asuransi perjalanan asuransi mobil terbaik asuransi mobil asuransi bni pendidikan asuransi kesehatan keluarga asuransi kesehatan kumpulan asuransi kesehatan nasional asuransi kesehatan pemerintah asuransi kesehatan untuk keluarga asuransi online asuransi pendidikan anak terbaik asuransi pendidikan bringin life investasi asuransi terbaik lembaga pendidikan asuransi indonesia makalah asuransi pendidikan

Inilah Prosedur Dan Syarat Cara Cetak SKMT dan SKBK

Posted on

infogtk.id – Sahabat Info GTK SKMT dan SKBK Online merupakan salah satu fitur terbaru di layanan Simpatika Kemenag periode Semester Genap Tahun Pelajaran 2015/2016. Walaupun fitur baru, SKMT dan SKBK menjadi salah satu fitur yang paling dinanti kehadirannya.

SKMT merupakan (Surat Keterangan Melaksanakan Tugas) sedangkan SKBK merupakan (Surat Keterangan Beban Kerja). Kedua duanya menjadi bagian fitur andalan di Simpatika yang akan menghitung beban kerja seorang guru secara online, realtime, dan secara  otomatis dengan berbasis data jadwal mengajar PTK yang diisikan di Simpatika.

Hasil penilaian di SKBK diharapkan lebih akurat, cepat, mudah, dan akuntabel dalam penentu kelayakan tunjangan Profesi yang diterima seorang guru.

Inilah Syarat Mengajukan SKMT dan SKBK

Untuk dapat mencetak SKMT dan SKBK seorang guru  harus memenuhi semua persyaratan sebagai berikut:

  1. Guru yang mengajar di Sekolah di naungan Kementerian Agama
  2. Memiliki AKun Simpatika dan telah aktif semester sekarang
  3. Sekolah telah mengajukan S25a (Ajuan Keaktifan Kolektif) yang disetujui oleh Admin Mapenda Kabupaten/Kota (telah menerima S25b).
Apabila S25a disetujui oleh Admin Simpatika di tingkat Kabupaten/Kota, maka PTK (guru) belum tentu dapat melakukan Cetak SKMT.
Pastikan isian jadwal mengajar JTM dan lain sebagaimanya telah benar dan valid sebelum mencetak S25a. Karena S25a menjadi dasar penentu SKMT dan SKBK. Untuk itu jangan lupakan untuk memperhatikan hal ini: Jangan Cetak S25a Sebelum 10 Hal Ini selesai.

Inilah Prosedur Cetak SKMT dan Ajuan SKBK

SKMT dicetak secara mandiri oleh setiap guru di akun PTK masing-masing atau boleh minta bantuan oleh masing-masing operator Sekolahnya. SKMT ini diajukan ke Kepala Sekolah dan Pengawas untuk mendapatkan persetujuan. Terus hasilnya dikirimkan ke Admin Simpatika Kabupaten/Kota untuk mendapatkan SKBK (Surat Keterangan Beban Kerja).
Secara keseluruhan alur dan prosedurnya adalah sebagai berikut:
  1. Pastikan Kepala Sekolah telah mengajukan S25a dan disetujui oleh Admin Simpatika Kabupaten/Kota yang ditandai dengan terbitnya S25b
  2. PTK mencetak SKMT (Surat Keterangan Melaksanakan Tugas) di akun PTK masing-masing. SKMT ini terdiri atas tiga jenis, yaitu:
    • S29a : SKMT bagi guru yang mengajar Satminkal Induk di naungan Kemenag
    • S29b : SKMT bagi guru yang mengajar Satminkal non-induk di naungan Kemenag
    • S29c : SKMT bagi guru yang mengajar Satminkal non-induk di naungan Kemendikbud
  3. PTK menyerahkan cetak SKMT (S29a/S29b/S29c) ke Kepala Sekolah
  4. Kepala Sekolah melakukan pengesahan dan penilaian SKMT guru tersebut melalui akun PTK Kepala Sekolah.
  5. Kepala Sekolah mencetak Lampiran SKMT (S29d)
  6. Kepala Sekolah  menandatangani SKMT dan lampiran SKMT
  7. SKMT dan Lampiran SKMT di tanda tangani Pengawas Sekolahnya
  8. SKMT dan Lampiran SKMT diajukan ke masing masing Admin Simpatika Kabupaten/Kota wilayahnya.
  9. Admin Kabupaten/Kota menerbitkan SKBK atau  Surat Keterangan Beban Kerja (S29e) lalu cetak
  10. PTK menerima SKBK (S29e) selesai.

Demikianlah Inilah Prosedur Dan Cara Cetak SKMT dan SKBK, Syarat  bagi guru  di bawah naungan Kementerian Agama. Dan jangan terburu-buru untuk mencetak SKMT dan melakukan Ajuan SKBK mengingat masa verval Simpatika sebelum adainfo dr Admin Kemenag. Pastikan dulu data dan riwayat mengajar disemester ini telah bener benar rapih.

Comments

comments

Gravatar Image
Pembina Pramuka - Guru PJOK - Operator Dapodik Sekolah di SD Negeri Periuk 3 Kota Tangerang - Belajar Berbagi Informasi Guna Mencerdaskan Kehidupan Berbangsa dan Bernegara.

Leave a Reply