Fungsi Tulang Palm (Metacarpal) – Apa itu tulang palem? Apa fungsi tulang telapak tangan? Bagaimana struktur tulang telapak tangan? Tulang apa yang menyusun tulang palem? Gangguan apa saja yang bisa terjadi pada tulang telapak tangan?

Baca Juga: Fungsi Tulang Pergelangan Tangan

Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas pengertian tulang palem secara lengkap, fungsi, struktur, komposisi dan kelainan tulang palem pada manusia.


Isi

bersembunyi

1
Memahami Tulang Palm
2
Struktur Anatomi Tulang Palma
2.1
Bagian Keras Tulang Telapak Tangan
2.2
Bagian lunak dari tulang telapak tangan
3
Jenis Tulang Penyusun Telapak Tangan
3.1
Tulang Karpus
3.2
Tulang Metakarpus
3.3
Falang
4
Fungsi Tulang Palma
4.1
Sebagai Alat Pergerakan
4.2
Memberi Bentuk pada Telapak Tangan
4.3
Sebagai penghubung antara tulang jari dengan tulang pergelangan tangan
4.4
Membentuk Buku-buku Jari
4.5
Sebagai tempat melekatnya otot
5
Gangguan pada Tulang Telapak Tangan
5.1
Patah
5.2
Deformitas Tangan

Memahami Tulang Palm

Tulang palem adalah sejenis tulang yang ditemukan di lengan manusia. Tulang telapak tangan merupakan tulang penyusun telapak tangan yang menghubungkan tulang jari (phalanges) dan tulang pergelangan tangan (carpals). Nama ilmiah tulang palem adalah metacarpal.

Letak tulang telapak tangan berada di antara pangkal telapak tangan dan ruas-ruas jari. Fungsi utama tulang telapak tangan adalah sebagai alat gerak tangan dan penghubung tulang-tulang lengan manusia.


Dengan adanya tulang telapak tangan kita dapat menggenggam, mencengkram, mencubit, mengepal, memungut benda atau apapun yang berhubungan dengan telapak tangan.

Struktur Anatomi Tulang Palma

Dilihat dari struktur anatominya, telapak tangan manusia tersusun atas bagian keras berupa tulang dan bagian lunak berupa otot.


Bagian Keras Tulang Telapak Tangan

Bagian keras telapak tangan terdiri dari beberapa tulang seperti tulang pergelangan tangan, tulang telapak tangan, dan tulang jari-jari. Tulang pergelangan tangan (karpal) merupakan 8 tulang pendek berbentuk bulan, diartikulasikan dan dihubungkan dengan ujung tulang distal dan tulang sendi. Tulang telapak tangan (metacarpal) merupakan salah satu jenis tulang yang terletak di pergelangan tangan yang berjumlah 5 buah. Sedangkan ruas-ruas jari (phalanges) merupakan jenis tulang radius yang mempunyai sendi bola.

Bagian lunak dari tulang telapak tangan

Bagian lunak tulang telapak tangan berbentuk otot, yang terdiri dari berbagai macam otot dengan fungsi berbeda-beda. Jenis otot. Otot yang bekerja pada tulang telapak tangan disebut otot intrinsik. Fungsi otot intrinsik adalah memberikan kekuatan pada jari saat melakukan gerakan motorik halus. Kemampuan ini berkaitan dengan keterampilan fisik seperti mampu menggenggam, menggenggam, mengepal dan gerakan-gerakan lainnya. Kemampuan melakukan gerakan-gerakan tersebut merupakan bagian utama dari tulang telapak tangan.

Macam-macam saraf pada telapak tangan terdiri dari saraf medianus dan saraf ulnaris. Pada telapak tangan juga terdapat arteri palmar yang terdiri dari arteri ulnaris dan arteri radialis.

Baca Juga: Fungsi Tulang Lengan Atas (Humerus)

Jenis Tulang Penyusun Telapak Tangan

Berikut tulang-tulang penyusun tulang palem, yaitu:


Tulang Karpus

Karpus adalah sekelompok tulang di pergelangan tangan. Terdapat delapan tulang karpus kecil dengan bentuk tidak beraturan. Karpus menghubungkan dua tulang panjang pada lengan bawah, yaitu tulang hasta dan tulang hasta dengan tulang metakarpus yang terletak disepanjang telapak tangan. Tulang karpus terdapat dua baris yaitu baris proksimal dan baris distal

  • Baris proksimal terdiri dari tulang skafoid, bulan sabit, triquetrum, dan pisiformis
  • Baris distal terdiri dari tulang trapezium, trapesium, capitate, hamate.

Di antara tulang-tulang tersebut, tulang skafoid yang berada di bawah ibu jari merupakan tulang yang paling sering mengalami cedera.

Tulang Metakarpus

Tulang metakarpus merupakan salah satu jenis kelompok tulang pada telapak tangan yang tersusun atas 5 tulang. Letak tulang metakarpus berada di sepanjang telapak tangan dan menghubungkan tulang karpus dengan tulang falang. Tulang metacarpus diberi nomor mulai dari tulang yang terletak di bagian bawah ibu jari, antara lain:

  • Metacarpus I yaitu ibu jari
  • Metacarpus II yaitu jari telunjuk
  • Metacarpus III yaitu jari tengah
  • Metacarpus IV yaitu jari manis
  • Metacarpus V yaitu jari kelingking.

Setiap tulang metacarpus tersusun atas tiga bagian, yaitu pangkal, tengah, dan kepala. Bentuk permukaan metakarpus cekung sehingga memungkinkan otot interoseus menempel pada permukaan dan punggung telapak tangan. Setiap tulang metacarpus memiliki bentuk kepala yang membulat. Bentuk kepala tampak menonjol pada telapak tangan yang disebut dengan ruas jari.

Falang

Falang (tulang jari) merupakan sekelompok tulang kecil yang merupakan bagian dari tulang panjang pembentuk jari tangan dan kaki. Setiap tulang phalanx memiliki kepala tengah, distal dan proksimal. Falang ibu jari hanya mempunyai falang proksimal dan distal, sedangkan jari-jari lainnya mempunyai falang proksimal, tengah, dan distal.

Fungsi Tulang Palma

Fungsi tulang telapak tangan antara lain :

Baca juga: Fungsi Tulang Ulna (Ulna)

Sebagai Alat Pergerakan

Bersama anggota tubuh bagian atas lainnya, tulang telapak tangan berperan dalam memberikan dukungan untuk memudahkan pergerakan manusia.

Memberi Bentuk pada Telapak Tangan

Seperti halnya jenis tulang pada tulang lengan lainnya, tulang telapak tangan dikelilingi oleh otot-otot yang mampu membentuk telapak tangan dan membantunya bergerak.

Sebagai penghubung antara tulang jari dengan tulang pergelangan tangan

Tulang telapak tangan juga berperan menghubungkan tulang jari (phalanges) dan tulang pergelangan tangan (carpals).

Membentuk Buku-buku Jari

Tulang telapak tangan juga berperan dalam membentuk buku-buku jari (kunuckles), yang muncul ketika telapak tangan dikepal dan terbentuk tonjolan pada jari-jari lainnya.

Sebagai tempat melekatnya otot

Ada sejumlah otot yang menempel dan membantu menggerakkan tulang telapak tangan, termasuk otot lumbal.

Gangguan pada Tulang Telapak Tangan

Kelainan atau penyakit yang dapat terjadi pada tulang telapak tangan antara lain:

Patah

  • Fraktur tulang karpus skafoid yaitu cedera pada tulang karpus skafoid akibat terjatuh dengan tangan terulur dan gejala berupa nyeri dan nyeri tekan bila disentuh.
  • Patah tulang petinju (boxer’s fraktur), yaitu suatu kondisi patah tulang yang terjadi pada leher metakarpus kelima, khususnya jari manis dan kelingking. Umumnya patah tulang jenis ini terjadi akibat terbentur benda keras dengan tangan terkepal sehingga menyebabkan pergeseran bagian distal sehingga jari yang patah memendek.
  • Fraktur Bennett merupakan fraktur yang terjadi pada dasar metakarpus pertama akibat hiperabduksi ibu jari yang dipaksakan. Fraktur akan meluas hingga sendi karpometakarpal pertama sehingga mengakibatkan ketidakstabilan dan subluksasi (dislokasi parsial) sendi ibu jari. Cara pengobatannya adalah dengan melakukan operasi.

Baca Juga : Fungsi Kolektor Tulang

Deformitas Tangan

Kelainan bentuk tangan, yaitu kelainan bentuk tangan atau jari yang terjadi sejak lahir (bawaan).

Demikianlah artikel yang membahas tentang pengertian tulang palem secara lengkap, fungsi, struktur, susunan dan kelainan tulang palem pada manusia. semoga bermanfaat


Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *