Fungsi Batang Otak – Berapa banyak otak yang ada? Apa fungsi medula oblongata? Di manakah letak batang otak? Apa fungsi otak besar dan otak kecil? Bagaimana struktur batang otak? Sebutkan bagian-bagian batang otak!

Agar lebih memahaminya kali ini kita akan membahas materi batang otak mulai dari pengertian batang otak secara lengkap, fungsi, struktur, bagian-bagian dan kelainan serta penyakit batang otak manusia.


Baca Juga: Fungsi Otak Manusia

Isi

bersembunyi

1
Memahami Batang Otak
2
Fungsi Batang Otak
3
Struktur dan Bagian Batang Otak
3.1
Otak tengah
3.2
Memukul
3.3
Medulla oblongata
4
Gangguan dan Penyakit Batang Otak
4.1
Stroke Batang Otak
4.2
Kematian Batang Otak

Memahami Batang Otak

Batang otak atau brainsteam adalah bagian yang terletak di bagian belakang atau posterior otak. Batang otak menghubungkan otak dan sumsum tulang belakang. Letak batang otak berada di bawah otak besar (cerebrum) dan di depan otak kecil (cerebellum).

Ada tiga organ yang menjadi komponen batang otak, antara lain otak tengah, pons, dan medula oblongata. Fungsi batang otak adalah sebagai sarana komunikasi impuls otak dengan sumsum tulang belakang.


Fungsi Batang Otak

Fungsi batang otak (brainsteam), antara lain:

  • Mengirimkan berbagai informasi dari tubuh ke otak atau sebaliknya. Neuron motorik dan sensorik berjalan melalui batang otak, memungkinkan transmisi sinyal antara otak dan sumsum tulang belakang.
  • Sebagai pusat sistem saraf kranial 3-12.
  • Berperan dalam fungsi otonom, termasuk mengendalikan sistem kardiovaskular, sistem pernafasan, sistem rangsangan nyeri, kesadaran dan pengetahuan.

Struktur dan Bagian Batang Otak

Struktur batang otak terbagi menjadi 3 (tiga) bagian antara lain:


Otak tengah

Otak tengah (mesencephalon) atau otak tengah merupakan bagian terkecil dari otak. Fungsi otak tengah adalah sebagai stasiun penyampaian informasi untuk impuls pendengaran dan visual manusia. Struktur atau bagian penting dari otak tengah meliputi:

  • Substantia Nigra. Bagian ini berperan dalam memproduksi dopamin.
  • Collikulus Inferior. Berperan dalam proses pendengaran.
  • Kolikulus Unggul. Berperan dalam proses penglihatan.
  • Batang Otak dan Inti Merah (Red Nuclei). Bagian ini berperan dalam fungsi motorik.
  • Tegmentum. Berperan dalam pengaturan kesadaran.

Memukul

Letak pons otak berada di antara otak tengah dan medula oblongata. Ukuran pukulannya sekitar 2,5 cm. Fungsi pons otak adalah sebagai pusat dari empat saraf kranial utama, yaitu saraf trigeminal, saraf abducens, saraf wajah, dan saraf vestibulocochlear.

Saraf Trigeminal
Ini adalah saraf gabungan yang terdiri dari sejumlah cabang saraf sensorik. Fungsi saraf trigeminal adalah menerima rangsangan dari wajah dan menggerakkan rahang.

Baca juga: Pengertian Otak Besar

Saraf Abducens
Ini adalah saraf gabungan yang sebagian besar terdiri dari saraf motorik. Fungsi saraf abducens adalah menggerakkan mata dari sisi ke sisi.


Saraf Wajah

Fungsi saraf wajah adalah menerima rangsangan pada bagian depan lidah dan juga berperan dalam menciptakan ekspresi wajah.

Saraf Vestibulocochlear

Fungsi saraf vestibulocochlear adalah menyampaikan informasi dari indera pendengaran dan mengontrol keseimbangan tubuh.

Medulla oblongata

Medula oblongata merupakan bagian batang otak yang berada di bawah pons. Medula oblongata berperan dalam mengendalikan fungsi otonom atau bawah sadar seperti pernapasan, pencernaan, detak jantung, fungsi pembuluh darah, menelan dan bersin.

Medula oblongata merupakan organ yang dapat menyalurkan sinyal yang datang dari otak ke sumsum tulang belakang (spinal cord).

Fungsi medula oblongata antara lain:

  • Sebagai pengatur suhu tubuh.
  • Mendeteksi pH darah.
  • Mengontrol pembuluh darah apakah melebar atau menyempit sesuai kondisi tubuh.
  • Sebagai pengatur peredaran darah
  • Mempengaruhi produksi hormon di kelenjar pituitari di otak.
  • Bertanggung jawab atas beberapa fungsi otonom.
  • Sebagai pengontrol aktivitas tidur.
  • Sebagai pengatur emosi.
  • Merangsang rasa haus.
  • Membantu ritme pernapasan.
  • Sebagai pusat pengontrol detak jantung.
  • Sebagai pengatur gerak refleks tubuh.
  • Sebagai penghubung antara otak dan sumsum tulang belakang.

Gangguan dan Penyakit Batang Otak

Berikut beberapa jenis kerusakan pada batang otak, antara lain:

Stroke Batang Otak

Stroke batang otak adalah suatu kondisi dimana pembuluh darah tidak dapat menyuplai darah ke batang otak.

Penyebab stroke batang otak adalah kondisi atau penyakit medis tertentu seperti penyakit autoimun, kanker, kelainan darah, penyakit kardiovaskular, diabetes, kolesterol tinggi, dan tekanan darah tinggi (hipertensi).

Gejala stroke batang otak antara lain gangguan penglihatan dan pendengaran, kesulitan menelan, dan kesulitan berbicara.

Ada 2 jenis stroke batang otak, yaitu stroke hemoragik dan stroke iskemik. Stroke hemoragik merupakan jenis stroke yang disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah otak sehingga mengakibatkan pembengkakan pada jaringan otak. Sedangkan stroke iskemik merupakan jenis stroke yang disebabkan oleh tersumbatnya pembuluh darah sehingga tidak dapat menyuplai darah ke otak.

Kematian Batang Otak

Kematian batang otak merupakan suatu keadaan dimana batang otak tidak berfungsi sehingga penderita tidak dapat bernapas dan kehilangan kesadaran. Penyebab kematian otak adalah kondisi medis seperti hipotermia, keracunan, overdosis obat, tumor otak, meningitis, infeksi otak, pendarahan otak, cedera kepala berat, herniasi otak, stroke, dan serangan jantung. Kematian otak total kemungkinan besar terjadi pada kasus kematian batang otak ini.

Baca Juga : Pengertian Otak Kecil

Artikel ini membahas tentang pengertian batang otak lengkap, fungsi, struktur, bagian-bagian dan kelainan serta penyakit pada batang otak manusia. semoga bermanfaat


Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *