asuransi perjalanan asuransi mobil terbaik asuransi mobil asuransi bni pendidikan asuransi kesehatan keluarga asuransi kesehatan kumpulan asuransi kesehatan nasional asuransi kesehatan pemerintah asuransi kesehatan untuk keluarga asuransi online asuransi pendidikan anak terbaik asuransi pendidikan bringin life investasi asuransi terbaik lembaga pendidikan asuransi indonesia makalah asuransi pendidikan

Empat Hal yang Membuat Siswa Kehilangan Kepercayaan Diri

Posted on

infogtk.id – Sahabat Info GTK sebagai seorang guru seyogyanya kita wajib mengetahui sifat murid, berikut Empat Hal yang Membuat Siswa Kehilangan Kepercayaan Diri. Guru merupakan cerminan orang tua dari siswa yang segala tindak-tanduknya di contoh oleh siswa. Namun dalam kenyataanya secara tak sadar guru melakukan keasalahn mengajar yang membuat kepercyaan diri siswa memudar. Berikut diantaranya.

Empat Hal Yang Membuat Siswa Kehilangan Kepercayaan Diri

1. Diskriminasi Terhadap Siswa
Guru kadang secara tak sadar lebih suka perhatian kepada muridnya yang berpenampilan menarik, baik cantik ataupun ganteng. Sedangkan yang bersifat pendiam jarang sekali diperhatikan. Ingat bahwa ketika Anda menjadi guru harus menempatkan keprofesionalitasnya dalam mengajar tanpa pandang bulu. Proses mengajar yang pilah-pilih terhadap siswa justru, anggapan akan membuat siswa yang pendiam semakin pendiam dan tidak percaya diri. Guru harus tahu bahwa semua murid itu sejatinya pintar, tida ada murid bodoh jika pembaca Info GTK mengajari siswanya dengan baik.

2. Memotong dan Mengatakan Salah Ketika Siswa Menjawab Pertanyaan
Ketika seorang murid menjawab pertanyaan guru, siswa tersebut sedang berpikir kreatif, dan melatih dirinya supaya bisa percaya diri. Sayangnya tak disadari, guru biasanya langsung memotong jawaban murid karena jawabanya salah. Semakin guru melakukan lebeling salah terhadap siswa ketika menjawab pertanyaan, maka akan muncul sifat takut dalam diri siswa.

Siswa akan kapok menjawab pertanyaan guru, karena takut disalahkan kembali. Dalam proses pedagogia yang seimbang, guru seharusnya cukup bilang jawabanya kurang tepat, begitu saya kira lebih baik.

Guru juga perlu memberi apresiasi terhadap jawaban yang kurang tepat dengan tepuk tangan. Baru kemudian melempar pertanyaan kepada siswa lain, atau memberikan tambahan kepada siswa lain untuk melengkapi jawabanya.

3. Memfonis Siswa Nakal atau Bodoh
Pemfonisan atau pelebelan siswa terhadap murid dapat menjadi dasar pemikiran siswa seperti apa yang di capkan oleh guru. Ketika seorang guru mengucapkan “dasar kamu anak bodoh”. Maka siswa bisa saja menerima sugesti itu, dan terus-terusan mempersepsikan bahwa dirinya bodoh. Kalau sudah demikian siswa akan hilang kepercayaan dirinya.

Sehingga akan timbul semacam pertanyaan dalam hatinya, buat apa belajar. Toh kata buguru aku anak yang bodoh. Padahal sejatinya tidak ada anak yang botoh. Bayi lahir kedunia dalam keadaan lemah tak berdaya, tugas gurlah yang akan menafasi jiwa-jiwa yang tak tahu apa-apa itu dengan kecerdasan dan kebijaksanaan.

4. Curhat Masalah Keluarga Pribadinya
Empat Hal yang Membuat Siswa Kehilangan Kepercayaan Diri yang terakhir adalah tak jarang kita temui ada guru yang curhat kepada murid ketika sedang cekcok dengan suami atau istrinya. Masalah rumah tangga kemudian dibawa-bawa pada mimbar akademik. Jika seperti ini dibiarkan, siswa akan mempersepsikan diri bahwa guru tersebut lemah dan pantas tidak dihormati.

Sehingga siswa yang tadinya segan jika disuruh mengerjakan tugas rumah, atau sekedar maju presentasi kedepan. Bisa saja akan meremahkan guru tersebut. Demikian kita perlu perhatikan, hal-hal yang tidak kita sadari yang dapat membuat siswa kehilangan kepercayaan dirinya.

Demikianlah Empat Hal yang Membuat Siswa Kehilangan Kepercayaan Diri yang dapat Info GTK sampaikan yang patut kita perhatikan dalam menjalankan tugas kita sebagai seorang guru, semoga dapat menjadi bahan perhatian untuk kita semua.

Comments

comments

Gravatar Image
Internet Marketer - Praktisi Toko Online - Operator Dapodik Sekolah di SD Negeri Periuk 5 Kota Tangerang - Berbagi Informasi Melalui Wadah infogtk.id

Leave a Reply