Para pengguna komputer atau laptop khususnya yang berOS Windows pasti pernah mengalami error pada Windows saat menggunakannya. Error Windows yang paling sering ditemui biasanya terjadi pada saat pertama kali komputer atau laptop dinyalakan dengan berbagai macam error yang terjadi seperti komputer tidak bisa booting, terjadi error pembacaan disk, perangkat booting tidak dapat diakses, Windows error recovery dan masih banyak lagi error yang ditemukan. .

Salah satu error yang sering terjadi pada perangkat komputer adalah Windows error recovery. Namun perlu dipahami bahwa Windows error recovery sebenarnya bukanlah sebuah error pada komputer, melainkan sebuah halaman untuk menjalankan fungsi tertentu ketika sistem mengalami masalah. Namun kemunculan Windows error recovery akan menjadi masalah bila halaman ini terus muncul meski Windows di-restart dan menyebabkan komputer tidak bisa masuk ke menu atau desktop Windows.


Masalah ini tentunya sangat mengganggu, bagi anda yang mengalami Windows recovery error, dibawah ini kami akan memberikan informasi dan cara mengatasi Windows Recovery error di Windows 10, 8, 8.1 dan 7 beserta penyebabnya.

Isi

bersembunyi

1
Penyebab Windows Error Recovery di Windows

2
Cara Mengatasi Windows Recovery Error dengan Startup Repair

3
Cara Mengatasi Windows Recovery Error dengan CMD

4
Cara Mengatasi Windows Recovery Error dengan System Restore

5
Cara Mengatasi Windows Error Recovery dengan Install Ulang Windows

Penyebab Windows Error Recovery di Windows

Berikut penyebab umum Windows mengalami masalah Windows Error Recovery, yaitu:


  • Virus dan Malware dapat menyebabkan banyak kerusakan data, salah satunya menyebabkan masalah saat booting Windows dan menyebabkan Windows Error Recovery.
  • Data Sistem Rusak adalah kerusakan data yang tidak terbaca oleh komputer sehingga menimbulkan masalah pada saat komputer melakukan booting.
  • Komputer/laptop tiba-tiba mati, biasanya akan muncul jendela error recovery secara otomatis ketika komputer/laptop dihidupkan kembali.

Dan masih banyak penyebab lainnya yang sering menyebabkan munculnya Windows recovery error di komputer/laptop anda. Setelah mengetahui penyebabnya, selanjutnya kita mengetahui cara mengatasi masalah yang disebabkan oleh Windows error recovery berikut ini.

Cara Mengatasi Windows Recovery Error dengan Startup Repair

Startup Repair merupakan fitur yang dapat dijalankan melalui halaman Windows Error Recovery yang dapat digunakan untuk memperbaiki kesalahan akibat masalah saat booting.


  • Restart dulu komputer/laptop anda.
  • Setelah muncul Pemulihan Kesalahan Windows ->> Pilih Perbaiki Komputer Anda
  • Kemudian pilih metode masukan AS ->> Selanjutnya
  • Selanjutnya akan muncul halaman Opsi Pemulihan ->> lanjutkan mengklik Perbaikan Permulaan dan tunggu hingga proses pemulihan selesai.

Setelah itu, Windows akan secara otomatis mencari penyebabnya dan memperbaiki masalah error tersebut. Lamanya proses perbaikan tergantung pada kapasitas perangkat keras penyimpanan di sistem operasi. Setelah proses selesai, selanjutnya restart komputer/laptop dan perhatikan perubahannya saat booting.

Cara Mengatasi Windows Recovery Error dengan CMD

CMD atau Command Prompt adalah fitur yang berfungsi untuk menjalankan perintah tertentu, seperti memperbaiki sistem Windows. Namun kali ini kami menggunakan Command Prompt hanya untuk menonaktifkan fungsi Recovery agar Windows Recovery Error tidak muncul lagi.


  • Buka halamannya Opsi Pemulihan atau dengan membuka dialog RUN dengan menekan Menang+R
  • Lalu ketik cmd –>> Memasuki
  • Selanjutnya ketikkan perintah bcdedit /set {saat ini} bootstatuspolicy abaikan semua kegagalan –>> Memasuki
  • Kemudian restart komputer/laptopnya.

Cara Mengatasi Windows Recovery Error dengan System Restore

System Restore adalah fitur yang memungkinkan kesalahan sistem Windows dapat dipulihkan pada waktu tertentu dan cukup efektif dalam mengatasi kesalahan saat booting.

  • Masuk ke menu Recovery Options menggunakan cara yang sudah dijelaskan sebelumnya
  • Kemudian di jendela berikutnya pilih Pemulihan Sistem ->> Berikutnya untuk melanjutkan
  • Setelah itu pulihkan sistem menggunakan Titik Pemulihan yang tersedia
  • Tunggu hingga proses selesai dan klik selesai untuk mengakhiri.

Setelah proses selesai, restart kembali komputer/laptop dan biasanya proses awal loading akan sedikit lebih lama.

Cara Mengatasi Windows Error Recovery dengan Install Ulang Windows

Cara paling stuck atau terakhir yang bisa dilakukan untuk mengatasi Windows Error Recovery adalah dengan melakukan install ulang Windows. Namun cara ini hanya digunakan ketika cara di atas tidak dapat menyelesaikan masalah Anda.

Sebelum melakukan install ulang, pastikan terlebih dahulu masalah Windows Error Recovery ini bukan disebabkan oleh kerusakan pada sistem hardware. Dengan melakukan install ulang maka masalah Windows Error Recovery akan hilang sepenuhnya.

Demikianlah informasi yang diberikan mengenai Cara Mengatasi Windows Recovery Error di Windows 10, 8, 8.1 dan 7 Beserta Penyebabnya . Semoga informasi yang diberikan bermanfaat.


Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *