asuransi perjalanan asuransi mobil terbaik asuransi mobil asuransi bni pendidikan asuransi kesehatan keluarga asuransi kesehatan kumpulan asuransi kesehatan nasional asuransi kesehatan pemerintah asuransi kesehatan untuk keluarga asuransi online asuransi pendidikan anak terbaik asuransi pendidikan bringin life investasi asuransi terbaik lembaga pendidikan asuransi indonesia makalah asuransi pendidikan

Cara Menginput Nilai UKG di Aplikasi Dapodik 2018

Posted on

infogtk.id – Sahabat GTK, pada postingan kali ini Info GTK akan membahas salah satu menu/fitur yang terdapat pada Aplikasi Dapodik 2018. Menu/fitur yang dimaksud adalah Nilai Test, yang digunakan untuk menginput nilai UKG. Mengingat pentingnya hal tersebut, Info GTK akan menjelaskan Cara Menginput Nilai UKG di Aplikasi Dapodik 2018.

Nilai UKG (uji kompetensi guru) yang sekarang menjadi SIM PKB harus di input pada aplikasi dapodik 2018. SIM PKB merupakan program yang diperuntukkan bagi semua guru di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Bagi bapak dan ibu guru yang sudah pernah mengikuti UKG di tahun 2015 pastinya sudah mengetahui nilainya. Nilai yang bapak dan ibu guru dapat, perlu di input ke dalam aplikasi dapodik 2018. Hal tersebut dikarenakan tidak semua guru telah mengikuti UKG di tahun 2015. Jadi akan sangat disayangkan jika tidak di input nilainya.

Mungkin akan terlintas di benak kita semua, Apakah Aplikasi Dapodik 2018 terhubung dengan Program SIM PKB ? Menurut para pakar dapodik yang sudah memberikan kejelasan bahwa Aplikasi Dapodik 2018 terhubung dengan Program SIM PKB. Karena data guru yang masuk ke dalam Aplikasi Dapodik 2018 maka akan otomatis masuk kedalam daftar GTK di SIM PKB.

Dari penjelasan diatas kita sudah mengetahui bahwa Aplikasi Dapodik 2018 memiliki hubungan yang erat dengan SIM PKB. Perlu diingat juga bahwa info GTK hanya dapat bisa dilihat oleh guru yang telah memiliki akun SIM PKB.

Setelah mengetahui bahwa Aplikasi Dapodik 2018 terhubung dengan SIM PKB, pastinya bapak dan ibu guru juga ingin mengetahui cara input nilai UKG tersebut. Berikut penjelasannya.

Cara Menginput Nilai UKG di Aplikasi Dapodik 2018

Perlu di simak bahwa Aplikasi Dapodik 2018 memiliki menu/fitur baru, salah satunya yaitu menu/fitur untuk menginput nilai UKG. Adapun langkah-langkah memasukkan nilai UKG adalah sebagai berikut :

  1. Pastikan laptop/komputer anda sudah terinstall Aplikasi Dapodik 2018
  2. Buka Aplikasi Dapodik 2018. Tampilan awalnya seperti gambar dibawah ini :
  3. Untuk login ke dalam Aplikasi Dapodik 2018, pastikan anda memasukkan username dan password secara benar.
  4. Setelah berhasil login, buka menu GTK dan pilih sub menu Guru,
  5. Lalu pilih salah satu guru yang akan dimasukkan nilai UKG nya ke dalam Aplikasi Dapodik 2018.
  6. Kemudian pilih tab “Ubah” pada menu bagian atas.
  7. Pada “Data Rincian GTK”, pilihlah menu “Nilai Test”.
  8. Setelah itu, anda perlu klik tombol “Tambah”, kemudian akan tampil pilihan jenis tes. Anda dapat memilih Nilai UKG.
  9. Lengkapi seluruh data, mulai dari tahun, skor final, dan nomor peserta.
  10. Setelah semua data terisi dengan benar anda klik Simpan.
  11. Selesai (jangan lupa di sinkronisasi Aplikasi Dapodik 2018 nya).

Nah, demikianlah informasi Cara Menginput Nilai UKG di Aplikasi Dapodik 2018 yang dapat Info GTK berikan.

Comments

comments

Gravatar Image
Operator | Writer | Netsurfer | Berkumpul dengan rekan seprofesi untuk berbagi tulisan yang dapat membantu dan menginspirasi orang lain.

Leave a Reply