asuransi perjalanan asuransi mobil terbaik asuransi mobil asuransi bni pendidikan asuransi kesehatan keluarga asuransi kesehatan kumpulan asuransi kesehatan nasional asuransi kesehatan pemerintah asuransi kesehatan untuk keluarga asuransi online asuransi pendidikan anak terbaik asuransi pendidikan bringin life investasi asuransi terbaik lembaga pendidikan asuransi indonesia makalah asuransi pendidikan

Model Pembelajaran Sesuai Karakteristik Siswa Milenial

Posted on

infogtk.id – Guru abad ke-21 seharusnya memiliki sejumlah karakteristik yang pas dan ideal untuk mendidik siswa milenial. Sudah seharusnya pula Model Pembelajaran Sesuai Karakteristik Siswa Milenial. Tugas mendidik dan mengajar pada abad ke-21 memiliki tantangan tersendiri. Sebab itu, guru perlu memahami contoh figur pelajaran yang cocok dan layak serta pantas dengan keperluan kemajuan zaman.

Anak sekolah di era  milenial mempunyai karakteristik benar-benar aware teknologi, berwawasan global, nyata, bebas, serta progresif, percaya diri, dan berorientasi regu/tim.

Guru abad ke-21 seharusnya memiliki sejumlah karakteristik yang pas dan ideal untuk mendidik siswa milenial. Karakteristik hal yang demikian antara lain menciptakan siswa dan siswi sebagai produser, dapat belajar teknologi baru, serta berwawasan global, siap dengan era komputerisasi, berkolaborasi, pelajaran berbasis proyek, dan terus berinovasi.

Karakteristik Siswa Milenial Menyesuaikan Model Pembelajaran

Model Pembelajaran Sesuai Karakteristik Siswa Milenial

Dosen disebuah Universitas Pakuan Bogor Dr Yuyun Elizabeth Patras M.Pd mengemukakan pendapatnya, tentang contoh pelajaran atau metode /teknik yang dapat diterapkan oleh seorang guru yang bertumpu terhadap karakteristik peserta ajar, karakteristik kompetensi yang seharusnya dikontrol atau dikendalikan oleh peserta ajar, dan energi dukung lingkungan belajar.

Contoh pelajaran abad ke-21 adalah metode/teknik yang diterapkan  guru untuk memfasilitasi pengaman belajar terbaik  buah hati cocok dan layak dengan keadaan sibuah hati, lingkungan belajar si buah hati, dan energi dukung yang dimiliki,” kata Yuyun.

Salah satu contoh  pelajaran abad ke-21 ialah project Based Learning Pelajaran Berbasis Proyek. Contoh pelajaran ini bertujuan menemukan sendiri dan menyelesaikan suatu aktivitas/proyek. Kecuali itu, menggunakan  pengetahuan, keterampilan, dan sikap tertentu ke dalam pelbagai bermacam-macam konteks dalam menyelesaikan proyek, serta interpersonal skills dan berkolaborasi dalam suatu regu/tim.

Karakteristik Pelajaran Berbasis Proyek antara lain, adanya persoalan atau tantangan yang diajukan terhadap peserta ajar. Peserta ajar mendesain pengerjaan  untuk  mempertimbangkan solusi atas persoalan atau tantangan yang diajukan. Peserta ajar secara kolaboratif bertanggungjawab untuk mengakses dan mengelola info untuk menyelesaikan persoalan  dan  pengerjaan  evaluasi dilakukan  secara kontinyu. Seperti hal nya Singapura Sudah Melibatkan Industri Dalam Kurikulum Pendidikan.

“Kecuali itu, peserta ajar secara terpola melaksanakan refleksi atas kegiatan atau kesibukan yang telah dilakukan pada akhir kegiatan, kesibukan belajar akan diukur  secara kualitatif  dan kondisi  pelajaran amat  toleran kepada kekeliruan dan perubahan,” papar Yuyun.

Metode pengukuran proyek meliputi tiga hal, adalah kesanggupan, relevansi, dan keabsahan. Kesanggupan pengelolaan ialah kesanggupan/kecakapan peserta ajar dalam memilih topik, mencari info, berita dan mengelola waktu pengumpulan data serta penulisan laporan. Relevansi merupakan kesesuaian dengan mata pembelajaran, dengan menentukan tahap pengetahuan, pemahaman dan keterampilan dalam pelajaran.

Sahabat Info GTK adapun keabsahan serta legalitas  proyek yang dilaksanakan peserta ajar seharusnya hasil karyanya, dengan menentukan kontribusi guru berupa pertanda dan pedoman dan dukungan kepada proyek peserta ajar,” terang Yuyun.

Comments

comments

Gravatar Image
Pembina Pramuka - Guru PJOK - Operator Dapodik Sekolah di SD Negeri Periuk 3 Kota Tangerang - Belajar Berbagi Informasi Guna Mencerdaskan Kehidupan Berbangsa dan Bernegara.

Leave a Reply