman dan mengurangi empat angka nol dari nilai nominalnya. Artinya 10.000 rial lama diubah menjadi 1 toman.

2. Mata uang Rupiah dari Indonesia

Mata uang Rupiah Indonesia

Selanjutnya mata uang yang bernama Rupiah ini berasal dari Indonesia. Dimana nilai rupiah masih masuk dalam kategori mata uang rendah lho. Meski nilai mata uang di negara Asia Tenggara ini cukup tinggi, namun mata uang Indonesia masih tergolong rendah.

Kalau menukar mata uang Amerika atau dolar Amerika ke Rupiah, 1 USD sama dengan Rp 14.380 lho. Masih relatif jauh dari dolar AS atau Amerika. Dengan begini nantinya Anda bisa mengetahui apakah nilai mata uang Indonesia masih sangat rendah.

3. Mata uang Dong dari Vietnam

Mata uang Dong dari Vietnam

Di peringkat berikutnya, mata uang terendah di dunia adalah dong Vietnam dengan kode mata uang VND. Nilai tukar 1 USD sama dengan 22.689 VND (Dolar AS ke Dong Vietnam).

Sektor perekonomian negara masih bergantung pada pertanian. Selain itu, pemerintah Vietnam sedang mencoba mengalihkan sentralisasi ekonominya ke ekonomi pasar. Karena kondisi tersebut, dong Vietnam menjadi salah satu mata uang dengan harga terendah di dunia.

4. Mata Uang Leone dari Negara Sierra Leone

mata uang leone negara sierra leone

Yang berikutnya adalah mata uang yang disebut Leone. Leone adalah mata uang yang berasal dari negara Sierra Leone. Mata uang ini memiliki kode SLL dan merupakan salah satu mata uang dengan nilai terendah di seluruh dunia lho.

Nilai mata uang Sierra Leone mengalami penurunan akibat konflik bersenjata di negara tersebut dan juga terdapat kasus penyakit Ebola. Untuk nilai mata uang ini dibandingkan dengan dolar AS, USD 1 sama dengan nilai SLL sebesar 11.356.

Kalau Rupiah atau mata uang ke Sierra Leone, 1 IDR sama dengan 0,79 SLL ya? Pernahkah Anda melihat perbandingan nilai mata uang Sierra Leone?

Baca juga: Cara Transfer Pulsa Telkomsel Mudah Terbaru 2023

5. Mata uang Franc dari Guinea

Mata uang franc negara Guinea

Mata uang Guinea, franc (GNF), terus merosot nilainya akibat tingkat inflasi yang sangat tinggi, kemiskinan yang semakin merajalela, dan semakin makmurnya gangster di negara tersebut.

Franc adalah salah satu mata uang terendah di dunia saat ini. Hal ini cukup memilukan, pasalnya potensi perekonomian negara Guinea sangat besar, apalagi jika mengingat kekayaan alamnya seperti emas, berlian, dan alumunium. Diketahui bahwa 1 USD sama dengan 9.078 GNF (dolar AS terhadap franc Guinea).

6. Mata uang Kip dari Laos

Mata uang Kip Laos

Seperti diketahui, mata uang yang mengalami pelemahan sejak diterbitkan adalah Kip yang berasal dari Laos. Jadi mata uang ini bisa digunakan dengan kode LAK. Kip ini masih menjadi salah satu mata uang terendah di dunia.

Namun jangan berpikir bahwa mata uang Laos tidak pernah naik. Bahkan mata uang yang berasal dari Laos ini namanya kip lho, bisa mengalahkan USD. Namun kini jika Kip dibandingkan dengan USD, 1 USD setara dengan nilai 11,348 LAK.

7. Jumlah Mata Uang Uzbekistan

Jumlah mata uang negara Uzbekistan

Nah kali ini kami akan langsung memberikan pembahasan mengenai nilai mata uang yang lebih rendah. Nilai mata uang yang termasuk dalam urutan nilai mata uang terendah ini adalah Jumlah. Sum adalah mata uang yang berasal dari negara Uzbekistan.

Seperti yang telah disampaikan di atas, nilai mata uang terendah dan tertinggi dapat dilihat dengan membandingkannya dengan dolar AS. Jadi, nilai mata uang Sum dibandingkan dengan 1 USD sama dengan 10,850 UZS. Nah ini perbandingan USD vs UZS, kalian sudah pernah melihatnya kan?

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *