asuransi perjalanan asuransi mobil terbaik asuransi mobil asuransi bni pendidikan asuransi kesehatan keluarga asuransi kesehatan kumpulan asuransi kesehatan nasional asuransi kesehatan pemerintah asuransi kesehatan untuk keluarga asuransi online asuransi pendidikan anak terbaik asuransi pendidikan bringin life investasi asuransi terbaik lembaga pendidikan asuransi indonesia makalah asuransi pendidikan

Cara Mudah Bayar Pajak BOS Menggunakan E Billing

Posted on

infogtk.id – Sahabat PTK, kali ini Info GTK akan membagikan kemudahan untuk membayar pajak bagi anda yang mengelola dana BOS. Untuk itu langsung saja kita pada pembahasan Cara Mudah Bayar Pajak BOS Menggunakan E Billing.

Pembayaran pajak melalui sistem online dapat dilakukan melalui laman resmi Direktoran Jendral Pajak (DJP) dengan menggunakan E Billing Pajak. Informasi via sistem pembayaran pajak via online resmi diberlakukan mulai tanggal 1 Juni 2016, dan aplikasinya dapat di akses secara online dengan mengisi formulir Surat Setoran Pajak (SSE Pajak).

Agar dapat menggunakan apliaksi pembayaran pajak secara online, setidaknya hanya perlu melakukan dua langkah mudah berikut, yaitu membuat kode ID Billing pajak dan melakukan transaksi pembayaran di teller bank, kantor pos, ATM, internet banking atau melalui mobile banking.

Timbul pertanyaan bagaimana alur dan tatacara pembuatan kode ID Billing yang akan digunakan untuk pembayaran pajak? Mari kita simak ulasannya!

Sebelumnya anda diharuskan dan terdaftar untuk memiliki akun E-Billing pajak yang akan digunakan untuk log in nantinya. Pendafatran akun E-Billing ini menggunakan NPWP yang sudah terdaftar di sebagai wajib pajak.

Cara Daftar Pajak BOS Menggunakan E Billing

Berikut merupakan langkah-langkah untuk mendaftar pajak BOS menggunakan E Billing Application :

  • Pastikan laptop/komputer anda terhubung dengan internet
  • Jika anda sudah terdaftar, maka langkah pertama adalah silakan kunjungi situs https://sse.pajak.go.id Maka akan muncul jendela baru seperti berikut :

  • Jika apabila anda belum terdaftar (belum memiliki akun E Billing Pajak) silahkan pilih link eBilling Pajak, dalam hal ini karena saya anggap anda sudah terdaftar sebagai pemilik akun E Billling pajak, maka yang harus kita pilih adalah eBilling Pajak versi 2 sebagai versi terbaru. Maka akan muncul tampilan seperti berikut :

  • Kemudian silakan isikan “NPWP (15 digit) dan PIN” serta 5 karakter kode keamanan ke kotak yang telah disediakan, kemudian klik “Login”. Maka akan muncul tampilan sebagai berikut :

  • Kemdian Klik “Isi SSE” seperti tanda lingkaran merah pada gambar di atas. Kemudian akan muncul tampilan sebagai berikut :

  • Jika sudah muncul seperti di atas, maka perhatikan petunjuk pengisiannya seperti jenis pajak, jenis setoran, masa pajak dll , kemudian klik “Simpan”. Jika terdapat kesalahan pada pengisian atau klik “Ubah SSP” namun jika dirasa sudah benar klik “Kode Billing” untuk mendapatkan Kode Billing yang akan digunakan untuk pembayaran. Maka akan muncul tampilan :

Kemdian proses selanjutnyaa adalah membawa Kode Print Out ID Billing tersebut ke teller bank, kantor pos, ATM, internet banking atau melalui mobile banking untuk melakukan transaksi pembayaran. Pastikan anda melakukan transaksi pembayaran sebelum masa aktif pada ID Billing anda.

Demikian Cara Mudah Bayar Pajak BOS Menggunakan E Billing yang dapat Info GTK sampaikan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi semua.

Comments

comments

Gravatar Image
Operator | Writer | Netsurfer | Berkumpul dengan rekan seprofesi untuk berbagi tulisan yang dapat membantu dan menginspirasi orang lain.

Leave a Reply