Program startup adalah program aplikasi yang aktif secara otomatis ketika Windows masuk ke desktop. Program startup adalah program yang ada di komputer yang berasal dari berbagai cara, seperti dari Windows, dari program aplikasi hingga malware atau virus. Selain mempunyai fungsi yang penting, program Startup juga dapat memperlambat proses booting Windows karena banyaknya aplikasi yang dimuat saat proses startup. Bagi pengguna Windows yang bingung kenapa OS Windows Anda terasa semakin lambat, mungkin artikel ini bisa membantu mengatasi masalah Anda.

Cara mengatasi OS Windows yang lemot karena program startup dapat dilakukan dengan mengatur startup untuk mengoptimalkan konfigurasi yang ada. Dengan mengatur startup, maka ketika komputer dihidupkan dan mulai memuat windows, aplikasi-aplikasi yang tidak diperlukan tidak akan dimuat, dapat mengurangi terjadinya error tertentu, dan tentunya dapat mempercepat proses startup.


Namun sebelum melakukan setting startup atau menghapusnya agar tidak menghambat operasional komputer, sebaiknya pahami terlebih dahulu Program Startup, karena ada beberapa Program Startup yang mempunyai fungsi penting dan ada pula yang tidak terlalu diperlukan. Beberapa contoh Program Startup yang tidak terlalu dibutuhkan dan menyita RAM adalah:

  • Program Updater otomatis sebenarnya dapat diatur dengan menjalankannya secara manual.
  • Sistem manajemen sinkronisasi perangkat seluler yang dapat kita aktifkan bila diperlukan melalui menu start.
  • Aplikasi monitor tinta sebenarnya pada printer dapat diperiksa secara manual melalui menu preferensi, dll…

Setelah mengetahui informasi mengenai program startup, berikut ini Cara Setting Program Startup Windows 7, 8, dan 10 Untuk Mempercepat Booting.


Isi

bersembunyi

1
Cara Mengatur Program Startup Windows 7

2
Cara Mengatur Program Startup Windows 8

3
Cara Mengatur Startup Windows 10

Cara Mengatur Program Startup Windows 7

  • Cara setting startup di windows 7 menggunakan System Configuration, dengan membuka dialog RUN, tekan tombol Menang + R lalu ketik msconfig, atau bisa juga menggunakan Tombol mulai Windows 7.

  • Setelah itu pada kolom pencarian ketik msconfig Kemudian Memasukimetode ini digunakan untuk memanggil pengaturan konfigurasi sistem, salah satunya untuk mengontrol startup komputer.
  • Selanjutnya, di jendela konfigurasi sistem, tab opsi Startup.


  • Pada tab Startup akan banyak program yang berjalan dalam proses startup, lalu hilangkan centang pada aplikasi yang ingin dimatikan. Klik berikutnya OKE.

  • Lalu akan ada dua pilihan untuk restart atau tidak. Memilih mengulang kembali.
  • Setelah komputer restart, coba perhatikan bahwa loading Windows akan lebih cepat.

Cara Mengatur Program Startup Windows 8

  • Langkah pertama buka Task Manager dengan cara klik kanan pada taskbar, pilih Pengelola tugas atau gunakan pintasan Ctrl+Shift+Esc.

  • Selanjutnya akan muncul preview Start Screen, lalu pilih Pengelola tugas.
  • Setelah Task Manager terbuka, pilih Keterangan lebih lanjut agar semua menu di Task Manager terbuka.

  • Pilih tab Startup dan akan muncul daftar aplikasi yang dijalankan secara otomatis saat Windows dimuat. Untuk mematikan aplikasi yang tidak diinginkan klik kanan pada aplikasi tersebut lalu pilih Cacat dan pilih Memungkinkan untuk mengaktifkan kembali.


  • Setelah itu tutup aplikasi dan restart komputer dan lihat efek perubahannya.

Cara Mengatur Startup Windows 10

  • Langkah pertama buka task manager dengan menekan tombol Ctrl + Shift + Esc.

  • Kemudian pilih tab Startup lalu cari aplikasi yang ingin dinonaktifkan dengan cara klik kanan aplikasi tersebut, pilih Cacat.

  • Setelah itu tutup aplikasi dan restart komputer dan lihat efek perubahannya.

Pada awal perilisannya, untuk mengubah setting startup di Windows 10 masih menggunakan cara yang sama seperti diatas yaitu dengan menjalankan Windows + R dan ketik msconfig untuk membuka Task Manager. Sedangkan sejak update pada bulan April 2018, Windows 10 telah memperbaruinya menjadi lebih praktis, yakni dengan mengelola daftar aplikasi startup di menu Settings. Dengan begitu, untuk mengubah program startup bisa dilakukan dengan cara masuk saja Setting >> Apps >> lalu cari Startup. Di sana akan ada daftar aplikasi otomatis PADA saat komputer dinyalakan.

Dengan fitur ini, pengguna lebih mudah memilih dan mematikan aplikasi yang tidak diinginkan saat startup sehingga mempercepat waktu booting. Untuk mematikan aplikasi, klik tombol untuk mematikannya.

Demikianlah informasi yang diberikan mengenai Cara Setting Program Startup Windows 7, 8, dan 10 untuk Mempercepat Booting . Semoga informasi yang diberikan bermanfaat.


Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *