SMOL.id – Cipta Pramana, salah satu lulusan Program Pascasarjana Universitas Negeri Semarang (Unnes) pada Program Studi Doktor Manajemen Pendidikan, berhasil menyelesaikan pendidikan doktor dengan menghasilkan publikasi pada 23 jurnal internasional bereputasi terindeks Scopus dengan h-index 4 .

Wisudawan angkatan 2019 diwisuda Kamis (7/12) di Auditorium Kampus Unnes Sekaran, Gunung Pati, Semarang.

Cipta Pramana mengungkap kunci sukses menembus 23 jurnal internasional. Pepatah lama mengatakan, “Jika ingin mengetahui dunia maka bacalah, dan jika ingin dikenal dunia maka tulislah”.

Bermula dari sini, selama menempuh studi, Cipta sangat produktif dalam menulis artikel ilmiah dan publikasi di jurnal internasional bereputasi. Selain itu juga terdapat penerbitan 25 judul buku dalam bentuk monografi, referensi, dan bab buku.

Buku-buku tersebut diterbitkan oleh penerbit nasional dan internasional (terindeks Scopus).

Dua buku kedokteran diterbitkan oleh penerbit nasional CV Sagung Seto Jakarta dengan judul “Patologi Obstetri: Diagnosis dan Penatalaksanaan” dan “Ilmu Obstetrik Hantu dalam Praktek Klinis Edisi 2”.

Sedangkan untuk buku dari penerbit internasional juga menjadi penulis kontribusi dalam buku Nova Science Publishers (New York) bab: 1 “Kista Ovarium Dermoid pada Anak dan Remaja: Diagnosis dan Pengobatan” dalam buku: Kemajuan Kesehatan dan Penyakit Vol 64, 2023 2. “Relaparotomi pasca operasi caesar: Faktor risiko, Indikasi, dan Penatalaksanaan” dalam buku: Advanced in Health and Disease Vol.72, 2023. Begitu pula dengan penerbit Springer Nature (Jerman) yang ikut berkontribusi dalam penulisan dengan judul 1. “Occipito Posisi Posterior ” dalam buku “Persalinan dan Persalinan: Panduan yang Diperbarui”, 2023. 2. “Terapi Perilaku Kognitif saat Menopause” dalam buku “Manajemen Menopause: Panduan Komprehensif” (dalam proses publikasi).

Selain menulis artikel ilmiah, Cipta juga aktif sebagai reviewer di jurnal internasional terindeks Scopus dan telah mereview artikel di 13 jurnal terindeks Scopus.

Saat ini terdapat tiga judul artikel yang dimuat di jurnal terindeks Scopus Q1 beserta nama mereka sebagai reviewer, yaitu ‘Effects of SARS-CoV-2 infectionses while late Pregnant Development on Early Childhood Development: A Prospective Cohort Study’ (Frontiers in Pediatrics), ‘The Musculoskeletal keterlibatan setelah infeksi COVID-19 ringan hingga sedang” ( Frontiers in Physiology), dan “Usia saat melahirkan pertama, usia saat menopause, dan risiko kista ovarium: studi pengacakan Mendelian dua sampel” (Frontiers in Endocrinology).

Saat ini Dr. Dr. Cipta Pramana, Subsp. Obsginso. bekerja sebagai dokter spesialis Obstetri dan Ginekologi di RS KRMT Wongsonegoro Kota Semarang.

Selain itu, beliau juga merupakan dosen program pascasarjana Magister Kebidanan di STIKES Guna Bangsa Yogyakarta, pembimbing klinis mahasiswa kedokteran: Universitas Tarumanagara, Jakarta, Universitas Trisakti, Jakarta, dan Universitas Wahid Hasyim, Semarang. Jabatan lainnya dilantik sebagai Wakil Dekan I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan dalam rangka persiapan berdirinya Fakultas Kedokteran Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *