Ayovacsindinkeskdi.id – Bagi anda yang diberi tugas untuk menulis laporan observasi, anda bisa melihat contoh teks laporan observasi yang akan disampaikan disini. Ya, akan sedikit membingungkan jika Anda belum pernah melakukan hal ini sebelumnya.

Pastinya Anda akan merasa bingung bagaimana cara melakukan hal tersebut. Namun yang perlu Anda ketahui, untuk membuat teks seperti itu, cara yang bisa Anda lakukan sangatlah mudah. Apalagi jika Anda sudah mengetahui hal-hal krusial dalam teks tersebut.

Dalam sebuah jenis teks, Anda akan menemukan beberapa hal penting bukan? Jadi, Anda bisa langsung menggunakan atau menemukan beberapa hal krusial di artikel kami ini. Yap ayovaksidinkeskdi.id pada kesempatan kali ini akan menyampaikan beberapa hal penting.

Anda akan mendapatkan banyak pembahasan mengenai contoh teks laporan observasi, maknanya, struktur teksnya dan lain sebagainya. Oleh karena itu, kami akan menyampaikan kepada Anda beberapa hal penting tersebut. Jangan lewatkan diskusi ini.

Apa itu Teks Laporan Hasil Observasi?

contoh-teks-laporan-hasil pengamatan

Ini adalah pertama kalinya Anda mendapatkan tugas dari pembelajaran pendidikan Dalam bahasa Indonesia untuk menulis teks laporan ini, tentu Anda masih belum begitu memahami maksudnya. Nyatanya, masih ada pertanyaan yang muncul di kepala Anda bukan? Apa yang dimaksud dengan teks laporan observasi? Bukankah begitu?

Oleh karena itu, pembahasannya akan kami sampaikan terlebih dahulu kepada Anda. Ingin tahu, bukan? Mari kita mulai pembahasan teks laporan ini. Jadi, teks laporan observasi ini mempunyai makna harafiah. Pelaporan ini merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan untuk menyampaikan pengaduan, sesuatu yang dapat disampaikan atau dilaporkan.

Kalau observasi ini adalah sesuatu yang dilakukan untuk mengetahui sesuatu dengan cara yang cermat. Untuk observasi ini dilakukan dengan cara mengamati atau mengkaji sesuatu agar dapat mengetahui hal tersebut secara cermat. Bisakah Anda memahami apa yang kami katakan?

Jadi jika kita rangkum atau kita simpulkan pengertian dari teks laporan observasi ini adalah suatu jenis teks atau catatan atau naskah yang ditulis berdasarkan hasil observasi yang dilakukan. Dalam teks laporan observasi kali ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Tentunya dalam penulisan hasil laporan pengamatan ini akan ditemukan beberapa hal yang merupakan fakta dari pengamatan tersebut. Biasanya teks seperti ini digunakan untuk menampilkan hasil penelitian yang dilakukan. Penelitian yang dilakukan juga dapat digunakan untuk berbagai hal.

Dapat melakukan penelitian terhadap pangan, penelitian terhadap hewan, penelitian terhadap tumbuhan, penelitian terhadap makhluk hidup dan lain-lain. Dengan menggunakan penelitian ini, nantinya Anda akan mendapatkan hasil yang obyektif. Karena ditulis berdasarkan apa yang dilihatnya dari pengamatannya.

Contoh teks hasil laporan observasi juga biasanya ditulis dalam bentuk tertulis. Nantinya ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam proses pembuatan karya tulis ini. Ingin tahu cara membuatnya? Simak ulasan mengenai hal krusialnya berikut ini.

Struktur yang harus ada dalam teks laporan observasi

contoh-teks-laporan-hasil pengamatan

Untuk membuat karya tulis jenis ini, Anda harus memperhatikan struktur yang ada di dalamnya. Pasalnya, jika Anda menulis hal seperti itu, pasti ada struktur atau bagian yang penting dan harus Anda ketahui.

Apalagi jika ingin membuat contoh teks laporan hasil observasi ini harus sesuai dengan struktur yang ada. Karena nantinya jika Anda membuatnya tidak sesuai dengan struktur yang ada, maka laporan Anda tidak akan menjadi laporan yang seharusnya. Oke, di bawah ini adalah bagian dari laporan observasinya ya.

Judul

Hal pertama yang akan ada dalam teks observasi ini adalah judul. Dimana nantinya judul tersebut akan memuat intisari informasi yang disampaikan. Jadi kalau bikin judul, jangan dibuat dengan kata-kata yang tidak semestinya ya.

Karena jika menggunakan kata-kata yang tidak seharusnya maka akan salah. Orang akan merasa bingung, kenapa judulnya tapi isinya tidak sesuai dengan judulnya. Teks laporan observasi yang Anda buat salah kan? Jadi, ingatlah untuk membuat judul yang benar-benar mengandung konten.

Pernyataan umum

Pada bagian ini nantinya Anda dapat memperkenalkan apa yang dibicarakan dalam teks laporan observasi. Memang dalam pembuatan teks laporan observasi ini Anda akan menemukan beberapa hal yang belum dipahami masyarakat luas.

Oleh karena itu, agar masyarakat dapat memahami dan mengenalinya, Anda akan membuat pernyataan umum terlebih dahulu. Saat membuatnya, gunakanlah kata-kata yang mudah dipahami sebisa mungkin. Agar pembaca tidak bingung.

Deskripsi Bagian

Masuklah pada struktur deskripsi bagian yang selanjutnya dapat Anda buat sesuai dengan hal yang sedang dibahas. Jadi, jika membahas suatu hal, Anda harus menjelaskan bagian-bagian yang penting dan ingin disampaikan kepada pembaca.

Misalnya, jika Anda akan membahas jeruk, maka Anda harus memberi tahu kami apa yang ada di dalam jeruk tersebut. Bisa mengenai kulit, buah atau hal lainnya. Bisakah Anda menjelaskannya secara detail dan lengkap?

Deskripsi Manfaat

Pada uraian manfaat ini nantinya Anda dapat menguraikan beberapa hal atau manfaat yang timbul dari sesuatu yang Anda buat. Nah nanti kalau mengangkat tema seperti buah, bisa dijelaskan manfaat apa saja yang bisa didapat jika mengkonsumsi buah tersebut.

Atau nanti bisa juga dituliskan manfaat apa saja yang timbul jika kita tidak mengkonsumsinya. Selain itu, dalam uraian manfaatnya Anda juga akan dapat memberikan beberapa hal mengenai kesimpulannya. Bisakah Anda mengambil kesimpulan dari apa yang Anda tulis, oke?

Ciri Khas Teks Laporan Observasi Yang Wajib Anda Ketahui

Sekadar informasi, teks laporan observasi ini memiliki beberapa ciri. Dari ciri-ciri tersebut, Anda akan dapat membedakan mana yang merupakan teks laporan observasi dan mana yang bukan teks laporan observasi.

Agar anda lebih memahaminya, kami juga akan menyampaikan kepada para pembaca ayovaksindinkeskdi.id apa saja ciri-ciri teks laporan observasi yang perlu anda ketahui.

  • Dalam teks laporan hasil observasi, penjelasan yang diberikan berdasarkan fakta dan ilmu pengetahuan.
  • Teks disusun dengan bahasa yang jelas dan juga menggunakan bahasa Indonesia baku.
  • Di teks ini kamu akan menemukan susunannya yang sistematis ya.
  • Isi teks merupakan pembahasan rinci mengenai objek atau peristiwa.

Untuk apa teks laporan observasi dibuat?

contoh-teks-laporan-hasil pengamatan

Mungkin Anda masih belum mengetahui apa maksud dan tujuan dari teks laporan observasi. Nah, pada bagian ini kami akan memberi tahu Anda tujuan pembuatan laporan teks hasil observasi tersebut. Oleh karena itu, mari kita simak saja pembahasannya.

Menyajikan Informasi Sesuai Fakta

Jika dilihat dari cara membuat atau memperoleh informasi yang akan dituliskan dalam teks laporan hasil observasi, maka salah satu tujuannya adalah menyajikan informasi faktual. Ya, informasi yang tertulis di teks itu berdasarkan fakta, bukan dibuat-buat.

Berisi informasi penting dan berasal dari observasi

Tujuan selanjutnya adalah memberikan informasi penting tentang suatu hal. Dapat memberikan informasi tentang konten yang sehat, berbahaya atau suatu peristiwa yang terjadi. Namun semua itu bisa dilihat secara obyektif dan hasil observasi.

Menarik kesimpulan tentang sesuatu

Tujuan akhirnya adalah untuk dapat menarik kesimpulan atau keputusan mengenai suatu hal tertentu. Jadi, jika Anda melakukan observasi terhadap suatu hal, nantinya Anda akan bisa menarik kesimpulan berdasarkan fakta.

Contoh teks laporan observasi pendek dengan struktur lengkap

buah jeruk

Jeruk merupakan buah yang berasal dari Cina Selatan, Myanmar dan India. Jeruk termasuk dalam spesies tersebut jeruk. Dari jaman dulu sampai sekarang banyak orang yang suka membuat jeruk. Saat ini jeruk banyak dibudidayakan oleh masyarakat di seluruh dunia.

Negara Brazil merupakan salah satu produsen buah jeruk terbesar di dunia dan disusul oleh China dan India. Minat dan konsumsi buah jeruk yang semakin meningkat setiap tahunnya mendorong produksi yang semakin meningkat. Tingginya minat dan konsumsi buah jeruk ini terjadi hampir di seluruh belahan dunia.

Buah jeruk ini sendiri juga mempunyai banyak sekali jenisnya dan berbagai jenis jeruk tersebut tentunya mempunyai ciri atau ciri khas tersendiri yang berbeda-beda. Anda bisa merasakannya dari rasa yang diberikannya dan Anda bisa melihatnya dari bentuk, warna dan tekstur jeruk ini.

Ada beberapa buah jeruk yang ruasnya tidak bisa dipisahkan, namun ada juga buah jeruk yang ruasnya mudah dipisahkan. Nah, jeruk ini juga sudah dibudidayakan di seluruh dunia lho. Padahal jeruk awalnya hanya berasal dari negara-negara di Asia saja.

Pada buah jeruk, Anda akan banyak menemukan vitamin C. Kandungan vitamin C yang tinggi akan mampu mendukung dan menjaga sistem imun tubuh serta menunjang kesehatan gusi. Selain vitamin, jeruk juga banyak mengandung antioksidan yang baik jika dikonsumsi.

Tak hanya bermanfaat bagi kesehatan, buah jeruk juga banyak dimanfaatkan masyarakat untuk menghasilkan minuman dan makanan yang menyegarkan dan nikmat. Oleh karena itu, buah jeruk sering ditemukan dalam pembuatan makanan dan minuman karena khasiat dan rasanya yang menyegarkan.

Anda dapat mendownload contoh teks laporan observasi -> Unduh disini

Baca Contoh Teks Serupa:

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *