Keajaiban Nabi Adam – Nabi Adam merupakan manusia pertama yang diciptakan Allah SWT menurut keyakinan agama Islam. Kisah Nabi Adam tercatat dalam Al-Quran dan Hadits sebagai nabi pertama yang diberi tugas oleh Allah SWT untuk memimpin manusia dan mengajarkan kebaikan.

Menurut Alquran, Nabi Adam diciptakan dari bumi oleh Allah SWT. Allah SWT meniupkan ruh-Nya ke dalam tubuh Nabi Adam sehingga Nabi Adam menjadi makhluk hidup.

Setelah itu Allah SWT menempatkan Nabi Adam di surga dan memberikan kebebasan kepada Nabi Adam untuk menikmati segala isinya kecuali satu pohon buah Quldi.

Namun setan menggoda Nabi Adam dan Siti Hawa untuk memakan buah dari pohon tersebut. Nabi Adam dan Hawa yang tergoda akhirnya memakan buah dari pohon tersebut dan diusir dari surga oleh Allah SWT. Sehingga sampai saat ini keturunan Nabi Adam masih hidup di dunia.

Mukjizat Nabi Adam AS yang sangat populer dikalangan manusia

Mukjizat Nabi Adam AS yang sangat populer dikalangan manusia

Jangan disangka Nabi Adam manusia pertama yang diciptakan Allah SWT tidak memiliki mukjizat, justru beliau Nabi Adam AS diberikan mukjizat yang sedikit berbeda dengan nabi-nabi lainnya.

Karena setiap nabi dan rasul diberikan mukjizat oleh Allah SWT untuk menunjukkan kekuasaan Allah SWT yang telah memberikan kehidupan dan bekal untuk berdakwah.

Adapun beberapa mukjizat Nabi Adam AS yang perlu Anda ketahui adalah sebagai berikut:

Penciptaan Dari Bumi

Mukjizat Nabi Adam yang pertama adalah Allah SWT menciptakannya dari bumi. Ini merupakan keajaiban yang luar biasa karena manusia lain diciptakan dari keturunan manusia sebelumnya. Penciptaan Nabi Adam dari bumi menunjukkan kekuasaan Allah SWT yang tiada tara.

Hanya Nabi Adam yang memiliki mukjizat ini, bukan nabi lainnya, karena Nabi Adam adalah manusia sekaligus nabi dan khalifah di muka bumi.

Setelah itu, penciptaan manusia bukan lagi dari tanah, melainkan tetap dari tanah[i]dari hakikat tanah yang dititipkan kepada ayah dan ibu manusia yaitu Adam As dan Siti Hawa hingga saat ini.[idarisaripatitanahyangdititipkankepadabapakdanibumanusiayakniAdamAsdanSitiHawahinggasampaisaatini[idarisaripatitanahyangdititipkankepadabapakdanibumanusiayakniAdamAsdanSitiHawahinggasampaisaatini

Kisah keajaiban ini Allah SWT sampaikan dalam Al-Qur’an Ali Imran ayat 59, Allah SWT berfirman:

ْ تُرَابٍ ثُمَّ قَالَ لَهٗ كُنْ فَيَكُوْنُ

Itu berarti :

Sesungguhnya perumpamaan (penciptaan) Yesus untuk Allah itu seperti (penciptaan) Adam. Dia menciptakannya dari bumi, lalu Dia berfirman kepadanya, “Jadilah!” Jadi begitulah adanya.

Pengetahuan tentang Nama-nama Makhluk

Pengetahuan tentang Nama-nama Makhluk

Mukjizat Nabi Adam yang kedua adalah saat itu Allah SWT memberikan ilmu nama-nama makhluk kepada Nabi Adam. Setelah Nabi Adam memahami segala sesuatu yang diajarkan Allah kepadanya.

Kemudian Allah SWT memanggil para malaikat untuk beradu kepandaiannya memahami benda-benda di surga dengan Nabi Adam, alhasil para malaikat tersesat dan tidak mengetahui sedikitpun kecuali diberitahukan oleh Allah SWT.

Kisah diatas, Allah SWT abadikan dalam Al-Qur’an, Surat Al-Baqoroh ayat: 31, bahwa Allah SWT berfirman:

وَعَلَّمَ اٰدَمَ الْاَسْمَاۤءَ كُلَّهَا ثُمَّ عَرَضَهُمْ عَلَى ال ْمَلٰۤىِٕ Layanan Pelanggan dan Layanan Pelanggan صٰدِقِيْنَ

Itu berarti :

Dan Dia mengajari Adam nama-nama (benda) semuanya, lalu Dia menunjukkannya kepada para malaikat sambil bersabda, “Katakan padaku nama semua (benda) ini, jika kamu benar!”

Mengenal dan mengenal Allah SWT

Mukjizat Nabi Adam yang ketiga adalah diberi ilmu tentang Allah SWT dan dianggap sebagai manusia pertama yang mengetahui dan mengenal Allah SWT secara langsung.

Padahal isyarat untuk tembus kepada Allah SWT meski sudah diturunkan ke bumi masih aktif, bahkan mendekatkan diri kepada Allah seperti yang dirasakan Nabi Adam.

Maka dengan mukjizat tersebut Nabi Adam mampu mengajarkan kebaikan dan ajaran keselamatan kepada umat setelahnya.

Sukses dalam Ibadah

Mukjizat Nabi Adam yang keempat ini berkaitan dengan ibadah yang dijalaninya. Meski manusia lain punya kecenderungan berbuat salah dan berbuat dosa, Nabi Adam setelah merasa bersalah karena berbuat kesalahan besar, malah diusir dari surga.

Nabi Adam mampu menjalankan ibadahnya dengan benar dan tidak melakukan kesalahan sedikitpun dalam beribadah, berbeda dengan manusia biasa yang tempatnya pada kesalahan dan dosa.

Penyembuhan Dari Penyakit

Keajaiban Nabi Adam selanjutnya adalah menurut sebagian ulama, Nabi Adam mempunyai kemampuan menyembuhkan penyakitnya sendiri dan juga bisa memberikan kesembuhan bagi penyakit orang lain.

Hal ini menunjukkan kekuasaan Allah SWT dan keistimewaan Nabi Adam sebagai nabi pertama. Dimana pada saat itu belum ada tabib, pengobatan alternatif, dokter dan lain sebagainya.

Penutupan

Demikian penjelasan mengenai rangkuman mukjizat Nabi Adam As yang dimuat dalam artikel ayovaksindinkeskdi.id.

Semoga bermanfaat dan menjadi perantara untuk menambah wawasan dan keimanan kepada para nabi dan rasul.

Wallahu A’lam….

Baca juga:

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *