nfogtk.id – Apakah Anda sangat tertarik dengan fungsi otak dan sistem saraf? Jika ya, jurusan ilmu saraf mungkin tepat untuk Anda.

Neuroscience atau ilmu syaraf merupakan bidang studi yang mempelajari struktur, fungsi dan perkembangan sistem saraf. Jurusan Neuroscience merupakan program studi yang memungkinkan mahasiswa memahami struktur, fungsi dan interaksi sistem saraf.

Siswa mempelajari dasar-dasar neurobiologi, metode penelitian ilmu saraf, serta aplikasi klinis dan praktis dari pengetahuan ini. Lulusan ilmu saraf memiliki beragam peluang kerja, termasuk sebagai peneliti ilmu saraf, ahli saraf, konsultan kesehatan mental, peneliti farmasi, dan profesional di bidang ilmu kesehatan dan kedokteran lainnya.

Selain itu, mereka juga dapat bekerja di industri teknologi yang mengembangkan perangkat medis atau teknologi yang berhubungan dengan neuroscience.

Baca juga: Tertarik Menjadi Ahli Laboratorium? Intip 6 Universitas Terbaik Jurusan Biologi Molekuler di Indonesia, UI Peringkat 4

Salah satu publik figur yang mengambil jurusan neuroscience adalah penyanyi dan aktor film Sherina Munaf. Diketahui, pemeran film ‘Sherina’s Adventure’ itu mengambil jurusan Neuroscience di University of Sydney, Australia.

Tidak perlu jauh-jauh ke Australia seperti Sherina, Indonesia juga memiliki beberapa universitas ternama yang menawarkan jurusan neuroscience. Dikutip smol.id pada 20 Januari 2024, berikut daftar 5 universitas dengan jurusan neuroscience terbaik di Indonesia menurut EduRank 2023.

5. Universitas Diponegoro (Undip)

Peringkat Indonesia: 5
Peringkat Asia: 572
Peringkat dunia: 1759

Undip menyediakan program studi Ilmu Saraf yang dirancang untuk menghasilkan lulusan yang siap bersaing di dunia kerja. Program ini mencakup pemahaman tentang dasar-dasar neurobiologi dan penerapannya dalam berbagai konteks.

Baca juga: Suka Fisika dan Ingin Jadi Peneliti? Intip 5 Universitas Fisika Teori Terbaik di Indonesia, UI Peringkat 2

4. Universitas Padjadjaran (Unpad)

Peringkat Indonesia: 4
Peringkat Asia: 509
Peringkat dunia: 1607

Unpad menawarkan program Neuroscience dengan pendekatan holistik yang melibatkan aspek biologi, psikologi dan kesehatan masyarakat. Mahasiswa dapat mengikuti seminar dan workshop yang melibatkan praktisi dan peneliti di bidang neuroscience.

3. Universitas Airlangga (Unair)

Peringkat Indonesia: 3
Peringkat Asia: 453
Peringkat dunia: 1480

Unair memiliki program Neuroscience dengan kurikulum yang mencakup aspek-aspek penting dari neuroscience. Siswa memiliki kesempatan untuk terlibat dalam proyek penelitian dan aplikasi klinis di bidang neurologi.

2. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Peringkat Indonesia: 2
Peringkat Asia: 387
Peringkat dunia: 1302

UGM menawarkan program studi Ilmu Saraf yang menekankan pendekatan interdisipliner. Siswa dapat mengakses penelitian dan pelatihan di berbagai bidang ilmu saraf, termasuk neurobiologi dan neuropsikologi.

Baca Juga: Jarang Dilirik Tapi Inilah Untungnya! Intip 5 Perguruan Tinggi Teknik Sistem Terbaik di Indonesia, ITS Peringkat 3

1. Universitas Indonesia (UI)

Peringkat Indonesia: 1
Peringkat Asia: 281
Peringkat dunia: 1041

UI menawarkan program Neuroscience dengan fokus pada pengembangan pemahaman mendalam tentang sistem saraf manusia. Program ini didukung oleh fasilitas penelitian dan laboratorium yang modern, serta dosen-dosen yang berpengalaman.

Itulah daftar 5 universitas dengan jurusan neuroscience terbaik di Indonesia menurut EduRank 2023. Tertarik untuk mengikuti jurusan ini?***

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *