asuransi perjalanan asuransi mobil terbaik asuransi mobil asuransi bni pendidikan asuransi kesehatan keluarga asuransi kesehatan kumpulan asuransi kesehatan nasional asuransi kesehatan pemerintah asuransi kesehatan untuk keluarga asuransi online asuransi pendidikan anak terbaik asuransi pendidikan bringin life investasi asuransi terbaik lembaga pendidikan asuransi indonesia makalah asuransi pendidikan

Kemenag Pusat Akan Tingkatkan Tata Kelola Data Guru Melalui SIMPATIKA

Posted on

Infogtk.id – Direktorat Guru dan Kependidikan (GTK) dilingkungan Madrasah terus bersepakat untuk serius meningkatkan pelayanan kepada guru madrasah. Salah satu sistem yang menghasilkan hal hal yang demikian, Kemenag Pusat Akan Tingkatkan Tata Kelola Data Guru Melalui SIMPATIKA.

Dengan memanfaatkan program SIMPATIKA Metode dan Cara Informasi, Berita dan Kabar dan Manajemen Pengajar dan Kependidikan pada Kementerian Agama. Kegiatan ini disajikan oleh Suyitno, Direktur GTK Madrasah dikala menjadi salah satu Narasumber pada Forum Group Discussion (FGD) tentang Program dan Petunjuk dan Pedoman Subdit Bina GTK MI/MTs.

Lebih lanjut, di hadapan para pejabat eselon 3 dan 4 di lingkungan Ditjen Pendis dan Inspektorat Jenderal serta perwakilan dari sebagian kepala madrasah, Suyitno menerangkan bahwa lewat forum ini akan dilaksanakan finalisasi kepada Profes.

Teknis Pembayaran Tunjangan Petunjuk bagi Guru Madrasah Tahun 2018 sekalian pembahasan draf Keputusan Menteri Agama perihal SIMPATIKA. Salah satu hal penting yang menjadi konsentrasi pembahasan dalam finalisasi Profesi Teknis Pembayaran TPG bagi Guru Madrasah Tahun 2018 ialah dengan melaksanakan harmonisasi kebijakan seiring dengan dirilisnya sebagian peraturan terkini yang berkaitan dengan guru dan pembayaran tunjangan profesinya, tandasnya.

Kemenag Pusat Akan Tingkatkan Tata Kelola Data Guru Melalui SIMPATIKA

Petunjuk itu, Guru Besar UIN Raden Fatah ini juga mengharapkan agar Profesi/Pekerjaan Teknis dimaksud sanggup mengakomodasi penyederhanaan syarat atas pembayaran TPG, sehingga nantinya para guru tak lagi kesusahan dalam menyiapkan portofolio tiap-tiap tingkatan pencairan.

Senada dengan Suyitno, Rojikin selaku Inspektur Investigasi pada Inspektorat Jenderal yang ikut serta hadir mengawal pembentukan Profesi Teknis Penyaluran Tunjangan Petunjuk bagi Guru Madrasah Tahun 2018 ini mengatakan bahwa semua satuan kerja serius memanfaatkan SIMPATIKA khususnya dalam hal penyaluran tunjangan pekerjaan guru.

Pada prinsipnya, Suyitno dan Rojikin serta segala forum berjanji dan berkomitmen agar SIMPATIKA benar-benar menjadi alat tolong yang berfungsi sebagai controlling dalam pembayaran tunjangan (pekerjaan) yang terintegrasi dengan metode atau cara info lainnya seperti EMIS, Simpeg dan Dapodik.

Sementara itu, Kasubdit Bina GTK MI/MTs, Kidup Supriyadi menjelaskan bahwa menurut penghitungan statistik kepada data nasional kepantasan penerima TPG di SIMPATIKA pada tahun 2017 yang menerapkan ketetapan dispensasi berjumlah 1.082 guru.

Aktivitas ini melonjak jauh apabila dibandingakan tahun sebelumnya yang berjumlah hampir 50 ribu guru. Seiring dengan terbitnya Juknis TPG ini, kami beserta regu IT akan langsung menyesuaikan semua ketetapannya secara komputerisasi di SIMPATIKA, jelas Kidup.

Kepala Seksi Bina Guru MI/MTs, Mustofa Fahmi saat dimintai respons di dalam forum menyatakan bahwa di tahun ketiga implementasinya, SIMPATIKA sudah kapabel beroperasi secara tetap. Salah satu bukti yang dipaparkan Fahmi yaitu dengan sudah berhasilnya diterbitkan Nomor Registrasi Guru (NRG) dari Kemendikbud di SIMPATIKA bagi guru madrasah alumni sertifikasi guru tahun 2017 pada tahun yang sama.

Kegiatan ini adalah sebuah capaian super yang sebelumnya ditargetkan pada permulaan 2017, untuk mengintegrasikan SIMPATIKA dengan metode sertifikasi guru di Kemendikbud dan Perguruan Tinggi Mitra Penyelenggara Sergur khususnya dalam penerbitan NRG sudah tercapai.

Sepanjang sejarah penyelenggaraan sertifikasi guru madrasah baru tahun 2017 ini, lulusannya bisa mendapatkan NRG di tahun yang sama malahan lebih pesat dibandingi tercetaknya akta pengajar. Sebagaimana dikenal bahwa di tahun-tahun sebelumnya para alumni/alumnus dari jebolan sertifikasi senantiasa disulitkan untuk urusan NRG, malahan tak sedikit guru madrasah yang mempunyai NRG tak valid malahan tak sama sekali.

Sahabat Info GTK Tahun 2015, SIMPATIKA sudah sanggup merapihkan arsip data NRG lewat Verval NRG secara bertahap dan sanggup memangkas ribetnya birokrasi dalam pengurusan NRG ini.

Comments

comments

Gravatar Image
Pembina Pramuka - Guru PJOK - Operator Dapodik Sekolah di SD Negeri Periuk 3 Kota Tangerang - Belajar Berbagi Informasi Guna Mencerdaskan Kehidupan Berbangsa dan Bernegara.

Leave a Reply