infogtk.id – Tahukah anda apa itu lambang Pancasila? Dan apa maksudnya atau arti lambang Pancasila 1-5 sejalan dengan nilai-nilai Pancasila?

Pancasila merupakan landasan dan ideologi bangsa Indonesia. Pancasila adalah identitas Negara Kesatuan Republik Indonesia atau Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pancasila mencerminkan makna dan nilai luhur bangsa Indonesia.

Tepat pada tanggal 1 Juni 1945, Pancasila diresmikan oleh Presiden Soekarno sebagai dasar Negara Indonesia. Sebelum akhirnya dimasukkan dalam Pembukaan UUD 1945, Pancasila mengalami beberapa kali perubahan.

Dan terakhir diresmikan pada tanggal 18 Agustus 2023. Pancasila mempunyai lambang berupa burung Garuda yang mempunyai lima perisai. Dimana perisai yang ada menggambarkan setiap sila Pancasila.

Seluruh masyarakat khususnya pelajar harus mengetahui apa itu lambang Pancasila dan makna dari lambang Pancasila. Di bawah ini akan kami jelaskan Arti Lambang Pancasila dan Nilai-Nilai Pancasila.

Arti Lambang Pancasila

Burung Garuda Pancasila

Garuda Pancasila merupakan lambang Negara yang terdiri dari lambang-lambang yang mempunyai arti dan makna tertentu, baik yang tersirat maupun tersurat.

  1. Burung rajawali

Burung Garuda merupakan lambang Pancasila. Burung ini merupakan raja dari segala jenis burung yang dikenal dengan nama Burung Elang Sakti Rajawali. Burung ini melambangkan kekuatan dan gerakan yang dinamis.

Hal ini terlihat dari bentangan sayapnya yang seolah-olah burung Garuda siap terbang ke angkasa. Yang melambangkan dinamika dan semangat untuk menjunjung tinggi nama baik bangsa Indonesia.

  1. Genggaman Kaki Garuda

Pada lambang Pancasila, terlihat kedua kaki burung Garuda sedang menggenggam pita putih bertuliskan ‘Bhinneka Tunggal Ika’. Kalimat ini diambil dari kitab yang ditulis oleh empu Tantular yaitu Kitab Sutasoma.

Bhinneka Tunggal Ika mempunyai arti berbeda-beda namun tetap satu. Slogan tersebut merupakan kekuatan bangsa Indonesia yang memiliki banyak perbedaan yaitu agama, suku dan budaya.

  1. Warna emas

Warna emas pada burung Garuda melambangkan keagungan. Artinya bangsa Indonesia menjunjung tinggi harkat dan martabat bangsa yang besar dan mulia.

  1. Jumlah Bulu

Banyaknya bulu pada burung Garuda Pancasila mempunyai kaitan erat dengan lahirnya Negara Kesatuan Republik Indonesia, antara lain :

  • Bulu sayap kiri dan kanan masing-masing berjumlah 17, menandakan tanggal 17.
  • Bulu ekornya berjumlah delapan helai, menandakan bulan Agustus atau 8.
  • Terdapat 19 bulu di bawah kalung perisai yang menghubungkan ekornya. Dan pada bagian leher terdapat 45 bulu yang menandakan tahun 1945.

Jika digabung angka-angka tersebut merujuk pada tanggal 17 Agustus 1945. Tanggal tersebut memiliki makna sejarah agar masyarakat Indonesia selalu menghargai waktu dan mengingat sejarahnya.

  1. Tameng

Perisai pada lambang Pancasila terletak di dada Garuda. Dimana itu merupakan simbol perlindungan dan perjuangan. Hal ini dikarenakan prajurit selalu dibawa ke medan perang oleh prajurit untuk melindungi diri dari musuh.

Garis melintang yang membagi ruang bawah dan atas melambangkan garis khatulistiwa yang diartikan sebagai pemisah Kepulauan Indonesia. Pada perisai terdapat lima bagian yang masing-masing melambangkan suatu asas dalam Pancasila.

Arti Lambang Pancasila 1-5

Burung Garuda merupakan lambang Pancasila

Dilansir dari website BPIP atau Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, berikut makna lambang Pancasila sila 1-5:

  1. Bintang – Simbol Sila Pertama

Sila pertama berbunyi ‘Ketuhanan Yang Maha Esa’. Bintang merupakan lambang prinsip pertama yang menggambarkan cahaya. Cahaya ini seperti cahaya rohani dari Tuhan.

Ada latar belakang hitam di bagian bintang. Artinya warna alam adalah milik Tuhan, bukan ciptaan manusia.

  1. Rantai – Simbol Sila Kedua

Bunyi sila yang kedua adalah ‘Kemanusiaan yang Adil dan Beradab’. Rantai adalah simbol yang terdiri dari mata rantai berbentuk lingkaran dan persegi panjang yang saling berhubungan sehingga membentuk lingkaran.

Keterkaitan tersebut mempunyai makna jika masyarakat Indonesia saling terikat erat, saling membutuhkan, dan bekerja sama.

  1. Pohon Beringin – Simbol Sila Ketiga

Bunyi sila ketiga adalah ‘Persatuan Indonesia’. Pohon beringin merupakan simbol dari sila ketiga, dimana pohon ini mengacu pada pohon besar yang dapat menampung banyak orang untuk berteduh.

Hal ini terkait dengan Negara Indonesia yang seluruh rakyatnya dapat bernaung di bawah naungan Indonesia. Pohon beringin mempunyai akar dan sulur yang menjalar ke segala arah. Hal ini berkaitan dengan keberagaman suku yang bersatu di Indonesia.

  1. Kepala Banteng – Simbol Sila Keempat

Bunyi sila keempat adalah ‘Popularitas Dipimpin oleh Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan. Lambang silo keempat adalah kepala banteng.

Kepala banteng mempunyai filosofi sebagai hewan sosial yang suka berkumpul. Sama halnya dengan musyawarah, dimana masyarakat mengadakan diskusi untuk menghasilkan suatu keputusan.

  1. Beras dan Kapas – Simbol Prinsip Kelima

Bunyi sila kelima adalah ‘Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia’. Simbolnya adalah beras dan kapas yang melambangkan makanan dan pakaian. Hal ini mengandung arti, yaitu syarat utama negara yang adil, yaitu dapat mencapai kesejahteraan bagi rakyat secara merata

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian dan makna lambang sila Pancasila 1-5. Semoga penjelasan diatas mudah dipahami dan bermanfaat.

Baca juga:

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *