asuransi perjalanan asuransi mobil terbaik asuransi mobil asuransi bni pendidikan asuransi kesehatan keluarga asuransi kesehatan kumpulan asuransi kesehatan nasional asuransi kesehatan pemerintah asuransi kesehatan untuk keluarga asuransi online asuransi pendidikan anak terbaik asuransi pendidikan bringin life investasi asuransi terbaik lembaga pendidikan asuransi indonesia makalah asuransi pendidikan

Haruskah Anak Pintar Semua Mata Pelajaran

Posted on

infogtk.id – Sahabat Info GTK adanya Kriteria Kentuntasan Minum (KKM) yang harus dicapai siswa, mau tak mau membuat siswa harus mampu pintar semua pelajaran, mengusai banyak mata pelajaran supaya lulus naik kejenjang kelas berikutnya. Karena tuntutan adanya KKM inilah ada semacam kesepakatan tak tertulis siswa harus pintar semua mata pelajaran. Kepintaran itu setidaknya hanya sekedar tahu secara cover saja, tidak mendalam sampai keakar materinya.

Sebetulnya tidak masalah para elit pendidikan mewacanakan bahwa anak pintar semua mata pelajaran. Apalagi Indonesia sudah kepepet disana-sini oleh para kompetitor negara lain yang begitu banyak multi talen. Para kompetitor itu mampu menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang menguasai banyak talenta tentu disebabkan karena peserta didiknya dulu pintar dalam semua mata pelajaran, baik sifatnya yang vokasi maupun keteorian.

Teori Anak Pintar Semua Mata Pelajaran

Namun perlu diperhatikan bahwa para peserta didik itu mempunyai suatu ketertarikan pada keminatan yang ada pada dirinya. Tidak bisa kita paksakan siswa harus mendapat nilai bagus pada semua mata pelajaran, padahal ia tidak menyukainya. Jika kepintaran itu disimbolkan pada capain nilai diatas 80, dan karenanya agar siswa mendapat nilai tersebut di tekan secara psikologis.

Justru tindakan ini dapat membunuh mata pelajaran pertama yang ia minati dan ia bakati. Ibarat ada anak yang dapat nilai 75 pada pada matematika lalu orangtuanya memberikan bimbingan berupa les mati-matian pelajaran tersebut untuk bisa.

Haruskah Anak Pintar Semua Mata Pelajaran

Sementara nilai 100 yang didapatkan anaknya pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) tidak di beri jam tambahan berupa les untuk semakin mengembangkan kemampuanya.

Fenomena ini sebetulnya banyak dialami para orangtua. Mereka teralalu terjebak melihat kekurangan anaknya yang tidak pintar suatu pelajaran tertentu, tapi secara buta para orangtua tidak melihat kemampuan, maupun bakat yang dimiliki anaknya.

Kendati demikian, para pendidik harus menyadari bahwa tuntutan agar siswa pintar disemua mata pelajaran termasuk mata pelajaran yang ia ampunya merupakan sebuah keniscayaan, jika pintar itu di simbolkan dengan pencapain nilai diatas 80. Pendidik perlu mengetahui bahwa ada hal yang lebih penting dari sekedar nilai dari proses pendidikan. Yaitu proses dari bisa menjadi bisa.

Seorang pengamat pendidikan dan Widyaswara Bandung, Idris Apandi pernah mengingatkan dalam sebuah bukunya Bukan Guru Baper. Bahwa nilai itu bukanlah tujuan akhir dari proses pendidikan, karena masyarakat tidak menanyakan nilai nya berapa pada mata pelajaran tertentu setelah lulus. Masyarakat hanya bertanya apa peran strategis siswa dalam berkontribusi di masyarakat dan ikut serta menciptakan perubahan sosial.

Toh, pada muaranya kepintaran siswa terhadap semua mata pelajaran yang ia kuasai terbukti atau tidaknya bisa dibuktikan dengan kontribusinya yang ia berikan kepada masyarakat. Diluar itu kita tidak bisa menjamin, apakah siswa yang pintar semua mata pelajaran, akan pintar juga dalam bergumul dan bersosialisasi di masyarakat setelah lulus nanti.

Sahabat Info GTK pada akhirnya kita memang harus mengubah pola bahwa Haruskah Anak Pintar Semua Mata Pelajaran karena ada sistem KKM yang harus dipenuhi sebagai bagian dari model kurikum kita, tapi tidaklah bijak jika siswa diwajibkan pintar semua mata pelajaran, tapi kemudian yang menjadi masalah adalah ketika menyampaikan bakat dan minat dari pelajaran yang disukai siswa.

Comments

comments

Gravatar Image
Internet Marketer - Praktisi Toko Online - Operator Dapodik Sekolah di SD Negeri Periuk 5 Kota Tangerang - Berbagi Informasi Melalui Wadah infogtk.id

Leave a Reply