Agar jaringan internet pada komputer dapat terhubung, berkomunikasi dan bertukar data, diperlukan alamat sebagai identitas yang dikenal dengan IP Address. Penggunaan alamat IP penting sebagai alamat setiap host pada jaringan. Untuk mendapatkan IP Address, Anda perlu mengatur konfigurasi pada jaringan LAN agar dapat berkomunikasi dan bertukar informasi data khususnya pada sistem operasi Windows 7, 8 dan 10. Namun sebelum mengetahui cara setting konfigurasi IP Address, pahami dulu pengertian IP Address dibawah ini.

Isi

bersembunyi

1
Memahami Alamat IP

1.1
Cara Setting IP Address di Windows 7, 8 dan Windows 10

1.2
Mengatur Alamat IP Statis

1.3
Pengaturan Alamat IP Dinamis

Memahami Alamat IP

IP Address adalah alamat atau identitas unik yang diberikan kepada setiap host yang terhubung pada jaringan TCP/IP agar dapat berkomunikasi dengan komputer lain. Alamat atau identitas pada sebuah IP Address merupakan sebuah angka yang terdiri dari 4 blok angka desimal dengan nilai yang terbatas, mulai dari angka 0 hingga 255 yang terdapat pada antarmuka jaringan komputer, bukan pada komputer. Satu komputer dapat memiliki dua antarmuka jaringan sehingga memiliki dua alamat IP, dengan satu antarmuka jaringan berupa LAN Card.


Alamat IP adalah angka desimal tetapi sebenarnya merupakan angka biner yang disederhanakan. Misalnya IP Address 192.168.1.1, merupakan bilangan biner 11000000.10101000.00000001.00000001. Penyederhanaan ini dilakukan agar lebih mudah diingat.

Menurut jaringan dan hostnya, alamat IP dibagi menjadi 5 kelas yaitu kelas A, kelas B, kelas C. Kelas D dan kelas E, masing-masing kelas mempunyai rentang angka dan jumlah maksimum.


Dari beberapa jenis kelas IP Address, Kelas C merupakan kelas alamat IP yang sering digunakan pada jaringan lokal, karena kelas ini mempunyai jumlah host yang sedang yaitu 254 dengan nilai nost 192.0.0.0 hingga 223.255.255.255. Itu sebabnya kita sering melihat alamat IP 192.168.00.


Selain IP Address, kita juga perlu mengetahui Network dan Host, karena keduanya berkaitan dengan IP Address. Jaringan dan Host merupakan bagian dari IP Address yang menunjukkan alamat komputer dalam suatu jaringan.

Cara Setting IP Address di Windows 7, 8 dan Windows 10

Cara setting konfigurasi IP Address pada komputer khususnya OS Windows sangatlah mudah, hal ini dikarenakan sistem operasi Windows menyediakan fitur GUI (Graphical User Interface). Untuk lebih jelasnya simak cara melakukan perubahan atau mengatur IP Address pada komputer. Pada dasarnya cara mengatur Alamat IP Windows 7, 8 dan Windows 10 sama, yang membedakan biasanya terletak pada letak atau posisi pengaturannya.

Ada dua cara yang bisa digunakan untuk mengatur alamat IP, yaitu dengan cara Statis dan Dinamis. Berikut tutorialnya.

Langkah pertama masuk Panel kendali,


Lalu pilih Jaringan dan Internet,

Lalu pilih Lihat Jaringan dan Pusat Berbagi.

Di panel kiri pilih Ubah pengaturan adaptor.

Lalu di jendela koneksi jaringanpilih adaptor yang ingin Anda atur Alamat IPnya, misalnya saya pilih Koneksi area lokal. Lalu klik kanan Koneksi area lokal memilih Properti.

Selanjutnya di jendela Properti Koneksi Area Lokal, Memilih Protokol Internet Versi 4 (TCP/IPv4)lalu klik properti.

Setelah itu akan muncul jendela formulir pengisian. Metode pemberian alamat IP ada dua yaitu statis dan dinamis, berikut perbedaannya,

Mengatur Alamat IP Statis

Cara pengisian formulir secara statis atau manual dilakukan dengan menambahkan daftar di dalamnya Gunakan alamat ip berikut. Selanjutnya tab IP Address akan aktif lalu isikan IP Address yang anda inginkan lalu klik Berikutnya.

Pengaturan Alamat IP Dinamis

Untuk mendapatkan alamat IP secara dinamis atau otomatis, pastikan terlebih dahulu komputer sudah terhubung dengan komputer yang berperan sebagai DHCP server. Setelah dipastikan terkoneksi, centang Obtain an IP address automatic dan biarkan formulir pengisian alamat IP tidak aktif, lalu klik OK. Dan secara otomatis komputer akan mendapatkan IP Address.

Perbedaan kedua cara tersebut adalah dengan mengatur alamat IP secara statis atau manual, alamat IP tidak akan berubah kecuali direset oleh administrator. Sedangkan dengan mengatur alamat IP secara dinamis atau menggunakan metode DHCP, alamat IP dapat berubah sesuai dengan alamat IP yang tersedia.

Demikianlah informasi mengenai Cara Setting IP Address di Windows 7, 8, dan 10. Penjelasan lengkap. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat.


Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *