Dalam Kurikulum Merdeka, ada banyak peran guru BK yang dilakukan kepada para siswanya yang disesuaikan dengan kebutuhan para siswa.

Guru BK dalam hal ini akan menyajikan data untuk tugas ini. Peran guru BK adalah membuat gambaran tentang setiap siswa sesuai dengan cara belajarnya, apa yang dia kuasai dan apa yang dia minati. Informasi tersebut dicatat dan diberikan kepada setiap guru yang membutuhkannya.

Seperti diketahui semua orang, sistem pendidikan Indonesia telah berubah. Kurikulum 2013 kini telah berubah menjadi Kurikulum Merdeka. Itu mengubah banyak hal, termasuk peran-peran guru BK.

Apa saja peran guru BK dalam kurikulum merdeka? Apa yang harus dilakukan guru BK di sekolah? Yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Pengertian Guru BK

Dengan kurikulum merdeka, peran guru menjadi sangat penting. Karena dalam kurikulum Merdeka ini, peran guru tidak hanya membantu siswa memecahkan masalah, tetapi juga memastikan kesehatan mental siswa terjaga.

Dalam hal kurikulum merdeka, guru pembimbing juga diharapkan memberikan layanan bimbingan dan konseling. Dimulai dengan bimbingan dan konseling dalam bidang pelayanan pribadi, pembelajaran, sosial dan bimbingan karir.

Apa saja peran guru BK dalam kurikulum merdeka ?

Peran guru BK

Source: NU Online jateng.com

Peran guru BK sangat penting dalam implementasi kurikulum merdeka. Menurut website jurusan SMP Kemendikbud, tugas guru BK kurikulum merdeka adalah mengoordinasikan kesejahteraan psikologis siswa (student welfare).

Guru BK dalam Kurikulum Merdeka juga membantu siswa berkembang sehingga mereka dapat mencapai potensi penuh mereka dan berkembang dengan cara terbaik.

Dalam hal kurikulum merdeka, peran guru BK diantaranya adalah:

  1. Mengelola program

Guru BK berperan dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi proyek yang dimulai bersama dengan guru ke rumah atau guru mata pelajaran. Tujuannya adalah tercapainya dimensi profil siswa Pancasila dan unsur-unsur budi pekerti luhur, kebhinekaan global, kemandirian, gotong royong, berpikir kritis dan kreatif.

2. Membuat daftar kebutuhan siswa berdasarkan pembelajaran mereka

Di sini, siswa dipetakan berdasarkan cara mereka belajar, apakah melalui penglihatan, pendengaran, atau tindakan. Anda dapat menggunakan metode Test atau No Test untuk mendapatkan informasi ini. Jika Anda menggunakan tes, itu adalah tes standar. Dalam hal ini guru tidak dapat menggunakannya dan harus bekerjasama dengan pihak ketiga (biro psikologi yang melakukan psikotes).

3. Kepemimpinan anak

Sebagian besar anak belum menemukan jati dirinya. Mereka mungkin tidak mengetahui kekuatan, kelemahan dan potensi mereka.  Dalam hal ini, Guru harus memberikan arahan kepada siswa sehingga mereka dapat belajar lebih banyak tentang diri mereka sendiri.

Dalam kurikulum Merdeka, guru pembimbing membantu siswa belajar tentang diri mereka sendiri, membantu mereka berkembang dan tumbuh, beradaptasi dan menerapkan bakat dan hobi mereka.

Lebih mudah bagi siswa untuk mengetahui tujuan hidup mereka, memahami keterampilan dan kemampuan mereka, dan menggunakan keterampilan dan kemampuan tersebut untuk mencapai tujuan hidup ketika mereka mengenal diri mereka sendiri. Hal ini akan membantu siswa menemukan nilai dalam hidup mereka dan puas dengannya.

4. Sebagai Konselor

Guru BK sebenarnya telah melakukan banyak peran dalam sekolah, tetapi tugas utama mereka adalah membantu siswa. Dalam hal ini, peran guru BK bimbingan memberi siswa akses ke praktik konseling yang membantu mereka memecahkan masalah, memperbaiki, meningkatkan, dan menghindari masalah dalam kehidupan pribadi, akademik, sosial, dan profesional mereka.

Siswa dapat berbicara dengan guru BK mereka tentang pekerjaan, sekolah, atau masalah pribadi tanpa khawatir orang lain akan mengetahui apa yang mereka katakan. Hal inikarena guru harus mematuhi standar profesional dan moral tertentu, salah satunya menjaga kerahasiaan.

5. Menilai perkembangan siswa

Guru yang mengawasi kurikulum merdeka juga harus memperhatikan perkembangan siswanya. Sebagai bagian dari pelatihan berkelanjutan, guru BK menggunakan alat formal dan informal untuk mengukur seberapa baik prestasi siswa mereka.

Selain alat penilaian formal dan informal, staf guru juga dapat bekerja sama dengan psikolog atau pakar lainnya untuk menentukan bagaimana hasil tes diinterpretasikan dan bagaimana siswa dapat berkembang.

 6. Menyediakan layanan konsultasi

Untuk melengkapi profil siswa Pancasila, guru BK harus mendiskusikan pengembangan keterampilan siswa, hobi, dan kebutuhan lainnya dengan siswa, guru ke rumah, dan orang tua/wali. Dengan demikian, enam bagian uraian siswa Pancasila dapat terpenuhi.

7. Berkoordinasi dengan pihak lain

Dalam hal kurikulum merdeka, peran guru BK adalah bekerja sama dengan kelompok lain.

Guru BK sekolah dapat bekerja dengan satuan pendidik di sekolah, guru wali murid, guru mapel, keluarga dan masyarakat untuk membantu siswa melakukan yang terbaik di sekolah dan mempersiapkan karir masa depan.

Selain tugas di atas, guru BK juga memiliki tugas yang lebih umum, seperti membantu orang tua dan siswa memecahkan masalah sekolah dan membantu guru lain menemukan cara terbaik bagi siswa untuk belajar.

8. Menyediakan berbagai layanan konsultasi dan pelatihan

Dalam kurikulum merdeka ini, peran guru BK juga  memberikan layanan bimbingan dan konseling dalam beberapa bidang, diantaranya adalah:

  • Bimbingan yang diberikan oleh guru untuk menggali dan mengidentifikasi potensi setiap siswa dalam kegiatan belajar mengajar.
  • Bimbingan dan konseling di bidang pelayanan personal seperti layanan bimbingan belajar untuk siswa dengan masalah pribadi dan membutuhkan perawatan khusus.
  • Bimbingan dan konseling di bidang sosial seperti layanan yang diberikan oleh guru pembimbing yang membantu siswa memahami lingkungannya dan mengetahui bagaimana berkomunikasi secara positif dan terampil dengan orang lain, sehingga siswa dan lingkungannya dapat hidup damai bersama.
  • Bimbingan dan konseling karir, yaitu layanan yang diberikan oleh guru untuk membantu siswa memutuskan apa yang ingin mereka pelajari di perguruan tinggi atau pekerjaan apa yang ingin mereka lakukan setelah lulus SMA atau SMK.

Demikianlah pembahasan mengenai peran guru BK dalam Kurikulum Merdeka. Banyak hal yang menjadi peran guru BK dalam perkembangan siswanya dalam kurikulum terbaru kini. Dengan kurikulum merdeka ini pula diharapkan agar guru BK mampu menyesuaikan dengan kebutuhan siswanya.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *