Windows merupakan sistem operasi yang paling banyak digunakan oleh pengguna komputer/laptop yang hingga saat ini telah mengembangkan sistem operasi Windows 10 yang diklaim sebagai sistem operasi terakhir yang dikembangkan oleh Microsoft. Meski sudah ada versi yang lebih baru, nyatanya masih banyak pengguna Windows yang masih menggunakan sistem operasi Windows 7 dan Windows 8.

Pengguna Windows 10, 8, 8.1 dan 7 pasti pernah mengalami masalah pada sistem operasi Windows. Salah satu masalah yang sering terjadi adalah munculnya notifikasi “Your Windows License will Expired Soon”. Notifikasi ini merupakan peringatan bahwa lisensi Windows yang digunakan akan segera habis masa berlakunya atau masa aktif Windows akan segera berakhir.


Dalam dunia teknologi, sebenarnya penyebab masalah ini belum diketahui. Namun secara umum, ada beberapa penyebab munculnya notifikasi “Lisensi Windows anda akan segera habis masa berlakunya”, seperti jika anda menggunakan OS Windows bajakan atau palsu, OS Windows asli yang masa aktifnya, aktivasi Windows berhasil namun tidak berfungsi dengan sempurna atau karena ada proses update OS otomatis dan membutuhkan product key baru.

Baca Juga: Cara Mengatasi Masalah Umum di OS Windows 10


Setelah mengetahui penyebab permasalahan diatas, berikut solusi yang bisa digunakan untuk mengatasi Windows Expired pada Windows 10, 8, 8.1 dan 7.

Isi

bersembunyi

1
1. Cara Mengatasi Windows Expired dengan License Rearm
2
2. Cara mengatasi Windows Expired dengan cara menguninstall product key Windows
3
3. Cara Mengatasi Windows Expired dengan Mengubah Privasi Grup
4
4. Cara Mengatasi Windows Expired dengan CMD untuk Menemukan Product Key

1. Cara Mengatasi Windows Expired dengan License Rearm

Langkah pertama, buka “Pengelola tugas” dengan pers Ctrl + Alt + Del. Lalu cari Penjelajah Windows klik kanan dan pilih Mengulang kembali atau Tugas akhir.


Masih di jendela Task Manager, luncurkan kembali Windows Explorer dengan mengklik File ->> Berita Tugas ->> Ketik penjelajah.exe di kolom Buka ->> klik OKE

Selanjutnya buka Prompt Perintah atau CMD dijalankan sebagai Jalankan sebagai administrator.


Setelah jendela Command Prompt terbuka, lalu ketik slmgr –mempersenjatai kembali –>> klik Memasuki. Jika proses berhasil maka akan muncul pesan Perintah berhasil diselesaikan dan perintah untuk me-restart komputer, klik OKE.

Setelah melakukan proses restart, periksa kembali apakah komputer dalam keadaan aktif atau tidak. Jika status Windows tidak diaktifkan, lalu aktifkan kembali menggunakan KMS Auto Lite atau KMS Auto Net. Namun jika statusnya Windows Diaktifkan, maka tidak perlu lagi melakukan aktivasi.

Jika berhasil, maka peringatan Lisensi Windows Anda akan segera kedaluwarsa sudah tidak muncul lagi di layar monitor komputer/laptop anda.

Baca Juga: Cara Setting Program Startup Windows 7, 8, dan 10

2. Cara mengatasi Windows Expired dengan cara menguninstall product key Windows

Cara mengatasi Windows Expired yang kedua adalah dengan hapus instalan kunci produk Windows dengan membuka Prompt Perintah atau CMD dan jalankan sebagai Jalankan sebagai administrator. Setelah cmd terbuka, ketik slmgr –upk –>> klik Memasuki.

Setelah itu jika prosesnya sudah selesai maka hapus instalan kunci produk Windows telah berhasil maka akan muncul notifikasi pesan Kunci produk berhasil dihapus lalu klik OKE.

Selanjutnya, restart komputer dan lihat perubahannya. Jika berhasil maka pemberitahuan “Lisensi Windows Anda akan segera kedaluwarsa” tidak akan muncul lagi. Namun status Windowsnya belum aktif, jadi aktifkan kembali.

Baca Juga : Cara Mudah Defrag Disk Windows 7, 8 dan 10

3. Cara Mengatasi Windows Expired dengan Mengubah Privasi Grup

  • Langkah pertama adalah membuka dialog BERLARI dengan pers Menang+R lalu ketik gpedit.msc

  • Selanjutnya, ubah pengaturan no auto-restart di Konfigurasi Komputer ->> Administratif

  • Templat –>> Komponen Windows –>> Pembaruan Windows

  • Lalu pilih memungkinkan klik OKE, simpan lalu restart komputer

Baca Juga : Cara Mudah Masuk Safe Mode di Windows 7, 8 dan 10

4. Cara Mengatasi Windows Expired dengan CMD untuk Menemukan Product Key

  • Langkah pertama adalah membuka Command Prompt dengan Administrator
  • Lalu ketik “jalur wmic SoftwareLicensingService dapatkan OA3xOriginalProductKey”

  • Setelah itu akan muncul Product Key dan ketikkan di notepad atau di Word

  • Selanjutnya buka Pengaturan, Anda juga dapat menekan tombol jendela+I
  • Lalu pilih Pembaruan & Keamanan ->> Aktivasi ->>Ubah kunci produk

  • Dan masukkan Product Key yang sudah anda ketik di notepad atau di Word
  • Pada titik ini prosesnya selesai.

Demikianlah informasi yang diberikan mengenai Cara Mengatasi Windows Expired di Windows 10, 8, 8.1 dan 7 . Semoga informasi yang diberikan bermanfaat.


Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *