Doa Praktis Bulan Syaban – Bulan Syaban merupakan bulan yang mulia sehingga umat Islam dianjurkan untuk menjalankan amalan sunnah dan juga puasa sunnah di dalamnya.

Sebagai masyarakat muslim yang setia, tentunya Anda akan bergembira dan berbahagia dengan datangnya bulan suci Ramadhan. Perasaan gembira tersebut diungkapkan dengan menjalankan puasa sunnah dan amalan sunnah lainnya.

Maka wajar jika sebagian umat Islam berbondong-bondong melaksanakan salat di bulan Syaban.

Berbagai Doa Praktis Bulan Syaban Menurut Sunnah

Berbagai Doa Praktis Bulan Syaban Menurut Sunnah

Banyak amalan dan doa yang bisa dilakukan di bulan Syaban menurut Sunnah, yaitu yang dianjurkan oleh Rosulullah SAW.

Namun sebagian besar umat Islam mengetahui bahwa itu hanyalah puasa Sunnah, padahal masih banyak amalan lain yang tidak diketahui oleh umat Islam pada umumnya.

Simak penjelasan selanjutnya mengenai doa bulan Syaban yang akan ditulis pada artikel ayovaksindinkeskdi.id.

Doa di Bulan Sya’ban

Rosulullah SAW sering membaca doa-doa yang diamalkan di bulan Syaban yang tentunya bisa diamalkan oleh masyarakat muslim.

Bahkan, doa bulan Syaban sering terdengar dalam pertemuan-pertemuan ilmu pengetahuan sebelum atau sesudah menuntut ilmu.

Doa-doa di bulan Sya’ban yang sering dibaca Rosulullah SAW adalah sebagai berikut:

Insya Allah مَضَانَ

Allahumma barik lana fi Rajaba wa Syabana wa balighna Ramadhana.

Itu berarti :

“Ya Allah, berkahilah kami di bulan Rajab dan Syaban. Sambut kami dengan bulan Ramadhan.”

Hingga saat ini, doa di atas masih sering diamalkan umat Islam sebagai doa di bulan Syaban menjelang Ramadhan.

Sholat Puasa di Bulan Sya’ban

Sholat Puasa di Bulan Sya'ban

Selain membaca doa bulan Syaban, umat Islam juga dianjurkan untuk berpuasa sunah, tentunya hal ini dilakukan karena merasa senang dengan hadirnya bulan puasa Ramadhan.

Bagi umat islam yang akan berpuasa di bulan Syaban pasti mengetahui doa-doa puasa yang salah satunya adalah doa niat puasa Syaban.

Doa puasa bulan Sya’ban atau doa niat puasa Sya’ban adalah sebagai berikut:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ شَعْبَانَ لِلهِ تَعَال َى

“Nawaitu shauma ghadin ‘an adâ’i sunnati Sya’bana lillâhi ta’âlâ”

Itu berarti :

“Saya niat besok puasa sunah Sya’ban karena Allah SWT.”

Niat puasa Syaban sebagaimana disebutkan di atas dibaca pada malam hari hingga subuh atau kurang lebih 10 menit sebelum waktu sholat subuh.

Bacaan Doa di Bulan Syaban Sebelum Ramadhan

Doa di bulan Nisfu Sya’ban

Doa di bulan Nisfu Sya'ban

Di bulan Syaban ada satu malam yang ditunggu-tunggu oleh umat Islam, yaitu malam Nisfu Syaban, tepatnya pada tanggal 15 Syaban atau 8 Maret 2023.

Dimana pada malam Nisfu Syaban, sebagian umat Islam melakukan beberapa kali ramalan dengan harapan dicatat sebagai penutup amal terbaiknya.

Dan kedepannya akan lebih mudah untuk melakukan berbagai ramalan baik, memberikan rejeki dan memohon kepada Allah SWT untuk mencegah perbuatan buruk.

Doa yang dibaca di bulan Nisfu Syaban disebut juga dengan doa di bulan Ya’ban Ramadhan, karena doa tersebut mendekati datangnya bulan suci Ramadhan.

Doa-doa di bulan Nisfu Sya’ban yang bisa dibaca adalah sebagai berikut:

Insya Allah لَالِ وَالإِكْرَامِ يَا ذَا الطَوْلِ وَالإِنْعَامِ لَا إِلٰهَ إِل َّا أَنْتَ ظَهْرَ اللَّاجِيْنَ وَجَارَ المُسْتَجِيْرِيْنَ وَمَأْم َنَ الخَائِفِيْنَ الل ّٰهُمَِ يْ أُمِّ الكِتَابِ شَقِيًّا أَوْ مَحْرُومًا أَوْ مُقْتَرًّا عَلَي Tuhan memberkatimu وَحِرْمَانِي وَاقْتِتَارَ Insya Allah ًا لِلْخَيْرَاتِ فَإِنَّكَ قُلْتَ وَقَوْلُكَ الْحَقُّ فِيْ كِتَاب ِكَ المُنْزَلِ عَلَى لِسَانِ نَبِيِّكَ المُرْسَلِ” َا يَشَاءُ وَيُثْبِتُ وَعِنْدَهُ أُمُّ الكِتَابِ” وَصَلَّى الل هُ ع َلَى سَيِّدِنَا مُحَمـَّدٍ وَعَلَى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ وَ Tuhan memberkatimu

Allahumma ya dzal manni wa la yumannu ‘alaik, ya dzal jalali wal ikram, ya dzat thawli wal in’am, la ilaha illa anta zhahral lajin wa jaral mustajirin wa ma’manal kha’ifin.
Allahumma dalam kunta katabtani ‘indaka fi ummil kitabi syaqiyyan aw mahruman aw muqtarran ‘alayya fir rizqi, famhullahumma fi ummil kitabi syaqawati wa hirmani waqtitara rizqi, saatbni ‘indaka sa’idan marzuqan muwaffaqan lil khairat.
Fa innaka qulta wa qawlukal haqqu fi kitabikal munzal ‘ala jasali nabiyyikal mursal, “yamhullahu ma yasya’u wa yutsbitu, wa ‘indahu ummul kitab” wa Shallallahu ‘ala sayyidina muhammad wa alalalui wa shahbihi wa sallama, walhamdu lillahi rabbil ‘alamin.

Itu berarti:

Ya Tuhanku yang memberi, kamu tidak diberikan. Ya Tuhan yang besar dan mulia.

Ya Allah, pemberi segala kekayaan dan segala keberkahan. Tiada Tuhan selain Engkau, kekuatan bagi orang yang meminta pertolongan, perlindungan bagi orang yang berlindung, dan perlindungan bagi orang yang bertakwa.

Ya Tuhanku, jika Engkau catat aku di sisi-Mu pada Tablet Mahfuzh sebagai orang yang celaka, orang yang sial, atau orang yang rezekinya terbatas, maka tulislah dalam Tablet Mahfuzh aku sebagai kecelakaan, musibah, dan sempitnya rezeki.

Catatlah aku di sisi-Mu sebagai orang yang rezeki, dermawan rezekinya, dan taufiq untuk berbuat baik karena Engkau telah bersabda-sedang benar perkataan-Mu-dalam kitab-Mu yang diturunkan melalui sabda Rasul-Mu, ‘Allah menghapus dan meneguhkan apa yang Dia kehendaki di sisi-Nya Lauh Mahfuzh.’

Penutupan

Demikianlah rangkuman mengenai doa bulan Syaban yang penulis sampaikan dalam artikel ayovaksindinkeskdi.id.

Besar harapan penulis semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi masyarakat muslim yang akan mengamalkannya.

Semuanya sudah penulis sampaikan di atas, mulai dari doa di bulan Syaban, doa Nisfu Syaban, dan doa puasa dan puasa Syaban.

Wallahu A’lam….

Baca juga:

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *