nfogtk.id – Berikut artikel pembahasan kunci jawaban Kasus Ekocity Rempang yang menjadi trending topik di berbagai media akhir-akhir ini.

Artikel kunci jawaban Kasus Ekocity Rempang akhir-akhir ini menjadi trending topik di berbagai media dan dibuat untuk menjadi referensi teman-teman dalam mengerjakan tugas.

Teman-teman, kalian bisa mengerjakan tugas ini secara mandiri terlebih dahulu sebelum melihat kunci jawaban dari soal tersebut. Kasus Ekocity Rempang menjadi trending topik di berbagai media akhir-akhir ini.

Artikel ini bertujuan untuk memberikan jawaban atas pertanyaan terkait.

Dikutip nfogtk.id, inilah kunci jawaban kasus Rempang Ecocity yang menjadi trending topik di berbagai media belakangan ini.

Pertanyaan:

Kasus Rempang Ecocity menjadi trending topik di berbagai media belakangan ini. Kemenko Perekonomian menunjuk Pulau Rempang masuk dalam daftar proyek strategis nasional mengacu pada Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2023 tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian tersebut. Bidang Perekonomian Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2021 tentang Perubahan Daftar Proyek Strategis Nasional.

Pemerintah pusat melalui kerja sama BP Batam dan PT Makmur Elok Graha (MEG) mempersiapkan Pulau Rempang sebagai kawasan industri, perdagangan, dan pariwisata terpadu untuk mendorong peningkatan daya saing Indonesia dibandingkan Singapura dan Malaysia. Tujuan Pembangunan Pulau Rempang antara lain :

1). Dampak terhadap pertumbuhan perekonomian (Spillover Effect) bagi Kota Batam dan kabupaten/kota lain di Provinsi Kepulauan Riau.

2). Membuka sekitar 308.000 tenaga kerja yang dibekali pendidikan dan pelatihan khusus agar lebih siap menghadapi persaingan industri bagi masyarakat Kepulauan Riau. Upaya pengembangan kawasan ini memerlukan relokasi anggota masyarakat di kawasan Rempang.

Reaksi masyarakat sangat ekstrim dimana masyarakat menolak pelaksanaan program strategi nasional Ekokota Rempang. Bentrok antara warga dengan aparat gabungan TNI-Polri terjadi pada 7 September 2023 saat pasukan gabungan memaksa masuk ke desa tersebut untuk memasang pembatas di Pulau Rempang.

Kerusuhan kembali terjadi saat masyarakat berdemonstrasi di depan Kantor BP Batam pada 11 September 2023. PERTANYAAN:

A. Berikan analisis Anda mengenai dampak Rempang Eco City yang mengacu pada prinsip keadilan antargenerasi yang meliputi:

a) konservasi pilihan, b). Konservasi mutu, c). Konservasi akses!

B. Berikan analisa anda yang mengacu pada permasalahan lingkungan hidup dalam pembangunan dalam prinsip keadilan dalam satu generasi!

Menjawab:

A. Analisis Dampak Rempang Eco City Terhadap Prinsip Keadilan Antargenerasi:

a) Konservasi Opsi:

Rencana pengembangan Rempang Eco City dinilai dapat menciptakan ketimpangan antar generasi dalam hal konservasi pilihan. Meskipun proyek-proyek ini dapat memberikan pertumbuhan ekonomi jangka pendek dan peluang kerja bagi generasi saat ini, dampak jangka panjangnya terhadap lingkungan dan keberlanjutan dapat merugikan generasi mendatang. Pemilihan Pulau Rempang sebagai kawasan industri, perdagangan, dan pariwisata dapat mengurangi pilihan pemanfaatan pulau tersebut untuk tujuan yang lebih berkelanjutan di masa depan, seperti konservasi alam atau pemanfaatan sumber daya alam secara berkelanjutan.

b) Konservasi Mutu:

Dalam konteks konservasi kualitas, pengembangan Rempang Eco City perlu dikaji lebih lanjut mengenai dampaknya terhadap kualitas lingkungan. Jika proyek-proyek tersebut tidak memperhatikan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan, seperti pengelolaan sampah dan pelestarian ekosistem, maka generasi mendatang akan mewarisi lingkungan yang rusak dan tidak sehat. Oleh karena itu, perlu ada kebijakan dan langkah-langkah yang menjamin kualitas lingkungan tetap terjaga atau meningkat seiring berjalannya waktu.

c) Konservasi Akses:

Perkembangan Rempang Eco City juga dapat mempengaruhi akses konservasi, terutama terkait akses masyarakat terhadap sumber daya alam dan lingkungan yang berkelanjutan. Relokasi masyarakat di kawasan Rempang dapat mengakibatkan hilangnya akses mereka terhadap sumber daya alam dan kehidupan tradisionalnya. Oleh karena itu, pemerintah perlu memastikan kebijakan relokasi dipersiapkan secara matang agar akses masyarakat terhadap sumber daya alam dan lingkungan tetap terjaga.

B. Analisis Permasalahan Lingkungan Hidup dalam Pembangunan dan Prinsip Keadilan dalam Satu Generasi:

Permasalahan lingkungan hidup dalam pengembangan Rempang Eco City mencerminkan adanya konflik antara pertumbuhan ekonomi dan pelestarian lingkungan hidup. Dalam prinsip keadilan satu generasi, pemerintah harus memastikan bahwa manfaat ekonomi yang dihasilkan dari proyek tersebut didistribusikan secara adil kepada seluruh lapisan masyarakat. Tindakan keras aparat pada 7 September dan kerusuhan 11 September menunjukkan adanya ketidakpuasan masyarakat terhadap kebijakan tersebut.

Pemerintah perlu memastikan bahwa proses pembangunan mempertimbangkan dampak lingkungan dan memberikan perlindungan terhadap hak-hak masyarakat. Keterlibatan masyarakat dalam pengambilan keputusan dan transparansi dalam pelaksanaan proyek dapat membantu mencapai keadilan sosial dan lingkungan dalam satu generasi.

Integrasi prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan dan keseimbangan antara pertumbuhan ekonomi dan pelestarian lingkungan hidup merupakan kunci untuk menjaga keadilan antar generasi dan dalam satu generasi. Langkah-langkah yang melibatkan partisipasi masyarakat, pemantauan lingkungan, dan penegakan hukum dapat membantu mencapai tujuan pembangunan yang berkelanjutan dan adil.

Demikianlah artikel kunci jawaban Kasus Ekocity Rempang yang menjadi trending topik di berbagai media akhir-akhir ini.

Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan gambaran yang jelas. **

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *