Doa Mau Tidur – Dalam Islam, hal sekecil apapun pun diatur oleh agama agar memiliki tata cara atau moral yang memberikan dampak positif.

Belum lagi, tidur juga diatur dalam agama Islam, salah satunya adalah membaca doa menjelang tidur.

Karena tidur adalah keluarnya ruh dari raga yang ditahan oleh Allah SWT, dan jika Dia menghendaki ruh dikembalikan oleh Allah ke raga yang tertidur.

Tentunya jika hal ini tidak diawali dengan doa memohon pertolongan kepada Sang Pemilik Roh, belum tentu Anda akan diberikan ketenangan saat tidur.

Oleh karena itu sebelum tidur sangat dianjurkan untuk berdoa kepada Allah SWT, semoga diberikan keselamatan dan ketenangan saat tidur.

Bacaan doa mau tidur arab latin dan artinya

Bacaan doa mau tidur arab latin dan artinya

Karena sudah banyak orang yang mengkaji doa mau tidur menurut sunnah, maka penulis akan memberikan bacaan doa islami mau tidur lengkap mulai dari bahasa arab, latin dan artinya.

Dengan harapan agar mudah dalam menghafal dan memahami makna serta makna doa tersebut.

Doa Mau Tidur Arab Latin dan Artinya dapat dilihat dibawah ini:

Tuhan memberkati

Bismika allahumma ahyaa wa bismika amuut.

Itu berarti :

“Dengan menyebut nama Allah yang menghidupkan dan mematikan.”

Doa Mau Tidur dan Bangun

Setelah mengetahui doa mau tidur, tentunya Anda juga perlu mengetahui doa bangun tidur. Sebab salah satu cara untuk mengungkapkan rasa syukur kepada Allah SWT yaitu dibangkitkan dari tidur adalah dengan membaca doa bangun tidur.

Bacaan doa mau tidur sudah tertulis di bagian atas, sengaja penulis tuliskan bacaan doa mau tidur singkat agar mudah dihafal.

Bacaan doa bangun tidur adalah sebagai berikut:

semoga Allah merahmatinya dan memberinya kedamaian dan keberkahan ْهِ النُّشُوْرُ

Alhamdulillahil ladzi ahyana ba’da ma amatana wa ilaihin nusyur

Itu berarti :

“Segala puji bagi Allah, Tuhan yang memberi kami kehidupan setelah Dia mematikan kami. Bagi-Nya kebangkitan hari kiamat.”

Doa bangun tidur ini dibaca setelah bangun dari tidur dengan perasaan gembira dan syukur yang luar biasa karena Allah telah mengembalikan ruh yang telah diambil sebelumnya.

Anjuran bacaan doa mau tidur dan doa bangun tidur

Anjuran bacaan doa mau tidur dan doa bangun tidur

Bacaan doa mau tidur dan doa bangun tidur tidak boleh dianggap remeh, apalagi jika dijadikan bahan tertawaan hingga tidak dibaca.

Kedua doa ini diajarkan Rosulullah SAW kepada umatnya agar ketika hendak tidur dan ketika bangun tidur mereka membaca doa tersebut.

Untuk meyakinkan pernyataan tersebut, penulis menyisipkan sebuah hadits sebagai dalil yang kuat mengenai doa mau tidur dan bangun tidur.

Rosulullah SAW bersabda mengenai anjuran membaca doa mau tidur dan doa bangun tidur:

كَانَ النَّبِىُّ – صلى الله عليه وسلم – إِذَا أَرَادَ أَنْ يَنَامَ ق َالَ بِاسْم ِكَ اللَّهُمَّ أَمُوتُ وَأَحْيَا . وَإِذَا اسْتَيْقَظَ مِنْ مَنَامِهِ قَالَ الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذ Tuhan memberkatimu

Itu berarti :

“Ketika Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam ingin tidur, beliau mengucapkan doa: ‘Bismika allahumma amuutu wa ahya (Dengan nama-Mu ya Allah, aku mati dan aku hidup).’ Dan ketika dia terbangun, dia berkata: “Alhamdulillahilladzii ahyaana ba’da maa amatana wailaihi nusyur (Segala puji bagi Allah yang telah memberi kita kehidupan setelah matinya kita, dan kepada-Nya lah kita kembali)

Dari hadis di atas terlihat jelas bahwa Rasulullah SAW memberi contoh dan menganjurkan umatnya untuk membaca doa mau tidur dan doa bangun tidur.

Setiap hal yang dianjurkan oleh Rosulullah SAW tentunya mempunyai banyak manfaat.

Sedangkan keutamaan tersebut tidak akan diperoleh jika amalan sunnah yang diajarkan Rosulullah SAW tidak dijalankan.

Adab Seorang Muslim Ketika Akan Tidur

Sebagaimana telah diutarakan pada alinea pertama, dalam Islam, hal sekecil apapun pun diatur oleh agama.

Seperti halnya tidur, seorang muslim mempunyai adat istiadat yang biasa dilakukan dengan tujuan salah satunya mengikuti sunnah Nabi Muhammad SAW.

Adab seorang muslim ketika hendak tidur adalah sebagai berikut:

  • Lakukan wudhu
  • Sapu atau goyangkan tempat tidur dengan membaca Allahu Akbar sebanyak tiga kali
  • Posisi tidur miring ke kanan
  • Sebelum tidur bacalah ayat kursi
  • Luangkan waktu untuk membaca surat pendek
  • Terakhir, baca doa mau tidur

Semua adab yang disebutkan di atas sebaiknya dipatuhi, namun jika tidak ada waktu maka cukup membaca basmalah dan dilanjutkan dengan membaca doa menjelang tidur.

Penutupan

Demikianlah rangkuman kumpulan doa mau tidur yang penulis sampaikan di website ayovaksidinkeskdi.id.

Semoga artikel ini bermanfaat dan ilmu yang terkandung di dalamnya dapat diamalkan oleh seluruh umat Islam yang membutuhkannya.

Cukup sekian dan terima kasih Wallahu A’lam….

Baca juga:

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *