asuransi perjalanan asuransi mobil terbaik asuransi mobil asuransi bni pendidikan asuransi kesehatan keluarga asuransi kesehatan kumpulan asuransi kesehatan nasional asuransi kesehatan pemerintah asuransi kesehatan untuk keluarga asuransi online asuransi pendidikan anak terbaik asuransi pendidikan bringin life investasi asuransi terbaik lembaga pendidikan asuransi indonesia makalah asuransi pendidikan

Guru SD Pekerjaan Rumit Tapi Terlihat Sepele

Posted on

infogtk.id – Banyak yang beranggapan bahwa menjadi guru Sekolah Dasar (SD) itu mudah karena siswa yang ia ajar masih kecil, dan biasanya  tidak pandai mendebat manakala gurunya salah dalam menyampaikan materi. Benar anak SD memang belum memiliki tingkat pemikiran kritisme yang tinggi jika dibandingakn dengan siswa SMP, maupun siwa SMA.

Siswa SD dunianya adalah dunia bermain, belum masuk pada dunia analisa “ndakik” yang bisa saja menimbulkan pertanyaan disana-sini jika siswanya bingung. Kita juga akan mendapati bahwa anak SD jarang sekali menanyakan apa yang ia tidak paham terhadap pemberian penyampaian materi guru. Sejumlah keunikan siswa SD dan sifatnya yang pemalu-malu ini sebetulnya yang menjadikan menjadi Guru SD Pekerjaan Rumit Tapi Terlihat Sepele yang dibayangkan. Seperti apa kesulitan hang biasa ditemui guru SD dalam mengajar, berikut kami paparkan dengan lugas.

Guru SD Pekerjaan Rumit Tapi Terlihat Sepele

Guru SD Harus Menguasai Banyak Mapel
Sahabat Info GTK kesulitan pertama adalah guru harus mampu menguasai banyak mata pelajaran. Guru SD tidak hanya pintar pada materi tertentu tetapi harus semua materi dia kuasai, mengingat memang tenaga pendidik di tingkat SD terbatas. Apalagi guru SD yang memang lulusan dari prodi PGSD belum banyak. Karena guru SD mengajar banyak rumpun keilmuwan ini kemudian menciptakan seabreg kesemrawutan dibanding guru SMP maupun SMA. Bisa dari pembuatan RPP yang lebih banyak, dan lain sebagainya.

Siswa Malas Bersekolah
Jika ditanya saat-saat seorang peserta didik malas untuk bersekolah yaitu masa ditingkat sekolah dasar. Dimana akan kita dapati siswa SD lebih suka bermain siang sampai larut malam, dibandingkan dengan pergi berangkat belajar kesekolah. Terkadang guru SD juga mendapat tambahan kesibukan, hanya untuk datang kerumah siswa SD untuk membujuk siswanya yang tidak mau berangkat ke sekolah.

Siswa Susah Diatur
Siswa SD umumnya cukup nakal ketika sedang berada dalam proses kegiatan pembelajaran. Sering kita temui siswa SD mainan sendiri saat guru sedang menerangkan. Hal ini semakin menambah kerumitan menjadi guru SD.

Dilema Memberi Nilai
Ada kesepakatan tak tertulis di tingkat SD, bahwa siswanya walapun nilainya jelek harus dinaikan kelas. Bagi para guru yang idealis tentu menjadikan dirinya dilema, guru dengan tipe ini akan bertanya-tanya bagaimana bisa saya akan menaikan siswa saya ketingkat kelas berikutnya jika nilainya tidak mencukupi, nanti malah kalau dinaikan tidak bisa “nyantol” sama sekali dengan yang saya ajarkan.

Kelas Kotor
Para siswa SD umunya belum diberi tanggung jawab oleh orangtuanya untuk latihan beres-beres rumah seperti menyapu laintai, atau mencuci baju sendiri. Hal ini kemudian merambat di bawa ke sekolahan.

Demikian sejumlah kendala cukup serius yangg dihadapi oleh guru SD. Kelihatanya mudah memang jika menjadi guru SD, tetapi pada saat terjun kelapangan akan kita temui sifat-sifat cukup aneh dari para siswa SD yang malah membuat gurunya kebingungan.

Sahabat Info GTK tapi semenjak munculnya perguruan tinggi yang menfokuskan pada study kependidikan sekolah dasar seperti pada kampus Universitas Terbuka (UT), UNNES, UNS, UNJ, dan masih banyak lagi, bukan sebuah hal Guru SD Pekerjaan Rumit Tapi Terlihat Sepele yang mustahil jika nanti guru SD hanya mengajar satu mata pelajaran mengingat semakin tersedianya banyak lulusan dari PGSD.

Comments

comments

Gravatar Image
Internet Marketer - Praktisi Toko Online - Operator Dapodik Sekolah di SD Negeri Periuk 5 Kota Tangerang - Berbagi Informasi Melalui Wadah infogtk.id

Leave a Reply