asuransi perjalanan asuransi mobil terbaik asuransi mobil asuransi bni pendidikan asuransi kesehatan keluarga asuransi kesehatan kumpulan asuransi kesehatan nasional asuransi kesehatan pemerintah asuransi kesehatan untuk keluarga asuransi online asuransi pendidikan anak terbaik asuransi pendidikan bringin life investasi asuransi terbaik lembaga pendidikan asuransi indonesia makalah asuransi pendidikan

Formasi CPNS 2018 Instansi Pusat Tetap Dapat Kursi

Posted on

infogtk.id – Instansi pusat dijamin tetap bakal mendapatkan Formasi CPNS 2018 ini. Jatah kuota ini diserahkan meskipun pada 2017 lalu kursi seleksi CPNS didominasi guna instansi pusat. Pada rekrutmen CPNS 2017, minimal 36.638 formasi dimulai di 62 instansi pusat. Sementara di tingkat daerah, melulu Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) satu-satunya pemerintah wilayah yang tahun kemudian mendapatkan kursi sebanyak 500 CPNS.

“Tahun ini masih. Pusat dan wilayah penerimaan. Kan yang pensiun selama 200.000. Kita terima di bawah itu,” kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur di Kompleks Istana Presiden, Jakarta, kemarin. Saat ini pihaknya masih terus mengevaluasi usulan kursi dari instansi pusat ataupun daerah.

Dia bercita-cita penetapan kursi kebutuhan CPNS bisa dituntaskan pada Mei nanti. “Kita finalisasi formasi-formasinya pada Mei. Kan terdapat dari kementerian, lembaga, ada wilayah provinsi ataupun kabupaten/kota,” paparnya. Di samping itu, Asman pun meyakinkan bahwa seleksi hingga penetapan seluruhnya akan ditamatkan tahun ini.

Formasi CPNS 2018 Berkisar 130.000-an

formasi cpns 2018

Ditanyakan keperluan pegawai terbanyak, Asman membalas guru dan tenaga kesehatan. “Itu lebih besarlah. Saya tidak hafal persennya, namun yang diprioritaskan guru dan tenaga kesehatan,” ujarnya. Sebelumnya, politikus PAN ini bercita-cita jumlah kursi paling tidak 60-70% dari angka pensiun.

Jika didasarkan angka tersebut, kursi yang mungkin dimulai pada kisaran 130.000-an. Dia menambahkan, jumlah itu di luar kursi tenaga kesehatan dan pendidikan. “(Jumlah tersebut) kecuali guru dan tenaga kesehatan tersendiri. (Itu nanti) kursi khusus sebab kita masih kelemahan tenaga edukasi dan kesehatan,” ujarnya.

Dengan pengumuman formasi pada Mei, Asman menuliskan seleksi CPNS ditargetkan sesudah pelaksanaan pemilihan kepala wilayah (pilkada). Pasalnya, sampai ketika ini belum seluruh usulan keperluan pegawai masuk. “Setelah pilkada. Tapi yang jelas, formasinya sedang anda proses,” katanya.

Pengamat administrasi publik Universitas Padjadjaran (Unpad) Yogi Suprayogi menyatakan bahwa kelemahan pegawai tidak sedikit terjadi di daerah. Hal ini mesti menjadi perhatian pemerintah pusat. Terlebih lagi sebetulnya pada rekrutmen tahun kemudian ada sejumlah instansi yang sebetulnya belum membutuhkan tenaga tambahan.

“Ada memang lembaga yang tidak butuh rekrutmen tahun lalu. Maka itu, pemerintah mesti menciptakan analisis jabatan secara komprehensif. Ini guna menilai jabatan apa yang dibutuhkan,” ujarnya. Dia memberikan contoh untuk bidang edukasi tidak melulu guru dan dosen yang kekurangan, tapi pun staf pendidikan.

Menurutnya, staf edukasi di sekolah ataupun kampus-kampus di wilayah mengalami krisis pegawai. “Daerah yang tidak sedikit kekurangan. Ini yang pada kesudahannya malah dipenuhi oleh tenagatenaga honorer. Padahal telah tidak boleh mengusung tenaga honorer,” tuturnya.

Meskipun begitu, Yogi pulang mengingatkan supaya usulan dari wilayah tetap dikaji seteknik mendalam. Menurutnya, jabatan yang langsung bersentuhan dengan masyarakat butuh menjadi di antara prio ritas, khususnya pegawai-pegawai di kelurahan ataupun kecamatan.

“Misalnya staf kecamatan dan kelurahan tersebut perlu diperbanyak. Bukan di level kabupaten/kota. Misalnya, Kota Bandung kemarin minta tidak sedikit buat apa. Apalagi kini era digitalisasi,” katanya. Menurutnya, rekrutmen mesti dipersiapkan secara matang. Jika tidak disiapkan maka rekrutmen yang terjadi melulu akan asal-asalan.

Dampak buruknya ialah PNS bakal di kekuasaan kembali oleh jabatan-jabatan administratif. Padahal, di daerah tidak sedikit kekurangan jabatan pelaksana. “Ini butuh disosialisasikan. Kompeten sinya mesti jelas di masing-masing jabatan, tergolong jenjang pendidikannya,” ungkapnya.

Comments

comments

Gravatar Image
Internet Marketer - Praktisi Toko Online - Operator Dapodik Sekolah di SD Negeri Periuk 5 Kota Tangerang - Berbagi Informasi Melalui Wadah infogtk.id

Leave a Reply